Semoga artikel-artikel yang ada di dalam blog ini bermanfaat bagi kita.
Semua artikel dalam blog ini boleh di-copy dan disebarluaskan, tapi mohon untuk menyertakan link ke blog ini (lampuislam.blogspot.com).

Ketuhanan Yesus Kristus





Dalam tulisan kali ini, aku akan membahas tentang trinitas dan “Ketuhanan Yesus Kristus.” Jadi kita akan kembali membahas trinitas.

Dalam tulisan yang lalu, kita sudah memberikan bantahan terhadap argumen-argumen yang mendukung trinitas berupa ayat dari I Yohanes 5:7-8. Dan para sarjana Kristen modern telah membuang ayat ini jauh-jauh karena ayat ini diketahui sebagai sisipan yang menyesatkan. Ayat ini juga telah dihapus dari Bible-bible versi baru.

Karena argumen mereka dalam I Yohanes 5:7-8 sudah terbantahkan, maka mereka mencari argumen lainnya. Menurut The New Catholic Encyclopedia

“Dalam Gospel, argumen yang mendukung trinitas hanya ditemukan secara jelas dalam ayat Matius 28:19.”

Dalam ayat ini, Yesus tercatat menyuruh murid-muridnya “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”

Pertama-tama, menaruh 3 nama dalam 1 kalimat tidak berarti hal itu satu hakikat. Ketika kita mengatakan singa, macan, dan beruang, maka maksudnya adalah seekor singa, seekor macan, dan seekor beruang? 3 jenis binatang yang berbeda. Jadi meskipun ayatnya mengatakan “Baptislah dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus” bukan berarti ketiganya adalah satu.

Dalam Matius 16:15, Yesus Kristus mengirim murid-muridnya untuk membaptis, tapi disitu tidak disebutkan Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Jadi yang mana di antara kedua ayat ini yang benar? Kita tidak tahu. Tapi jika kita lihat apa yang dilakukan murid-murid Yesus, mereka malah membaptis dalam nama Yesus Kristus. Ini artinya bahwa mereka tidak melakukan sesuai yang diperintahkan. Bisa juga berarti ayat Matius 28:19 adalah ayat palsu.

Argumen lainnya ada dalam Yohanes 14:9. Dalam ayat itu, diduga Yesus berkata “Barangsiapa telah melihat aku, ia telah melihat Bapa.” Apa artinya ayat ini? Ini hanyalah kata-kata metafor, yang berarti bahwa kau melihat seseorang yang mewakili wahyu yang disampaikan dari Bapa, karena dalam Yohanes 5:37 tertulis:

“Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat”

Yesus Kristus mengatakan tidak ada yang bisa melihat suara atau rupa Tuhan, sedangkan dia berdiri di depan mereka, memberitahu mereka dengan suaranya sendiri. Jadi jika mereka mendengar suara Yesus dan dia mengatakan tidak ada yang pernah mendengar suara-Nya, pasti Yesus Kristus bukanlah Tuhan. Dan Yesus berkata “rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat” sedangkan mereka sedang melihat Yesus Kristus.

Kemudian umat Kristen mengajukan Yohanes 10:30 sebagai argumen, Aku dan Bapa adalah satu." Sekali lagi ini adalah kata-kata metafor, karena Yohanes 17:11 berbunyi:

Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku, supaya mereka menjadi satu sama seperti kita.”

Oke, jadi sekarang kau tidak bisa percaya pada prinsip trinitas, karena kau harus  memasukkan semua pengikut Yesus, karena Yesus berkata “supaya mereka menjadi satu sama seperti kita.”

Dalam Yohanes 17:21 kata-kata metafor ini diperkuat lagi dengan pernyataan:

supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Jika kita mengatakan “Aku dan Bapa adalah satu” yang berarti Yesus adalah satu hakikat dengan Bapa, bantahannya adalah kedua ayat di atas yang berbunyisupaya mereka menjadi satu sama seperti kita.

Dengan jelas Yohanes 10:30 adalah kata-kata metafora. Dan, para Yahudi ketika mereka mendengar ayat ini, mereka merespon dengan mengambil batu-batuan untuk menimpuki Yesus. Dan apa kata Yesus? Dia bertanya kepada mereka,

"Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?” Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." (Yohanes 10:32-33)

Tempatkan dirimu dalam situasi seperti itu. Jika kau adalah Tuhan yang Maha Kuasa, maka kau tidak akan takut hanya karena ditimpuki bebatuan. Tapi Yesus malah memberitahu mereka “kau salah paham” kemudian dia menjelaskan bahwa dalam istilah Yahudi, kata-kata itu adalah metafora, dan para Yahudi memang memanggil hakim-hakim mereka dengan sebutan “tuhan.

Apakah hal ini mengejutkanmu? Dimanapun, kau lihat semua orang menggunakan kata-kata metafora ini . Bahkan aku mempunyai teman kampus yang memanggilku “tuhan”. Suatu hari aku sedang melakukan pembedahan katarak dan orang ini mengatakan “Dr. Brown adalah tuhan dalam operasi bedah katarak.” Audzubillah. Aku merasa terganggu mendengar kata-kata orang itu, karena itu adalah penghinaan kepada Tuhan. Tapi betapa sering kita mendengar orang-orang berkata “Orang ini begitu mahir dalam urusan ini dan itu, dia seperti tuhan.”

Sebenarnya di dalam Al-Quran ada ayat yang menjelaskan tentang semua ini.

Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.  (Q.S. Al-Maaidah:73)

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya." (Q.S. Al-Kahfi:110)

Jadi siapa lagi yang menyebarkan pesan Tuhanmu Maha Esa? Dialah Yesus Kristus. Dalam 3 tempat di Bible, Yesus berkata “Ketahuilah wahai Israel, Tuhanmu adalah satu.” Jadi ini bukan saja pesan Al-Qur’an tapi juga pesan Yesus Kristus dan semua nabi sebelumnya.

Lihat saja di dalam Bible bahwa sebenarnya Yesus Kristus menolak keilahiannya. Dalam Matius, Markus, dan Lukas, Yesus mengucapkan sebagai berikut:

“Kenapa kau menyebutku baik? Tidak ada yang baik kecuali Tuhan yang satu.”

Dalam Yohanes 14:28:

Kamu telah mendengar, bahwa aku telah berkata kepadamu: aku pergi, tetapi aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi aku, kamu tentu akan bersukacita karena aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada aku.

Jika Yesus adalah Tuhan, bagaimana mungkin Tuhan lebih besar daripada dia?

Dalam Yohanes 8:28:

“Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.”

DalamYohanes 5:19:

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sang Anak (Yesus) tidak dapat mengerjakan sesuatu dari dirinya sendiri.”

Ada banyak ayat-ayat serupa dan aku tidak akan menuliskan semuanya, aku akan lewatkan saja sampai bagian ketika Yesus berkata:

“Perintah Tuhan yang paling utama adalah: Dengarlah wahai Israel, Tuhan kita adalah satu.”

Di dalam Markus 13:32:

“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."

Di dalam Lukas 4:8:

“Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Jadi ada banyak ayat dimana Yesus Kristus mengatakan bahwa dia bukanlah Tuhan. Dia adalah hamba Tuhan. Sebanyak 88 kali di dalam Bible dia mengatakan bahwa dirinya anak manusia, tidak pernah sekalipun dia menyebut dirinya anak Tuhan secara harfiah.

Kalau kalian masih belum percaya, aku akan menuliskan satu ayat lagi:

Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya." (Markus 6:4)

Dia menyebut dirinya seorang nabi. Kita harus percaya perkataannya karena dia berkata “sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem.”? Dia membicarakan tentang dirinya sendiri, seorang manusia dan seorang nabi.

Menurut kamus Bible, satu-satunya ayat Perjanjian Baru yang mendukung doktrin menjelmanya Tuhan menjadi manusia adalah I Timotius 3:16. Tapi menurut Bart D. Ehrman yang merupakan sarjana Kristen yang terkenal, dia berkomentar:

“Ayat yang tegas ini mungkin disetujui oleh Paulus, tapi sebenarnya kita telah ditipu oleh Bible zaman sekarang karena kata-kata aslinya diubah menjadi kata “Tuhan” di Konstantinopel pada awal abad ke-6. Ayat yang asli dapat dibaca dalam versi Latin, Siria, dan bahasa Yunani. Dan ayat palsu ini “Dengannya ada 3 yang menjadi saksi...” yang ditemukan dalam I Yohanes dengan menakjubkan ditemukan oleh Sir Isaac Newton. Beberapa ayat dalam Perjanjian baru telah diubah untuk menekankan doktrin dimana Yesus sendiri menentangnya. Penulis pada masa kemudian telah mengubah tulisannya jadi tidak lagi dibaca “siapa” tapi menjadi “Tuhan yang menampakkan diri dalam rupa manusia.” Ini berarti para penulis Bible mengubah teksnya untuk menekankan keilahian Yesus. Sebenarnya dalam manuskrip aslinya tertulis “Siapa yang menampakkan diri dalam rupa manusia?” tanpa pernah menyebut Yesus sebagai Tuhan. Seiring Wettstein melanjutkan investigasinya, dia menemukan ayat lain yang secara tipikal digunakan untuk menegaskan doktrin tentang keilahian Yesus yang pada faktanya mengalami masalah tekstual; ketika masalah ini terselesaikan dalam penelitian kritik-teks, dalam banyak kasus, ayat-ayat yang menunjukkan keilahian Yesus dihapus.”

Jadi I Timotius 3:16 adalah ayat palsu, tapi itulah kenyataannya.

Faktanya ketika kita membaca Bible, maka kita tahu bahwa Yesus hanyalah manusia biasa. Kita membaca tentang seorang bayi (Yesus) yang terlahir ke dunia ini dengan cara dilahirkan, terlahir ke dunia ini dengan pecahnya ketuban, seorang bayi yang dirawat oleh ibunya, serta butuh makanan dan perawatan. Seorang bayi yang tumbuh menjadi manusia normal yang memakan makanan dan meminum minuman, dan tentu saja dia juga perlu ke kamar mandi. Semua ini adalah tanda-tanda sifat alami manusia.

Ini bukanlah sifat Tuhan karena Tuhan tidak perlu apapun. Tuhan mungkin senang karena perbuatan baik dan ibadah kita, tapi Dia tidak butuh apapun dari kita.

Tapi Yesus membutuhkan makanan dari ibunya, dia butuh perawatan. Dia membutuhkannya agar bisa tumbuh dewasa.

Dia juga berdo’a. Jika dia Tuhan, maka dia berdo’a kepada siapa dan mengapa dia berdo’a? Dia berdo’a agar diselamatkan dari penganiayaan yang dapat menimpanya. Tuhan yang Maha Kuasa berdo’a agar diselamatkan kepada siapa?

Tuhan Maha Mengetahui tapi di dalam Markus 5:30, Yesus bahkan tidak tahu siapa yang menyentuh pakaiannya.

Tuhan itu Maha Kuasa tapi dalam Markus 6:5 dikatakan bahwa Yesus tidak bisa menunjukkan mukjizat apapun pada waktu itu.

Dalam Markus 8:22-25 Yesus gagal menyembuhkan orang yang buta pada saat pertama kali mencobanya, dan seharusnya Tuhan tidak pernah gagal.

Tuhan tidak pernah melemah tapi Yesus membutuhkan kekuatan. Para malaikat memberinya kekuatan dalam Markus 1:13 dan Lukas 22:43.

Yesus tidur tapi Tuhan tidak pernah tidur.

Yesus digoda oleh setan tapi dalam Yakobus 1:13 dikatakan bahwa Tuhan tidak bisa digoda oleh kejahatan.

Yesus berdo’a dan bersyukur, dia berpuasa, dia membawa ajaran Tuhan tapi pada akhirnya dia menderita penghinaan, penyiksaan di tangan penguasa yang lalim, dan semua ini menunjukkan sifat seorang manusia.

Semua yang kutulis berasal dari buku pertamaku MisGod’ed. Buku ini dapat dibeli melalui amazon.com atau kau bisa membaca sebagian darinya di website-ku leveltruth.com bersamaan dengan artikel dan bab-bab yang belum dipublikasikan. Semua ini dapat kau temukan di websiteku dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi maaf jika aku melewatkan beberapa bagian dan hanya mencoba menjelaskan hal-hal yang paling penting, karena kita tidak bisa membahas semuanya.

Ayo Subscribe ke YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/arceuszeldfer
Ayo Like Facebook Page-nya: Lampu Islam

Baca juga artikel lainnya:

334 comments:

  1. "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?” Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." (Yohanes 10:32-33)

    Tempatkan dirimu dalam situasi seperti itu. Jika kau adalah Tuhan yang Maha Kuasa, maka kau tidak akan takut hanya karena ditimpuki bebatuan. Tapi Yesus malah memberitahu mereka “kau salah paham” kemudian dia menjelaskan bahwa dalam istilah Yahudi, kata-kata itu adalah metafora, dan para Yahudi memang memanggil hakim-hakim mereka dengan sebutan “tuhan. ..dalam halm ini sangat jelas orang yahudi sufah paham jika yesus menyamakan diri dengan allah makanya yesus hendak DILEMPARI BATU,,coba otakmu mikir se andainya yesus ga menyamakann diri dengan allah apa yahudi akan marah>????pakai otak ya dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, makanya santai saja bro jangan pake emosi, karena sebenarnya jawabannya sudah terpampang jelas dalam komentar anda di atas.

      Kutipan: "kemudian dia (Yesus) menjelaskan bahwa dalam istilah Yahudi, kata-kata itu adalah metafora, dan para Yahudi memang memanggil hakim-hakim mereka dengan sebutan “tuhan."

      Inilah jawabannya, Yesus tidak bermaksud menuhankan dirinya, melainkan itu hanya kata kiasan saja.

      Hapus
    2. Maaf saya kira andalah yang menghujat Tuhan, dengan mengatakan hakim-hakim tuhan? Dari alquran apakah Tuhan itu? Banyak tuhan bisa disebut, gampang kok, tetapi apakah itu yang benar? Tulisan yang diatas (admin) mengatakan ayat Alkitab palsu,semua palsu.jadi yang mana menurut anda yang tidak palsu? Hebat sekali mereka mengatakan ini palsu dan ini yang benar, sayapun percaya bahwa alquran itu semuanya palsu,buatan muhammad agar mendustai nabi sebelum dia,maka pengikutnya otomatis ditipu.saya bertanya; adakah bukti saksi yang melihat muhamad di gua hira?katakan.apakah ada saksi orang yang melihat muhammad didatangi jibril?katakan.bukankah itu semua kata-kata muhammad sendiri? Berbeda dengan Tuhan Yesus ia ada saksi 12 murid yang selalu ada dengan Dia, setiap pengajarannya selalu diikuti ribuan orang. Tentu saya lebih percaya dengan Tuhan Yesus.jadi ayat mana yang palsu? Semua ayat dalam Alkitab ditulis oleh yang orang yang melihat dan bersama denga Dia langsung.
      Saya menilai admin ini pintarnya hanya mengandalkan kutipan manusia.mempelajri agama bukan dari pendapat manusia, manusia juga ciptaan, bagaimana dia bisa menilai ayat alkitab palsu.jawab saya dulu? Hendaknya anda penulis mengutip ayat alkitab bukan pendapat orang,baru itu benar. Tuhan itu adalah Ia tidak diciptakan tetapi menciptakan,Ia bisa mengampuni dosa, Ia bisa bermujizat atas kuasanya sendiri,Tuhan itu bertahta di sorga. Penulis yang pura-pura bodoh atau memang bodoh?

      Hapus
    3. Saya yakin tidak lama setelah anda menulis ini, mungkin anda akan mendapat azab dari Allah. karena berani mengatakan Alquran palsu. apakah anda bisa menjelaskan dimana palsunya. kamu umat islam tidak mengikari Taurat, Zabur & injil, kami percaya bahwa kitab -kitab itu adalah ucapan Allah kepada para Nabinya. tapi apakah kitab-kitab tersebut memang masih orsinil???
      disinilah perbedaannya, Alquran adalah penyempurna kitab-kitab terdahulu dan dijamin keasliannya sampai kiamat.
      Logika :
      jika pemerintah membuat keputusan tentang rakyat dan lalu dijalankan tapi di tengah jalan ternyata keputusan tersebut tidak berjalan semstinya pasti akan diganti dengan keputusan yang baru yang sesuai dan pas untuk rakyatnya, dengan kata lain keputusan yang lama akan di cabut bukan? begitu juga dengan kitab suci.
      pertanyaan saya:
      1. jika yesus tuhan maka apa yang di ucapkannya tentuakan menjadi isi Alkitab, tapi mengapa banyak sekali bermacam-macam Bibel? bahkan antar gereja memiliki Bibel masing-masing dan saling mengagung bibel keluarannya lah yang paling "bagus". sejak Yesus ada sampai sekarang, sudah berapa kali Bibel itu di revisi?????
      Lihatlah Alquran, dari Pertama Turun sampai sekarang tetap satu, anda ada di belahan negara manapun maka hanya akan menemukan satu Alquran yg sama.
      2. Mengapa ada beberapa orang Kristen yang senang menggunakan kalung Salib, apakah Yesus yang mengajarkannya??? jika anda menjawab: " karena Yesus mati di kayu Salib.
      Lalu jika Yesus Mati di Kursi Listrik apakah anda akan menggantung Kursi Listrik????
      Nabi Muhammad tidak pernah mendustai Nabi-nabi sebelumnya bahkan Dia Membenarkannya. Termasuk Nabi Isa AS. yang dilahirkan dari Rahim Maryam.
      bicara soal kesaktian / mukzizat:
      Nabi Isa (yang anda anggap yesus) terkenal karena Mukzizatnya dalam ilmu kedokteran, termasuk membangkitkan orang yang sudah mati.
      apakah anda tahu Allah menurunkan Nabi sesuai dengan keadaan masyarakat pada saat itu yang sangat terpikat dengan ilmu kedokteran maka diberilah Nabi Isa kemampuan/ mukzizat ilmu kedokteran. sedangkan pada jaman nabi Muhammad orang sedang tergila-gila dengan puisi / syair maka dikirimkan lah Muhammad dengan Alquran.
      ada sebagian non muslim mengatakan yesus bisa lahir tanpa serang Bapak/ ayah ini salah satu mukzizatnya. kalo begitu lebih hebat lagi nabi Adam AS dia lahir tanpa Bapak dan Ibu.
      Mukzizat nabi Muhammad sangat banyak salah satunya adalah membelah bulan, apakah kamu tahu bahwa bulan pernah terbelah?? hal ini sudah dibuktikan oleh NASA. jadi silahkan baca kisah bulan yg terbelah.
      panjang sekali jika saya harus menjelaskan tentang kepalsuan Al-kitab.
      sebaiknya anda cari tahu dahulu. kitab anda dikeluarkan dari bibel mana dan sudah berapa kali di revisi?? dan dirunut apakah yg menulis kitab tersebut benar-benar murid yesus. 1. yg pasti alkitab yg banyak beredar adalah dari pnd Santo. kamu tahu siapa santo??? silahkan anda cari tahu dahulu baru nilai kitab anda??

      sebelum anda menghujat Nabi Muhammad, sebaiknya anda lebih banyak belajar lagi dan carilah sampai mampus segala kesalahan Nabi Muhammad baru kita debat lagi.

      Hapus
    4. Yohanes, 20:17 à “Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
      • Yohanes, 8:54 à “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”
      • Matius, 18:19 à “Permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”
      • Markus, 10:18 à “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
      • Matius, 7:21à “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa/Allah-ku disorga.”
      • Lukas, 18:19 à “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
      • Matius 19-17 à “Hanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”
      • Semua yang tidak mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
      • Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan : Im 19:31 & Yes 43:11.
      Yesus dengan tegas mengatakan bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu (bukan tiga), yaitu Allah Tuhannya Yesus dan Tuhannya alam semesta :
      • Matius, 4:10 à “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
      • Matius, 23:8 à “Hanya satu Rabimu.”
      • Markus, 12:29 à “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”
      • Markus, 12:32 à “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah
      • Lukas, 10:21 à “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
      • Yohanes, 5:44 à “Allah yang Esa.”
      • Yohanes, 17:3 à “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.”
      • Semua yang lebih dari satu, tidak pantas disebut sebagai Tuhan karena Tuhan Maha Satu. Laa Ilaaha illallah (Tiada tuhan selain Allah), senada dengan :
      ü Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35
      ü Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4
      ü Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus) : Keluaran, 3:15
      ü Laa Ilaah Illallah (Tiada tuhan selain Allah) : Yesaya, 46:9.
      Yesus berkata bahwa Tuhan/Bapa/Allah ada di sorga (bukan Yesus yang ada di bumi) :
      • Matius, 23:9 à “Janganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”
      • Matius, 6:9 à “Bapa/Allah kami yang di sorga.”
      • Matius, 5:48 à “Bapa/Allahmu yang di sorga adalah sempurna.”
      • Matius, 10:32 à “Di depan Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Matius, 12:50 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Matius, 15:13 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Matius, 16:17 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Yohanes, 6:32-33 à “Bapa/Allah-Ku yang memberikan kamu roti dari sorga.”
      • Matius, 18:10 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Matius, 18:19 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Matius, 7:21-23 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
      • Semua yang ada di bumi adalah ciptaan Allah dan tidak pantas disebut sebagai Tuhan :
      ü Kejadian, 1 & 2 à “Allah menciptakan langit dan bumi.”
      ü Lukas, 10:21 à “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
      • Tuhan memang tidak dapat dilihat di bumi oleh manusia biasa :
      ü Yohanes, 1:18 à “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”
      ü 1Timotius, 6:16 à “Dan memang manusia tidak dapat melihat Dia/Allah.”
      ü Kel 19:24 à “Rakyat tidak boleh menghadap Tuhan, supaya jangan dilanda-Nya.”
      ü Kel 20:19 à “Janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”
      ü Kel 33:20-23 à “Tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.”
      17) Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."

      Hapus
    5. @junianto: Apa bukti lo bilang Quran palsu? Al quran tidak bisa dipalsukan, karna Allah SWT telah bersumpah untuk menjaganya, dan terbukti sampai jaman sekarang Alquran belum tercemar tangan manusia....
      Kalo injil sudah terbukti kepalsuannya, terdapat ratusan versi injil di dunia ini... ayat2 nya saling bertolak belakang, dan cendrung membingungkan. Malahan gereja mau menikah kan pasangan sejenis, parahkan??? apa injil membolehkan gay/lesbi? makanya otakmu jangan didiemin, tar baku...

      Hapus
    6. Bisa dikatakan palsu kalau yg asli ada. Fitnah kalau tdk bisa menunjukan yg asli. Apakah diantara muslim ada yg berhikmat meminta rahmad dari Allah menunjukan injil asli... Alquran tidak mengajarkan untuk jadi tukang fitnah.

      Hapus
  2. wkwkwkwwk, ngakak abis baca komennya marco balian,, HAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Namanya jg Marco. Lebih mengedepankan emosi daripada akal logika.

      Hapus
    2. Kami umat kristen tidak ada gunanya emosi dengan tulisan semacm diatas karena memang tidak benar. Kalau hanya mengutip pendapat orang anak SD juga bisa.tetapi disayangkan penulisnya miskin sekali pengetahuan agamanya sendiri, kok bisa yah mengetahui ajaran agama orang lain? Aneh.mengaku punya buku tapi hanya berisi kutipan orang lain. Pakailah pendapatmu sendiri coi baru namanya pintar.ah masih anak ingusan

      Hapus
    3. mau pendapat orang atau binatang, bisa ga lo jawab??? di tanya laen malah jawab laen. ga usah fanatik jadi orang,pelajari dulu baru komen!! bodoh koq dipelihara!!!

      Hapus
    4. saya mau nanya ne sama yg namanya junianto@ pada jaman yesus hanya orang2 bani israel yg tidak percaya kepadanya! di jaman sekarang hampir 50% penduduk dunia tidak mempercayainya sebagai tuhan. mestinya inilah saat yg tepat untuknya agar turun kembali ke bumi sebagai penebus dosa. kenapa dia tidak memperlihatkan dirinya kembali kepada domba2 yg tersesat (menurut kristen) dijaman ini??? jawab pakai logika mas!!

      Hapus
  3. Oh ya baru kali ini saya baca islam adalah lantera, setahu saya arti cahaya itu digunakan untuk ajaran kristen, seperti lilin,pelita,lantera,cahaya terang. Adakah alquran yang mengatakan muhammad lantera?haha ada-ada saja.bagi penulis saya sarankan anda mengutip ayat-ayat kitab suci,bukan pendapat orang,orang itu manusia yang tak luput dari salah dan dosa.kamu juga mengutip ayat Alkitab sedikit dan tak lengkap dan kamu vonis palsu,jadi gak ada gunanya publikasimu ini.apa yang mahu dibahas?anda harus membuktikan kebenaran ayat Alkitab itu dengan perbandingan yang lain,bukan langsung vonis palsu karena pendapat manusia.jadi belajarlah lagi kau dek ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... kalo lanteranya orang kristen berupa lilin, lampu, seandainya padam gimana? habis donk cahanyanya? makanya lo tersesat dari jalan yang lurus.....makanya jangan bodoh....

      Hapus
  4. @junianto
    Cahaya, Pelita, Cahaya diatas Cahaya itu ada dalam Al Quran Surat An Nur Q24:35 :
    .
    Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
    .
    Nah kalo dalam kepercayaan kristen tampak dalam salib bahwa yesus kepalaya bercahaya kan, .tapi sayang ........ bagi yang blom tau, itu adalah gambarnya DEWA MATAHARI dimana hari kelahirannya pada tgl 25 desember, makanya kelahiran yesus disamakan demikian, padahal menurut sejarah yesus itu lahirnya dimusim semi atau panas dimana dalam bible dijumpai data domba domba berjalan jalan diluar dimalam hari dus ini menandakan bukan musim dingin, sedang desember itu adalah winter alias bukan musim panas .............ting tong !

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuhan itu tidak melahirkan dan tidak di lahirkan,karna tuhan itu satu...lah kl tuhan dilahirkan tar banyak dong tuhan-tuhan berikutnya...

      Hapus
    2. Dewa Matahari cuma dongeng kok di percaya tololllll

      Hapus
  5. di alquran, YESUS itu lahir dari roh..lah mana ada manusia lahir dr roh?.. ada2 aja ya.. ALLAH itu kan ROh...dan ALLAH itu Maha Kuasa.. Kl DIA mau jadi manusia, trus kita mau marah?.. Aneh ya..
    YESUS itu Rohullah... Roh NYA ALLAH sendiri...
    Dan sptnya ALLAH islam pun lebih dari satu.. coba deh baca (QS. Asy Syuura [42]:52).. tlong bantu saya makna kata "Kami" disana.. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini jawabannya:

      1. Mengapa Yesus disebut ruh Allah?
      http://lampuislam.blogspot.com/2014/03/kenapa-nabi-isa-yesus-disebut-roh-allah.html

      2. Kenapa Allah menyebut diri-Nya "Kami" dalam Al-Qur'an?
      http://lampuislam.blogspot.com/2014/03/kenapa-allah-menyebut-diri-nya-kami.html

      Semoga bermanfaat dan memberi anda pencerahan... :-)

      Hapus
  6. Assalamualikum.wr.wb.
    Saya juga bukan ustad bukan ahli agama,pengertian agama saya juga masih sangat kurang.tapi paling tidak saya tau mana yang harus saya lakukan dan mana yang tidak harus saya lakukan. mana yang bisa mendapatkan pahala dan mana yang bisa berakibat dosa. mungkin hanya itu paling tidak pengetian saya.
    Meskipun saya bodoh mengenai Agama,Alangkah indahnya dunia ini jika kita bisa saling menghormati dan saling menyayangi.
    Dulu sewaktu saya kecil "beragama kristen" karena ayah saya nasrani ibu saya muslim,tapi sekarang saya sudah masuk Islam.
    Maaf sebelumnya.. bukan mau ikut campur, tapi ketika saya melihat,mendengar, tentang masalah saling menghujat sesama antar umat beragama hati kecil saya ingin sekali mengatakan SEMUA AGAMA ITU MENGAJARKAN KEBENARAN teman, marilah kita hidup rukun berdampingan. masalh BENAR ATAU TIDAK nya nanti. Biarlah ALLOH yang menentukan. kita sebagai manusia jalankan saja apa yang menjadi kewajiban kita (menurut agama masing masing).
    Maaf kalau komentar saya ini mengganggu klo baik ambilah kalau tidak baik tak usah di hiraukan.
    matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ,,, mengatakan semua agama itu benar adalah salah.
      jika semua agama benar lantas kenapa harus ada agama ??
      toleran bukan berarti membenarkan agama lain.

      semoga anda dapat memahami ISLAM lebih baik lagi

      Hapus
    2. Mantab bro... Tuhan esa cuma 1 berarti hanya ada 1 jalan yg benar. Dari semua kitab yg mengatas namakan Tuhan hanya kisah dan sejarah yg pernah terjadi yg menceritakan kebaikaNya,perlindungaNya, kepada suatu bangsa & orang dimana mereka mempunyai pengalaman mengenal Tuhan secara pribadi bukan kata orang dan tulisan. Alquran said Allah maha besar pengampun penyayang. Bible said Allah adalah kasih barang siapa yg tdk mengenal kasih tdk mengenal Allah. Yg pasti diantara semua kitab cuma ada 1 kitab yg benar. Pelajari selidiki semua kitab & mohon bimbingaNya

      Hapus
  7. oh iya lupa.. maen ke blog saya ya teman teman.. dari pada salaing menghujat marilah kita berbagi informasi yang bermanfaat. di sini blog saya.. hehe. sekalian promosi maaf ya.. :)
    http://robertkarnanto-home.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. andaikan muhammad bisa membuat sebuah mujizat, katakanlah membuat se ekor lalat, atau membangkitkan manusia yang telah meninggal dunia, tentu, orang kristen ada yang percaya akan kenabianya, dan satu lagi kenapa allahnya selalu mengirim surat, bahkan surat tersebut harus melalui jibril kenapa bukan allahnya sendiri yg menyampaikanya,.
    thanks

    salma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yesus bisa membelah bulan???
      ketahui lah bulan itu pernah terbelah dan sudah di buktikan iptek jaman sekarang.
      pertanyaan saya, jika anda berdoa kepada yesus, tolong sampaikan, bukankah dia bisa menghidupkan orang mati, katakan padanya untuk hidup lagi sekarang juga, untuk membuktikan siapa yg salah diantara kita. tentu bukan hal yg sulit jika dia bisa menghidupkan kembali orang yg sudah mati pasti mudah bagi dia untuk hidup lagi.

      apa maksudnya mengirim "surat"?
      Jibril adalah malaikat penyampai wahyu kepada nabi untuk disebarkan kepada umatnya. jika Allah harus turun sendiri, untuk apa di ciptakan jibril?
      Perlu diketahui, ketika Irra Miraj , nabi langsung menghadap kepada Allah, dan Allah pun memerintahkan secara langsung kepada Nabi Muhammad dan juga hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah Shalat. jadi tidak selalu melalui malaikat jibril.

      tolong dipikirkan: jika Yesus Tuhan, kenapa dia bisa mati??? Tuhan itu abadi, Kekal dan maha kuat serta maha segalanya.
      Jika Yesus Tuhan dia pasti tahu akan dikhianati oleh Yudas, tapi kenapa malah diterima menjadi murid???
      Yesus itu hanyalah Nabi, utusan Allah cobalah lihat dulu kedalam tubuh anda sendiri, masuk akal tidak segala ritual yg anda lakukan dalam hal ibadah atau lainnya, roti natal, telur paskah, kalung salib, 25 desember,jumat abu...
      silahkan pikirkan jika mu punya akal??? tanyakan kepada pendeta anda
      apakah jawabanya rasional menurut anda???

      Hapus
    2. jangan salah Nabi kami Muhammad SAW pernah menghidupkan orang yang telah meninggal tapi tidak dibesar-besarkan. semua mukjizat nabi Isa sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw tpi semua mukjizat Nabi Muhammad tdk bisa di lakukan oleh Yesus. terima kasih

      Hapus
    3. @ander son

      ni buat referensi:
      http://id.wikipedia.org/wiki/Mukjizat_Muhammad

      Dikisahkan sebuah kisah seorang lelaki yang berkata kepada nabi S.A.W, "Saya tidak akan beriman kepadamu sehingga kamu mampu menghidupkan putriku untukku." Dalam kisah itu disebutkan bahwa Nabi mendatangi kuburannya lalu berkata, "Wahai fulanah." Lalu anak itu berkata, "Aku sambut panggilanmu dan dengan setia menerima perintahmu serta semoga kebahagiaan senantiasa dilimpahkan kepada baginda rasulallah." (Dala'ilun Nubuwwah karya Imam Bayhaqi, dari buku berjudul "Benarkah Nabi Muhammad & Umatnya Lebih Istimewa" hal32, By Al-Imam Al Hafidz Ahmad bin Muhammad Al Qasthalani).

      Hapus
  9. I have researched by reading the Bible from beginning to end, and examined The Qur'an from beginning to end, I concluded that Jesus (pbuh) was SENT BY GOD. He is not God. The message is very obvious and repeatedly confirmed by The Quran and The Bible itself. Please brothers and sisters READ BOTH BOOKS as you'll find two books in the jungle or in the desert. You will find the answer to your own conscience, not of the opinion of others. You can not say about Jesus (pbuh) or Muhammad (pbuh) before you read the history of both. Refer to yourself and your own conclusions. Peaace ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I strongly agree with you. might be said that you have to get "Hidayah" of God. not many people can get guidance from God, including a Muslim. so now what religion you choose???

      Hapus
    2. Hi there! Well, hmmm.. I still much to learn. :) You probably have not felt what it feels like someone is going to religious conversion. Moreover, it has been the religion you profess since you wre born. Obviously, I strongly believe that God is one. He is the Almighty. I'll still continue to learn more.. Haha :D

      Hapus
  10. Dalam Quran dan Hadist sahih ( Bukhari dan Muslim) dikatakan nabi Isa Almasih (Yesus Kristus / Yoshua Hamasiah) adalah makhluk ciptaan dan hanya seorang nabi dan derajat kenabiaa Isa Almasih sama dengan nabi yg lainnya, malahan derajatNya bagi umat muslim di bawah nabi muhammad karena umat muslim lebih meninggikan dan memuliakan nabi muhammad di banding Isa Almasih,,, tapi mengapa di dalam quran dan hadist, nabi Isa Almasih di beri gelar-gelar kemuliaan dan atribut-atribut kemuliaan yang sangat-sangat mulia sekali, yang mana gelar-gelar tersebut sesungguhnya hanyalah milik dan hak yang melekat pada Allah semata dan tentunya Isa Almasih sebagai mahluk ciptaan yang bersifat fana (menurut umat muslim / quran) adalah tidak pantas atau tidak boleh memakai gelar-gelar tersebut. Dan apakah mungkin Allah Sang Pencipta (Khalik yang kekal abadi) memberikan kemuliaanNya kepada Isa Almasih yang adalah mahkluk ciptaan yang bersifat fana..tentunya hal ini tidak mungkin !

    Dalam quran dan hadist Isa Almasih di beri gelar Kalimattulah, Rohulallah, Al-haqq, Suci dari segala dosa, Hakim hari akhir (kiamat), Raja yg di urapi, Terkemuka di dunia dan di akhirat, Dia Yang Menyelamatkan dll.... Tentunya dari gelar-gelar tersebut di atas kita akan merasa heran dan binggung, mengapa Isa Almasih yang katanya adalah makhluk ciptaan boleh menyandang gelar-gelat tersebut seperti yang tertulis di quran dan hadist ?

    Gelar-gelar kemuliaan tersebut adalah semata-mata hak milik dan melekat sepenuhnya pada Allah sebagai Sang Pencipta (Khalik) dan SIAPAPUN ( baik malaikat, nabi, manusia ) yang adalah makhluk ciptaan TANPA TERKECUALI, TIDAK BERHAK DENGAN ALASAN APAPUN untuk memakai gelar-gelar kemuliaan ini.

    Di satu sisi quran mengatakan nabi Isa Almasih adalah makhluk ciptaan, di sisi lain quran memberikan Isa Almasih gelar kemuliaan yang hanya milik Allah semata sebagai Sang Pencipta, bukankah dua hal ini sangat-sangat KONTRADIKSI dan dengan demikian secara tidak sadar telah menyetarakan atau menyekutukan Isa Almasih dengan Allah Sang pencipta ?

    Dalam alkitanb Perjanjian Lama, di dalam kitab nabi Yesaya dikatakan Tuhan YHWH tidak akan memberikan KEMULIAANNYA kepada yang lain, ( Yesaya 42 :8 "Aku ini YHWH, itulah namaKu; Aku tidak akan memberikan KEMULIAAN-KU kepada yang lain. " )

    Apa yang tertulis di atas bukanlah berarti umat Kristiani mengamini Isa Almasih (Yesus Kristus) sebagai Tuhan dan Juru selamat berdasarkan quran dan hadist, tetapi sebelum adanya quran dan hadist, umat Kristen di seluruh dunia (tidak termasuk bidat) telah mengamini Yesus Kristus (Isa Almasih) adalah Inkarnasi Allah itu sendiri berdasarkan alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru (Injil), sebab orang Kristiani memahami bahwa tidak mungkin mempertuhankan seorang makhluk ciptaan karena itu adalah melanggar Sepuluh perintah Allah, tetapi sebaliknya umat Kristiani menyakini bahwa Yesus Kristus yang adalah Kalimahtullah (Firman Allah=Allah) yang INKARNASI ALLAH ke dalam daging.

    Mohon umat muslim untuk menjawab KONTRADIKSI tersebut di atas. Terima kasih. Wasallam

    BalasHapus
  11. Menarik. Uraian lantang dengan argumentasi miskin, pertanda kedangkalan dan menjadi lucu. Cukup menghibur walau kosong.
    Saya tidak mau bicara Islam, pekerjaan sia-sia dan kebodohan. Cuma, saya ketemu tulisan dengan pola berpikir dan komunikasi saat KEJATUHAN MANUSIA KE DALAM DOSA menurut Alkitab. Hawa dan Iblis (Menyerupai ular) dalam berbicara tentang ALLAH dan FIRMAN ALLAH, terjadi pemotongan, pembengkokan serta penyangkalan Firman.
    Saya tidak tau, kenapa itu terjadi pada anda, apakah karena saudara miskin pengetahuan, atau didik demikian, atau ajarannya demikian ? Jika diperankan, anda berada pada golongan lawan bicara Hawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomong apa ni orang???? ini ciri2 orang bodoh yang sok pintar....

      Hapus
  12. orang yang paling banyak beramal ibadah dia lah yang paling dekat posisnya dengan ALLAH SWT .. Tuhan semesta Alam ...

    lihatlah siapa yang yang beribadah paling banyak ?? lihatlah siapa yang selalu mengingat Tuhan ketika dia berdiri .ruku. sujud...dan duduk bahkan terbaring ?? lihatlah siapa yang mengingat Tuhan ketika dia akan Mati ?? Lihatlah siapa yang selalu melakukan kebaikan dalam hidupnya ?? tidak makan babi .. tidak minum alkohol .... tidak meminum darah ... tidak telanjang ... ???? lihatlah siapa yang melakukan kebaikan ??? melakukan wudhu berpuasa shalat yang jelas jelas telah diketahui manfaatnya !! lihatlah siapa yang selalu mengingat Tuhannya ketika malam ?? dia bertasbih terus menerus ....mengingat yang maha kuasa !!!

    begitu jelas tanda tanda nya ...bahkan otak kita pun bersujud hanya kepadanya !! mengapa engkau masih meragukannya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Broooo,yg penting hati,bukan apa yg tampak dari luarrr.

      Hapus
    2. Brooo, siapa sih yang tahu hati seseorang ?? kan cuma Allah, gimana kalo hatinya memang untuk Allah sehingga kami umat Islam rela melakukan segala perintahnya.

      sudah banyak peneliti yang meneliti tentang sholat, wudhu , zikir, puasa, dan lain lain, itu semua banyak memiliki manfaat,..
      adakah agama sepeti ini selain islam ?? yang memiliki manfaat dunia akhirat ??

      itu semua sudah menjadi tanda tandanya ... bahkan ada banyak tanda tanda yang sudah terlihat.

      Hapus
  13. Klo kamu sdh berbuat itu semua,apa kamu yakin masuk surga broo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. In Shaa Allah masuk surga karena kita sudah hapal dengan rumus dan selalu mempratekannya dalam kehidupan sehari hari.

      mengapa harus In shaa Allah ? karena kita dilarang untuk mendahului keputusan Allah, itu hak Allah, dan kami percaya Allah kami maha pemurah dan maha penyayang karena itu kita manusia yang tak akan pernah luput dari salah dan dosa selalu memanjatka doa memohon ampunan. jika tidak dengan In Shaa Allah akan terdengar seperti kita sombong kepada yang kuasa.

      Wallah huallam

      Hapus
  14. Coba perhatikan ayat berikut :
    14:8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."
    14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. (Injil Yohanes 14:8-9)
    dari ayat diatas kita sudah jelas bahwa Yesus mengakui bahwa Dia dan Bapa adalah sama.

    BalasHapus
  15. "Tunjukilah kami jalan yang lurus ... " (Al Fatihah 6)

    14:5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"
    14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
    14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." (Injil Yohanes 14:5-7)

    4:11 Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru.
    4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kisah Rasul 4:11-12)

    BalasHapus
    Balasan
    1. اهدنا الصراط المستقيم أي أرشدنا إليه ويبدل منه

      006. (Tunjukilah kami ke jalan yang lurus) Artinya bimbinglah kami ke jalan yang lurus, kemudian dijelaskan pada ayat berikutnya, yaitu:

      صِرَاطَ الذين أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ بالهداية ويبدل من الذين بصلته غَيْرِ المغضوب عَلَيْهِمْ وهم اليهود وَلاَ وغير الضالين وهم النصارى ونكتة البدل إفادة أن المهتدين ليسوا يهوداً ولا نصارى والله أعلم بالصواب، وإليه المرجع والمآب وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم تسليما كثيرا دائما أبدا، وحسبنا الله ونعم الوكيل، ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

      007. (Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka), yaitu melalui petunjuk dan hidayah-Mu. Kemudian diperjelas lagi maknanya oleh ayat berikut: (Bukan (jalan) mereka yang dimurkai) Yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi. (Dan bukan pula) dan selain (mereka yang sesat.) Yang dimaksud adalah orang-orang Kristen. Faedah adanya penjelasan tersebut tadi mempunyai pengertian bahwa orang-orang yang mendapat hidayah itu bukanlah orang-orang Yahudi dan bukan pula orang-orang Kristen. Hanya Allahlah Yang Maha Mengetahui dan hanya kepada-Nyalah dikembalikan segala sesuatu. Semoga selawat dan salam-Nya dicurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan para sahabatnya, selawat dan salam yang banyak untuk selamanya. Cukuplah bagi kita Allah sebagai penolong dan Dialah sebaik-baik penolong. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan hanya berkat pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

      lagian kata nabi isa d al-qur'an kyk gini:
      إِنَّ اللَّهَ هُوَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ هَذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ
      Sungguh, Allah, Dia Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Ini adalah jalan yang lurus[17].” (Qs 43:63)

      [17] Dalam ayat ini terdapat pengakuan terhadap tauhid rububiyyah (Allah adalah Pengatur alam semesta) dan tauhid Uluhiyyah (Allah yang berhak disembah saja), demikian pula terdapat pemberitahuan bahwa Isa ‘alaihis salam adalah salah satu di antara hamba-hamba Allah, dan bahwa apa yang disebutkan ini adalah jalan yang lurus; yang menyampaikan kepada Allah dan kepada surga-Nya.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. YESUS ANAK ALLAH

    JAWABAN DARI TULISAN INI ADALAH BAHWA YESUS BUKAN ALLAH TAPI YESUS ADALAH ANAK ALLAH

    Siapa sebenarnya Yesus?
    Apakah Yesus itu Tuhan ?
    Kenapa Yesus di sebut anak Allah?

    Sebelum pertanyaan di atas dijawab..
    KIta akan simak ayat2 Alkitab di bawah ini yang menunjukkan mengapa Yesus di sebut sebagai Anak Allah.

    Identitas Yesus sebagai Anak Allah di kabarkan oleh Malaikat menjelang kelahiran Yesus, Lukas 1:26-32, "Dalam bulan keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan,..: nama perawan itu Maria...Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan anak laki-laki..Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi.."

    Setan mengakui bahwa Yesus Anak Allah.
    Setan dengan pertanyaan yang licik dan menjebak berkata kepada Yesus, Lukas 4:3,4, " Lalu berkatalah Iblis kepadaNya:" Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti."
    Lukas 4: 41, setan2 berteriak : " Engkau adalah Anak Allah".
    Lukas 8:28, setan yang merasuki tubuh seorang laki2 berkata dengan suara keras :" Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi."
    Matius 27:54, kepala pasukan mengakui : "Sungguh Ia ini adalah Anak Allah"
    Bahkan Allah sendiri mengakui Yesus adalah Anaknya, sesaat setelah Yesus di baptis, Lukas 3:22, terdengar suara dari langit "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
    Yohanes yang membaptis Yesus di Yohanes 1:33-34, mengatakan : "..tetapi Dia yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia Inilah Anak Allah."

    Satu pertanyaan di sini.
    Mengapa Yesus di sebut Anak Allah?

    Atas dasar apa para Malaikat, setan, Rasul2 Yesus, kepala tentara dan bahkan Allah sendiri mamanggil Yesus dengan identitas Anak Allah.

    BalasHapus
  18. LANJUTAN

    Atas dasar apa para Malaikat, setan, Rasul2 Yesus, kepala tentara dan bahkan Allah sendiri mamanggil Yesus dengan identitas Anak Allah.

    Di kisah 10:43, Rasul Petrus memberi kesaksian bahwa "Tentang Dialah ( Yesus ) semua nabi memberikan kesaksian"
    Di Roma 1:2-3, menjelaskan'
    Injil itu telah di janjikan-Nya sebelumnya dengan perantaraan nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci, tentang Anak-Nya, yang menurut daging di peranakan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus.

    Ya, para nabi memberi kesaksian tentang Yesus ribuan tahun sebelum Yesus lahir.



    Sebelum Abraham ada, Aku (Yesus) telah ada
    Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Siapa saja menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.” Kata para pemuka Yahudi kepada-Nya, “Sekarang kami tahu bahwa Engkau kerasukan setan. Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi, namun Engkau berkata: Siapa saja yang menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya. Apakah Engkau lebih besar daripada bapak kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabi pun telah mati; dengan siapa Engkau samakan diri-Mu?” Jawab Yesus, “Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikit pun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami, padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan aku menuruti firman-Nya. Abraham bapakmu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.” Lalu kata para pemuka Yahudi itu kepada-Nya, “Umur-Mu belum lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?” Kata Yesus kepada mereka, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, sebelum Abraham ada, Aku telah ada.” Lalu mereka mengambil batu untuk melem;pari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah. (Yoh 8:51-59).

    BalasHapus
  19. LANJUTAN

    Sepanjang pembicaraan-Nya dengan para pemuka Yahudi, Yesus telah memberi indikasi tentang identitas-Nya. Hal ini membuat marah para lawan-Nya dalam proses komunikasi tersebut. Sampai titik ini, mereka telah mencap-Nya sebagai seorang pembohong, menuduh diri-Nya sebagai seorang Samaria dan kerasukan setan (lihat Yoh 8:48). Jadi, tidak mengherankanlah kalau mereka kemudian bertanya kepada-Nya: “Dengan siapa Engkau samakan diri-Mu?” (Yoh 8:53). Sungguh sukar bagi mereka untuk menerima apa yang dikatakan Yesus, bahwa diri-Nya lebih besar daripada Bapak Abraham (lihat Yoh 8:52-57). Akan tetapi, situasinya menjadi semakin “parah” ketika Yesus berkata: “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, sebelum Abraham ada, Aku telah ada” (Yoh 8:58). Karena pernyataan-Nya itu mereka mengambil batu untuk melempari Dia (lihat Yoh 8:59).

    Yoh 17:24, Yesus berdoa :
    Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.

    Dihadirat Allah, Yesus sudah ada sebelum dunia di jadikan.

    Lalu.. siapa Yesus sebenarnya ? kenapa permulaannya ada sejak jaman dahulu kala, bahkan Yesus ada bersama Allah sebelum dunia dijadikan.



    Kita coba simak ayat2 di bawah ini.

    BalasHapus
  20. LANJUTAN

    Kita coba simak ayat2 di bawah ini.

    Amsal 8:22-31, menjelaskan bahwa Yesus adalah ciptaan Allah yang pertama.
    8:22 TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
    8:23 Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.
    8:24 Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.
    8:25 Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;
    8:26 sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.
    8:27 Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
    8:28 ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
    8:29 ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,
    8:30 aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;
    8:31 aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.

    Kesaksian Rasul Paulus juga menegaskan bahwa Yesus adalah permulaan ciptaan Allah, dengan kata lain Yesus adalah Malaikat pertama yang di ciptakan oleh Allah.
    Kolose 1:15-20
    Keutamaan Kristus
    1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan
    1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu , yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
    1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
    1:18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati , sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
    1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
    1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya , baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

    BalasHapus
  21. LANJUTAN

    Bahkan Yesus sesudah dibangkitkan dan berada di Sorga, menegaskan melalui sebuah wahyu yang di sampaikan kepada Yohanes, bahwa Dia adalah permulaan ciptaan Allah.
    Wahyu 1:1-3
    1:1 Inilah wahyu Yesus Kristus , yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.
    1:2 Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya.
    1:3 Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.
    dan di pasal 3:14, Yesus dengan tegas menyatakan bahwa Dia adalah "permulaan dari ciptaan Allah"

    Yesus ikut serta dalam proses penciptaan alam semesta, termasuk penciptaan manusia yang pertama Adam dan Hawa.
    Ibrani 1:1-4 menjelaskan hal itu .."Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta"
    (Ibrani 1:1-4) Allah Berfirman dengan perantaraan Anak-Nya
    1:1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
    1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
    1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
    1:4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.

    BalasHapus
  22. LANJUTAN






    Bagaimana Yesus yang berada di Sorga bisa berada di Bumi dan lahir sebagai manusia.

    Ini adalah hasil kerja Roh Suci Allah yang memindahkan kehidupan Yesus di Sorga untuk lahir sebagai manusia di bumi.
    Ibrani 1:5-13
    1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya dan Ia akan menjadi Anak-Ku?"
    1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."
    1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."
    1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.
    1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu."
    1:10 Dan: "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu.
    1:11 Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian;
    1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan."
    1:13 Dan kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu Ia pernah berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?"

    Derajat Yesus pada saat di bumi sedikit lebih rendah dari pada Malaikat-Malaikat.
    Ibrani 2:5-9
    2:5 Sebab bukan kepada malaikat-malaikat telah Ia taklukkan dunia yang akan datang, yang kita bicarakan ini.
    2:6 Ada orang yang pernah memberi kesaksian di dalam suatu nas, katanya: "Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya, atau anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
    2:7 Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,
    2:8 segala sesuatu telah Engkau taklukkan di bawah kaki-Nya. " Sebab dalam menaklukkan segala sesuatu kepada-Nya, tidak ada suatupun yang Ia kecualikan, yang tidak takluk kepada-Nya. Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya.
    2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

    BalasHapus
  23. LANJUTAN

    Dan di ayat-ayat berikut nya kita bisa lihat alasan2 mengapa Allah membawa putraNya untuk lahir sebagai manusia.
    Ibrani 2:10-18
    10: Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah--yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan--,yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan.

    11: Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

    12: kata-Nya: "Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat,"

    13: dan lagi: "Aku akan menaruh kepercayaan kepada-Nya," dan lagi: "Sesungguhnya, inilah Aku dan anak-anak yang telah diberikan Allah kepada-Ku."

    14: Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;

    15: dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.

    16: Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani.

    17: Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.

    18: Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.

    Mungkin cukup itu saja pembuktian saya bahwa Yesus adalah Anak Allah karena memang Yesus adalah Anak yang pertama dijadikan oleh Allah, Malaikat pertama yang diciptakan.

    Sebagai referensi malaikat2 di sorga di sebut sebagai Anak-Anak Allah.
    Ayub 1:6, "Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap Tuhan.."

    BalasHapus
  24. LANJUTAN

    Itu adalah sebagian bukti bahwa YESUS BUKAN ALLAH, melainkan ANAK ALLAH.

    YESUS boleh di katakan adalah MAHLUK ROH PERTAMA ( MALAIKAT PERTAMA ) atau YESUS boleh dikatakan sebagai ANAK SULUNG ALLAH DI SORGA yang di ciptakan TUHAN sebelum TUHAN menjadikan segala sesuatu.

    TERIMAKSIH

    BalasHapus
  25. Debat ketuhanan Yesus, bagus, lucu

    - Kenapa Yesus disebut Tuhan, padahal Dia sendiri mengatakan bahwa Dia diutus?
    - Kok Tuhan lahir dari manusia?
    - Kok Tuhan bisa mati?
    - Orang Kristen percaya ada Allah Bapa dan Anak, berarti Tuhannya ada dua donk
    - Orang Kristen percaya Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus sebagai Tritunggal, ketika Yesus mati jadi Dwitunggal donk.

    Narasumber : Bambang Noorsena

    https://youtu.be/zqi0htZ3Ciw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sobat Kristen, coba anda baca dulu artikel sebelumnya,dgn judul YESUS ANAK ALLAH.
      Bsru setelah baca itu anda bisa memberikan komentar.Karena saya yakin anda tidak membaca artikel itu sudah langsung memberikan komentar.

      Hapus
  26. Allow-Alllow,,,kenapa sepi yach...

    Ini adalah forum penjelasan dan bukan perdebatan.

    Bagaimana dengan penjelasan saya Bahwa Yesus menurut Alkitab bukan Tuhan tetapi anak Allah, Mahkluk Roh yang pertama kali di ciptakan oleh Tuhan di sorga.

    BalasHapus
  27. Bukti Yesus TUHAN

    Dalam Perjanjian Baru, Yesus disebut Juruselamat:

    Lukas 2:11
    Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

    TUHAN dalam Perjanjian Lama berfirman:

    Yesaya 43:11
    Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

    Yesus mengatakan, " Akulah gembala yang baik" :

    Yohanes 10:11
    Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

    Sedangkan Perjanjian Lama mengatakan, 'TUHAN adalah gembalaku' :

    Mazmur 23:1
    Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

    Yesus menyatakan Dia adalah hakim atas segala bangsa :

    Yohanes 5:27
    Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.

    Matius 25:31
    "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.

    Perjanjian Lama mengatakan TUHAN adalah hakim segala bangsa:

    Yoel 3:12
    Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru.

    Yesus mengatakan, 'Akulah terang dunia' :

    Yohanes 8:12
    Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

    Perjanjian Lama mengatakan ''TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu" :

    Yesaya 60:19
    Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.


    Yesus mengatakan Dia adalah yang pertama dan yang akhir :

    Wahyu 1:17
    Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,

    Wahyu 1:8
    "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

    Wahyu 21:6
    Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

    Wahyu 22:13
    Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

    Sama seperti YHWH dalam Perjanjian Lama :

    Yesaya 44:6
    Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

    Yesaya 48:12
    "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!

    Yesus berkuasa mengampuni dosa:

    Matius 9:6
    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" — lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu — : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

    Markus 2:10-11
    10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" — berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu —:
    11 "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

    Lukas 5:24
    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" — berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu — : "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

    Lukas 5:20-21
    20 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."
    21 Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: "Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"

    Sama seperti TUHAN dalam PL yang bisa mengampuni dosa:

    Yesaya 43:25
    Namun Aku ini Allah yang mengampunkan dosa kamu, dan Aku berbuat demikian kerana begitulah sifat-Ku. Aku tidak akan mengingat dosa kamu.

    BalasHapus
  28. Yesus utusan dan Allah

    Tujuan Yesus sebagai utusan dan sebagai Allah:

    Saya SANGAT MENGAKUI kalo Yesus itu UTUSAN DAN HAMBA (BUDAK)

    Yesus sebagai UTUSAN, untuk menunjukkan bagaimana hidup berkenan kepada ALLAH:

    Matius 23:11-12 (TB)
    11 Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.
    12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

    Buktinya Yesus mau membasuh kaki murid2nya:

    Yohanes 13:5 (TB)
    kemudian Ia (Yesus) menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.


    Saya juga SANGAT MENGAKUI kalo Yesus adalah TUHAN, Buktinya Yesus sanggup mengampuni dosa:

    Matius 9:6
    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" — lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu — : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

    Siapakah yang dapat mengampuni dosa? TUHAN sendirilah! Tul gak?

    Mazmur 32:5
    Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau MENGAMPUNI KESALAHAN KARENA DOSAKU.

    Berdasarkan penjelasan diatas, maka silahkan pilih:

    A. Yesus adalah utusan (manusia)
    B. Yesus adalah TUHAN ( Sang Pencipta)

    Kalo saya jelas memilih Yesus sebagai TUHAN, logikanya:

    " Manusia MUSTAHIL menjadi TUHAN, tapi TUHAN BISA SAJA menjadi manusia"

    Tul gak?






    BalasHapus
  29. Yesus utusan dan Allah

    Tujuan Yesus sebagai utusan dan sebagai Allah:

    Saya SANGAT MENGAKUI kalo Yesus itu UTUSAN DAN HAMBA (BUDAK)

    Yesus sebagai UTUSAN, untuk menunjukkan bagaimana hidup berkenan kepada ALLAH:

    Matius 23:11-12 (TB)
    11 Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.
    12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

    Buktinya Yesus mau membasuh kaki murid2nya:

    Yohanes 13:5 (TB)
    kemudian Ia (Yesus) menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.


    Saya juga SANGAT MENGAKUI kalo Yesus adalah TUHAN, Buktinya Yesus sanggup mengampuni dosa:

    Matius 9:6
    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" — lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu — : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

    Siapakah yang dapat mengampuni dosa? TUHAN sendirilah! Tul gak?

    Mazmur 32:5
    Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau MENGAMPUNI KESALAHAN KARENA DOSAKU.

    Berdasarkan penjelasan diatas, maka silahkan pilih:

    A. Yesus adalah utusan (manusia)
    B. Yesus adalah TUHAN ( Sang Pencipta)

    Kalo saya jelas memilih Yesus sebagai TUHAN, logikanya:

    " Manusia MUSTAHIL menjadi TUHAN, tapi TUHAN BISA SAJA menjadi manusia"

    Tul gak?






    BalasHapus
    Balasan
    1. Tololllll

      Tuhan itu tidak bisa di lihat oleh manusia dan memang manusia itu sendiri tidak bisa melihatnya. Itu cuma teori tolol anda aja yg mengatakan bahwa Tuhan berubah menjadi seorang manusia

      Hapus
  30. Baca dulu artikel saya tentang Yesus Anak Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brow yang namanya anak Allah itu banyak bukan Yesus sendiri. Klau anak Allah anda jadikan Tuhan yg pasti nya Tuhan nya banyak brow. Jadi yg pantas kita sembah adalah Allah sendiri bukan anak nya paham

      Hapus
    2. Brow yang namanya anak Allah itu banyak bukan Yesus sendiri. Klau anak Allah anda jadikan Tuhan yg pasti nya Tuhan nya banyak brow. Jadi yg pantas kita sembah adalah Allah sendiri bukan anak nya paham

      Hapus
    3. sudah di baca ya bro..thks ya..
      nah itu maksudku..
      anak Allah banyak, bukan hanya Yesus sendiri
      tapi Yesus anak Allah yg pertama, pribadi roh yg pertama di caiptakan sebelum Allah menciptakan segala sesuatu.
      Yesus inilah yg di utus turun ke bumi oleh Allah, jadi Yesus bukan Allah bro..

      Hapus
    4. Alkitab tidak pernah mengajarkan klo Yesus itu adalah Allah yg di sembah. itu hanya doktirn dari para susunan kristes yg mengajarkan Tritunggal, dan Tritunggal sendiri tidak ada di Alkitab.
      yang kita sembah ya TUHAN yg menciptakan langit dan bumi, bukan yesus.
      Yesus hanya utusan, malaikat pertama yg di ciptakan Allah yg di kirim Allah ke bumi.

      Ayatnya ada bro di Alkitab.

      Ibrani
      1:6 Dan ketika Ia (Tuhan) membawa pula Anak-Nya ( Yesus ) yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

      kata menyembah maksudnya memberikan pengabdian yg utama, bukan di sembah seperti kita menyembah Allah.

      Hapus
    5. Assalamualaikum wbr.
      Klau menurut saya tidak tepat klau Yesus itu anak Allah yg pertama dan roh pertama sebelum Allah menciptakan alam smesta ini. Klau anda orang islam pasti anda tahu siapa orang pertama kali nya manusia ciptaan Allah dan bagaimana manusia itu sendiri bisa hidup klau tidak di kasih roh dr Allah. Tentu nya hanya Nabi Adam kan browbukan Yesus. Belajar dr al quran lebih asli dan murni dr pada Alkitab brow.

      Hapus
    6. Assalamualaikum wbr.
      Klau menurut saya tidak tepat klau Yesus itu anak Allah yg pertama dan roh pertama sebelum Allah menciptakan alam smesta ini. Klau anda orang islam pasti anda tahu siapa orang pertama kali nya manusia ciptaan Allah dan bagaimana manusia itu sendiri bisa hidup klau tidak di kasih roh dr Allah. Tentu nya hanya Nabi Adam kan browbukan Yesus. Belajar dr al quran lebih asli dan murni dr pada Alkitab brow.

      Hapus
    7. aku juga lagi belajar bro..
      cba bro bantu baca artikelku tentang anak Allah, dri awal sampai selesai..
      thks bro

      Hapus
    8. Yg anda kutib dr penjelasan anda di atas itu dr Alkitab dan bukan dr al quran brow. Dan anda pun pasti nya udah tahu klau Alkitab sudah mengalami kerusakan dengan adanya dalil" yang bertentangan antara satu dengan yang lain. Hal itu membuktikan bahwa Alkitab tidak 100% murni. Dan klau anda pingin tahu siapa anak Allah yg pertama kalinya anda bisa lihat di al quran yg sememangnya udah di yakini ke murnianya.

      Hapus
    9. Alkitab tidak ada perubahan bro..
      Anda sudah baca belum artikel saya..
      Artikel saya membantah semua dalil dan ajaran yg ada sekrang.

      Menempatkan Allah yang patut di sembuh bukannya Yesus dan menempatkan posisi Yesus yg sebenernya..

      kalau sudah baca,,kasih komentar ya bro..
      aku pengen banget bisa bertukar pikiran dgn mu..

      dan salam kenal dari saya

      saya nilai anda ini sopan dan bisa di ajak bicara.

      skali lagi thks ya bro

      Hapus
    10. Saya kasih contoh satu saja dalil Alkitab yang bertentangan atau bisa di bilang di rubah paulus. Meskipun banyak dalil Alkitab yang bertentangan.

      >>Berapa ekor kuda kereta yg di bunuh Daud???
      A. 700 ekor (2 samuel 10:18)
      B. 7000 ekor (1 tawarikh 19:18)

      Ini adalah kisah yang sama dan kejadian yang sama tp hasilnya yang berbeda.
      Semoga anda bisa langsung cek sendiri

      Hapus
    11. Saya kasih contoh satu saja dalil Alkitab yang bertentangan atau bisa di bilang di rubah paulus. Meskipun banyak dalil Alkitab yang bertentangan.

      >>Berapa ekor kuda kereta yg di bunuh Daud???
      A. 700 ekor (2 samuel 10:18)
      B. 7000 ekor (1 tawarikh 19:18)

      Ini adalah kisah yang sama dan kejadian yang sama tp hasilnya yang berbeda.
      Semoga anda bisa langsung cek sendiri

      Hapus
    12. iy sdh aku baca,,cba nanti ku cari penjelasannya.

      maksudku,,penjelasan bahwa Yesus Anak Allah itu bagaimana?

      karena penjelasan saya itu membatalkan semua dalil dan dogma yang sudah ada.

      Hapus
    13. Tidak perlu butuh bukti dalil banyak klau hanya setakat mematahkan argumen orang kristen. Krn kita dalam posisi jalan yang benar dan punya kitab yg benar. Semoga anda bisa memahami semua penjelasan dari saya.

      Hapus
    14. maksudku,,penjelasan bahwa Yesus Anak Allah itu bagaimana?


      Sebenarnya apa sih definisi anak Allah didalam perspektif bible?

      Pertama-tama mari kita lihat ada berapakah manusia yg memiliki gelar Anak Allah didalam bible agar kita bisa mengetahui definisinya. Berikut ini adalah dalil-dalilnya.

      Matius 5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

      Lukas 6:35 Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

      Maka dari ayat diatas bisa kita simpulkan bahwa yg dimaksud dengan "Anak Allah" didalam bible tidak lain hanyalah seorang hamba Allah, yg patuh dan taat kepadaNya, berbuat kebaikan, melakukan kehendakNya dan yg dikasihi oleh Allah. Dan jumlah mereka itu tidak terhingga.

      mukin sedikit bisa mencerahkan anda.

      Hapus
  31. Sebelum Abraham ada, Aku (Yesus) telah ada

    Yohanes 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

    Perkataan bahwa sebelum Abraham lahir, Yesus telah ada, ini tidak bisa dijadikan dalil pereksistensi Yesus secara lahiriah. Sebab pada faktanya Yesus, secara fisik, baru lahir setelah Abraham wafat. Maka dalam konteks ayat ini, perkataan Yesus tersebut merujuk pada eksistensi Yesus dalam Ilmu Allah atau perencanaan Allah. Dia menjelaskan bahwa dirinya telah ada dalam rencana Tuhan, bukan eksis secara harfiah. Jika kita lihat ayat 56, maka kita akan faham bahwa Yesus ‘telah ada’ dalam rencana Tuhan.

    Yohanes 8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.

    Bagaimana Abraham telah melihat hari ketika Yesus menyampaikan firman Tuhan dan membimbing Israel ke jalan lurus, sedangkan pada saat itu Yesus belum lahir untuk menyampaikan firman Tuhan?
    Abraham melihatnya dalam ‘penampakan’, dalam ilmu Allah.
    Tuhan telah ‘memperlihatkan’, atau paling tidak, 'memberi kabar' tentang peristiwa itu sebelumnya kepada Abraham.

    Amsal 8:22-23 TUHAN telah menciptakan aku (Salomo) sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala. Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.

    Salomo dibentuk pada zaman purbakala, bahkan dikatakan bahwa TUHAN telah menciptakannya. Apakah salomo sudah eksis sejak bumi belum ada? Tentu sudah! Akan tetapi, sekali lagi, di dalam prencanaan TUHAN. Begitu juga dengan Yesus dan manusia lainnya. Tuhan tentu sudah merencanakan setiap ciptaannya sejak dahulu kala. Kita semua juga sudah ada sebelum Bumi terbentuk. Tapi, hanya dalam perencanaan Tuhan. Hal ini merujuk ke sifat Kemahatahuan Tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lebih jelasnya nih sy copy paste dialog sy sama mas andi mudah2an bisa mencerahkan anda.mungkin intinya sama dengan postingan anda diatas(mohon koreksi jika salah karena kita disini mash proses belajar)

      andi
      Apa hubungannya antara Yoh 8:24 dgn Yer 1:5 ? Tidak ada sama sekali, sebab Yer 1:5 artinya sangat jelas,bahwa TUHAN mengenal Yeremia sejak dia dlm kandunga ; dialah yg dimaksud !

      berhubung mas andi dh nyambung
      ini kutipan mas andi
      Yohanes 8:24 Tuhan Yesus berkata: ”kamu akan MATI (BINASA) DALAM DOSAMU, jikalau kamu TIDAK PERCAYA bahwa Akulah Dia (bahwa Akulah Allah)

      ini kutipan sy
      untuk lebih jelas dan tegas buka
      Yeremia,tuhan berkata:'' aku tahu kamu,sebelum kamu dirahim ibumu,aku menjadikanmu nabi (Yer 1:5)
      bagaimana, siapa yg dimaksud....?
      sebelum dia dirahim ibunya dia nabi.nalar sendiri deh....

      yg perlu digaris bawahi kata'' Akulah Dia ''
      Yohanes 8:23-24 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
      Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

      Saya kutip ayat ini dalam dua versi bhs Inggeris, supaya bisa lihat terjemahan bhs Indonesia yang
      "Akulah Dia " seharusnya kata "Dia" tidak dg huruf BESAR. Huruf besar disana langsung bermaksud Dia itu adalah Tuhan, padahal bhs Inggerisnya saja TIDAK, terlebih lagi dalam bhs aslinya "eimi", tidak menunjukkan yesus Tuhan. jadi artiannya ayat Yohanes 8:24 konteksnya yesus disitu bukan tuhan.
      jadi mas andi kata Dia, harusnya hurup kecil

      King James Version (KJV) John 8:24
      24 I said therefore unto you, that ye shall die in your sins: for if ye believe not that I am he, ye shall die in your sins.

      Revised Standard Version (RSV) John 8:24

      24 I told you that you would die in your sins, for you will die in your sins unless you believe that I am he."

      Terlihat "Iam he". Kata "he" dikedua versi TIDAK HURUF BESAR
      ternyata dalam bhs aslinya Yunani (Greek) = eimi, yang artinya

      aku adalah, tanpa pelengkap penderita.

      Penterjemah memasukkan kata he, masih bisa diterima, karena melihat maksud (konteksnya).

      Penterjemah mulanya ingin menyatakan perkataan Yesus eimi (Aku ) dengan perkataan Tuhan ketika Musa bertanya, dan Tuhan menjawab
      pada Keluaran 3:14 ..IAM who Iam = Aku adalah Aku. Kata ini diterjemahkan sebagai dalam bhs Yunani sebagai ho on, inipun tidak sama dengan eimi (perkataan Yesus).

      Eimi terjadi dalam Alkitab 152 kali, satu kali dibuat huruf besar mulanya, namun Pakar Kristen terakhir membuat huruf kecil kembali, bhw kata itu tidak bisa dianggap sebagai Tuhan atau He (Dia =Tuhan)

      RSV terdiri dari 32 Pakar Tertinggi, didukung oleh 50 aliran gereja

      jadi konteks ayat Yohanes 8:24 merujuk pada tuhannya yesus jd kenapa sy
      mengutip Yer 1:5 sy kirain mas andi paham eh ternyata kosooong.

      yeremia mengatakan,tuhan mengatakan''Sebelum engkau dirahim ibumu,Aku telah mengetahui mu dan Aku menjadikan nabi untuk bangsamu sebelum kamu ada dirahim ibumu (Yer 1:5)

      bagaimana nabi apa ini..? apakah ia bersama tuhan..?sudah tentu ia bersama tuhan,dengan kata lain,dalam pengetahuan tuhan yeremia ada,yesus ada nabi muhamad ada,sy ada mas andi ada, dalam pengetahuan tuhan
      dalam pengetahuan tuhan,dia telah mengetahui jauh sebelum penciptaan nabi adam,hawa, sy,mas andi dan semua manusia karena tuhan maha tau mas andi paham ga definisi maha tau...?

      begitupun dalam Yohanes 8:24, Dia tau(tuhan bukan yesus) semua manusia akan MATI (BINASA) DALAM DOSA,karena memang manusia tempatnya salah dan dosa(tidak ada yg sempurna)
      lanjut

      Hapus
    2. malah sibudi yg pinter dia bilang nubuat buat MIRZA GULAM AHMAD bahkan setelah merubah kelamin jd Aas Nindyahtinnayu tetap ga nyambung.sy bilang nubuat buat yesus tidak ada sanggahan itulah bukti kekosongannya.

      berhubung nalar mas andi nyambung maka sy jelaskan tp kalo ga nyambung sy biarin aja.
      diawal kutipan sy disitu kan dh jelas '' untuk lebih jelas dan tegas buka'' paham ga maksud kutipan sy mas andi..?

      Hapus
  32. saya masih belum memahami penjelasan dari anda bro. tapi saya ucapkan terimakasih karena anda sudah mencoba memberikan penjelasan ke saya.

    mengenai kontradiksi yang anda berikan di kitab samuel dan tawarikh, kita harus membaca dari tulisan aslinya.

    Septuaginta (LXX) menulis 2 Samuel 10:18,
    και εφυγεν συρια απο προσωπου ισραηλ και ανειλεν δαυιδ εκ της συριας επτακοσια αρματα και τεσσαρακοντα χιλιαδας ιππεων και τον σωβακ τον αρχοντα της δυναμεως αυτου επαταξεν και απεθανεν εκει
    Translit, kai ephugen suria apo prosôpou israêl kai aneilen dauid ek tês surias heptakosia harmata kai tessarakonta khiliadas ippeôn kai ton sôbak ton arkhonta tês dunameôs autou epataxen kai apethanen ekei


    1 Tawarikh 19:18,
    και εφυγεν συρος απο προσωπου δαυιδ και απεκτεινεν δαυιδ απο του συρου επτα χιλιαδας αρματων και τεσσαρακοντα χιλιαδας πεζων και τον σωφαχ αρχιστρατηγον δυναμεως απεκτεινεν
    Translit, kai ephugen suros apo prosôpou dauid kai apekteinen dauid apo tou surou hepta khiliadas harmatôn kai tessarakonta khiliadas pezôn kai ton sôphakh arkhistratêgon dunameôs apekteinen


    [1] "Tujuh ratus kereta kuda", Ibrani שבע מאות רכב - "SYB M'T RKB", Septuaginta επτακοσια αρματα - 'heptakosia harmata'.

    [2] "Tujuh ribu orang di atas kereta kuda", Ibrani שבעת אלפים רכב - "SYB'T 'LFYM RKB", Septuaginta επτα χιλιαδας αρματων - 'hepta khiliadas harmatôn'.


    Kata αρματα -'harmata' merujuk kepada kereta sedangkan αρματων - 'harmatôn' merujuk orang-orang yang ada di dalam kereta.
    Kata αρματα - 'harmata' adalah bentuk jamak αρμα - 'harma' dalam kasus datif (obyek langsung).
    Sedangkan αρματων - 'harmatôn' kasusnya genitif merujuk kepada milik.

    Ini hanya masalah menerjemahkan saja bro.

    Dan saya juga menghimbau agak Lembaga Alkitab Indonesia agar jeli dalam menerjemahkan Alkitab dari bahasa aslinya, sehingga orang yg tidak ngerti apa2 menjadi jelas dan tidak memfitnah Alkitab.

    Jadi jangan sampai kita yg ngk ngerti apa2, akhirnya kita menuduh hanya dari kata2 orang atau berita yg kita denger, tanpa meneliti sumbernya langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 Samuel 10:18, menggunakan
      Kata αρματα -'harmata' merujuk kepada kereta, yang berjumlah 700

      sedangkan 1 Tawarikh 19:18,
      mengunakan kata αρματων - 'harmatôn' merujuk orang-orang yang ada di dalam kereta, yg berjumlah 7000, 1 kereta di isi dengan 10 orang.

      Hapus
    2. kalau yg ini bagaimana pendapat anda

      Matius 21:12-18 Yesus pergi ke kuil SEBELUM melihat pohon Ara Markus 11:12-15 Yesus ke kuil SETELAH melewati pohon Ara.

      Matius 27:32, Lukas 23:26, Markus 15:21 (Simon lah yang membawa Salib)
      Yohanes 19:17 (Yesus lah yang membawa salib)

      Markus 15:23 (memberi anggur bercampur mur untuk diminum)
      Matius 27:34 (memberi anggur bercampur empedu untuk diminum)

      1 Korintus 15:5 (Yesus menampakkan diri kepada 12 orang) VERSUS Matius 28:16 (Yesus menampakkan diri kpd 11 orang)

      1 Tawarikh 7:6 (3 anak) VERSUS 1 Tawarikh 8:1 (5 anak) VERSUS Kejadian 46:21 (10 anak)

      Matius 20:20-21 (ibu anak2 Zebedeus membuat permohonan) VERSUS Markus 10:35-37 (anak2 Zebeduslah yang membuat permohonan )

      Yohanes 5:31 (kesaksianku tidak benar) VERSUS Yohanes 8:14 (rekamanku adalah benar)

      ada 3 riwayat berbeda mengenai ucapan terakhir Yesus disalib!!! Lukas 23:46 VS Yohanes 19:30 VS Matius 27:46,50

      mana yg benar??? Di ATAS bukit (Matius 5:1-2) atau di BAWAH bukit (Lukas 6: 17-20) ???

      mana yg benar??? Bani Israel akan selalu hidup (Maleakhi 3:6) VERSUS Bani Israel akan musnah (Yeremia 6:9-30, Yehezkiel 6:11)???

      Siapakah pewaris tahta Yosia : Yoahas (2 Tawarikh 36:1) atau Salum (Yeremia 22:11)???

      Selain Yesus tdk ada yg diangkat dari bumi oleh Tuhan (Yoh 3:13) VS Enoch & Elijah diangkat Tuhan (Kej 5:22-24 + 2 Kings 2:11)


      mana yang benar??? Tuhan tidak pernah menguji manusia (Yakobus 1:13-14) VERSUS Tuhan menguji Abraham (Kejadian 22:1).

      mana yg benar??? Anak menanggung kesalahan nenek moyangnya (Yes 14:21) VS Anak tdk menanggung kesalahan nenek moyang (UL 24:16)

      mana yg benar??? Setelah Yesus lahir di bawa ke Mesir (Mat 2:1-15) atau tinggal di Yerusalem (Luk 2:21-23)

      mana yg benar; Kakek Yesus bernama YAKUB (Mat 1:16) atau bernama ELI (Luk 3:23)????

      mana yg benar??? Matius 20:34 (Yesus mengobati dua orang buta) VERSUS Markus 10:46-52 (Yesus mengobati satu orang buta)

      mana yg benar??? Matius 8:28 (ada dua orang kerasukan setan) VERSUS Markus 5:22 & Lukas 8:27 (ada satu orang kerasukan setan).

      mana yg benar??? Mat 4:5-8 (Iblis membawa Yesus ke kuil, kemudian barulah ke gunung) VS Luk 4:5-9 (ke gunung, barulah ke kuil)

      siapa org yg diangkat jadi pengikut Yesus??? MATIUS (Matius 9:9) ATAU LEWI Bin Alfeus (Markus 2:14; Lukas 5:27)

      siapa salah seorang diantara 12 murid Yesus??? TEDEUS (Mat 10:1-4, Mark 3:14-19) VERSUS YUDAS Bin Yakobus (Lukas 6:13-16)????

      siapa yg membunuh Yohanes??? HERODES (Matius 14:5) atau HERODIAS (Adik ipar Herodes) (Markus 6:18-20)

      di manakah Yesus bertemu dgn orang yg kemasukan setan??? Di GADARA (Mat 8:28) VERSUS Di GERASA (Mark 5:1-2)

      berapa orang yg kemasukan setan??? 2 Orang (Matius 8:28) VERSUS 1 Orang (Markus 5:1-2)

      bgmn respon orang ketika melihat Yesus meredakan angin topan??? Mrk Menyembah Yesus (Mat 14:33) VS Mrk Tercengang (Mark 6:51-52)

      Hapus
    3. Apakah YESUS anak Daud?
      a. Menurut Matius, Ya! (Matius 1:1).
      " Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham."

      b. Menurut YESUS, Tidak! (Matius 22:45; Markus 12:37; Lukas 20:44).
      " Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" "

      Siapakah anak Daud yang kedua?

      a. Kileab (II Samuel 3:2-3).
      "anaknya yang kedua ialah Kileab, dari Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel; yang ketiga ialah Absalom, anak dari Maakha, anak perempuan Talmai raja Gesur"

      b. Daniel (I Tawarikh 3:1).
      "Bermula, maka inilah segala bani Daud, yang diperanakkan baginya di Heberon; yang sulung Amnon dari pada Ahinoam, perempuan Yizrieli itu; dan yang kedua Daniel dari pada Abigail, perempuan Karmeli itu"

      Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem?

      a. 11 orang (II Samuel 5:13-16).
      "Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.
      Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
      Yibhar, Elisua, Nefeg, Yafia,
      Elisama, Elyada dan Elifelet."

      b. 13 orang (I Tawarikh 14:3-7).
      "Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
      Yibhar, Elisua, Elpelet,
      Nogah, Nefeg, Yafia,
      Elisama, Beelyada dan Elifelet."

      Yohanes 13:13 (ENDE Version) "Kamu memanggil Aku Guru dan Tuan. Dan tepatlah demikian, sebab memang itulah Aku!" Dirubah menjadi;

      (TB Version) Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

      jam brp Yesus disalib ? Jam 9 (Markus 15:25), tp Yoh 19:14 bilang jam 12 Yesus belum disalib?

      Hapus
    4. menurut anda bagaimana....??

      Kitab perjanjian Lama (Taurat) ditulis dalam bahasa Hebrew dan ada sebagian yang ditulis dalam bahasa Aram.
      Sedangkan Perjanjian Baru (Injil) yang sekarang jadi masternya di tulis dalam bahasa Yunani.
      Aneh sekali bukan? Padahal Yesus sendiri bukan orang Yunani? Dia adalah keturunan Yahudi yang pastinya berbahasa Aram, dan Hebrew.

      injil yg ada sekarang memang bukan asli lagi sudah banyak yg di rubah.contohnya tak satupun manusia dapat melihat tuhan,akan tetapi paulus merubah ayat tersebut:manusia dapat melihat tuhan.sudah sangat jelas paulus merubah ayat2 injil.katanya injil pertama ditulis dalam bahasa yunani tapi faktanya nabi isa dan murid2nya tidak menggunakan bahasa yunani.sangat aneh kan!!??inilah kebohongan terbesar yg terus menerus menyesatkan umat kristen sendiri.

      Hapus
    5. tanggapan anda bagaimana....??

      anis sorous adalah satu-satunya pendeta/pastor yang ahli berdebat, ketika salah satu channel di AS memintanya untuk berdebat lawan Dr jamal al-badawi, syarat yang diajukan oleh anis cukup aneh; anis bertanya dan Dr jamal menjawab jadi bukan berdebat.

      Yang lebih aneh lagi, ternyata permintaannya dikabulkan oleh Dr jamal al-badawi, seluruh pertanyaan anis dijawab dengan sangat rapi oleh Dr jamal al-badawi.

      pertanyaan-pertanyaan anis (kristen) sebetulnya sama seperti kuman-kuman paulus yang lain, jadi tidak ada yang baru, mungkin karena seluruh umat kristen berbicara dengan Roh Kudus, jadi bau mulut mereka pada sama semua.

      Di tengah-tengah pertemuan antara anis dan Dr jamal, salah seorang pendengar yang berada di studio minta izin untuk bertanya ke anis, (Mungkin) karena yang ingin bertanya orang putih (bule) anis pun tidak keberatan.

      Si Bule tanya;
      Jika Tuhan tidak membedakan antara lelaki dan perempuan, seharusnya Tuhan mengangkat dua anak, lelaki dan perempuan, yang laki sebagai Juru Selamat kaum lelaki dan begitu juga dengan yang perempuan, tetapi mengapa Tuhan menjadikan Yesus seorang lelaki menjadi Juru Selamat untuk seluruh manusia (laki dan perempuan) ? bukankah ini pertanda bahwa Tuhan membedakan antara lelaki dan perempuan ?

      Anis si pendeta/pastor kebanggaan umat kristen menjawab; Saya Tidak Tahu.

      Si bule pun melanjutkan;
      Apakah kamu tidak malu mengajukan banyak pertanyaan kepada Dr jamal dan sampai sekarang semuanya terjawab sedangkan satu pertanyaan saya kamu jawab;
      Saya Tidak Tahu ?

      Singkat cerita, pemimpin acara cukup pandai untuk melanjutkan acara, hanya saja pendeta/pastor kebanggaan itu akhirnya jadi bahan tertawaan sebelum acara selesai.sy yakin serta orang-orang kristen yang lain juga akan mengalami nasib yang sama (menjadi bahan tertawaan) jika sanggup berdebat dengan Muslim di blog ini.

      Hapus
    6. to hendarto..percuma ngejelasin ama Orang islam suni..!!! semua golongan islam merekan kapirkan..!!!pengikut islam suni sudah di nubuatkan di 1 korentus 15.." mereka akan binasa dalam dosonya, karena menolak Yesus..!!! dan ini di pertegas dalam al quran 19:17..dan semua umat muhammmad pasti masuk neraka., itu bagi tuhanmu suatu kepastian..!!! jadi udah klop Nubuata Yesus dan sudah di meteraikan oleh allah di al quran sendiri

      Hapus
    7. jalan jalan kekarang getas
      jangan lupa beli kopi sama sandal bakyak

      siapa sih yg posting diatas....oh siBUDI
      biarin ajah diamah wong OTAKNYA DH KOPLAK....buuaahahaha

      Hapus
  33. Sory brow saya yg salah krn kurang teliti

    BalasHapus
  34. Tpi yg jelas alkitab udah rosak brow dan Al-Quran lah kitab penyempurnanya.

    BalasHapus
  35. Sory brow saya yg salah krn kurang teliti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thks bro keling,, salam kenal

      kita di sini bukan untuk berdebat, tapi saling menimba ilmu, bro keling bisa baca tilisan saya tentang Yesus Anak Allah.

      saya hanya ingin mengutarakan bahwa Yesus bukan Allah/ Tuhan tetapi Yesus adalah makhluk yang pertama di jadikan oleh Allah di sorga.

      terlepas dari pendapat bahwa Alkitab udah rosak, saya masih mempercayai Alkitab.

      Hapus
    2. to.mas keling

      insaallah pemikiran sy salah..bukan bersu'uzon maaf beribu2 maaf untuk mas hendharto.

      mas keling dr postingan mas hendharto kalo sy lihat, mudah2an salah. sebenernya mas hendharto ngerti/paham tentang akitab cuma maksud mas hendharto apa sy ga paham.. hanya anda yang tahu

      untuk mas hendharto sy mohon maaf atas pemikiran sy yg mudah2an salah...

      Hapus
    3. Mas hendharto
      So q kurang paham brow dengan peryataan anda jika Yesus adalah orang pertama yang di ciptakan Allah di sorga. So yg saya yahu Nabi Adam lah manusia yg pertama yg di ciptakan Allah. Mohon penjelasan nya brow maaf aq pun masih belajar,,, pepatah bilang malu bertanya sesat di jalan

      Hapus
    4. ternyata benar pemikiran saya.....hahaha
      dh basi mas hendharto.kristen seperti anda dari cara anda bicara saya sudah paham.....hahaha

      saya hanya ingin mengutarakan bahwa Yesus bukan Allah/ Tuhan tetapi Yesus adalah makhluk yang pertama di jadikan oleh Allah di sorga.

      bukti dalilnya yg jelas posting dimari....??

      Hapus
    5. Mas ableh pandawa
      Jujur q ni mas, so q seneng bnget bisa knl sama mas ableh krn apa yg kiranya saya tidak tahu, jadi mengerti krn semua penjelasan mas ableh. Dan sesungguhnya mas ableh sangat membantu saya. So saya boleh dikatakan masih belajar.

      Hapus
    6. terus pendapat anda gimana mas hendharto dengan postingan sy diatas....mohon pencerahannya.....???

      Hapus
    7. Mas ableh pandawa
      Jujur q ni mas, so q seneng bnget bisa knl sama mas ableh krn apa yg kiranya saya tidak tahu, jadi mengerti krn semua penjelasan mas ableh. Dan sesungguhnya mas ableh sangat membantu saya. So saya boleh dikatakan masih belajar.

      Hapus
    8. mas keling say sering berdialong dengan orang seperti mas hendharto dibanyak forum intinya dia hanya meggiring keimanan kita dengan keyakinan dia....

      domba2 memang licik dan banyak tipu muslihatnya...

      sebetulnya sama seperti kuman-kuman paulus yang lain, jadi tidak ada yang baru, mungkin karena seluruh umat kristen berbicara dengan Roh Kudus, jadi bau mulut mereka pada sama semua.

      Hapus
    9. sama2 mas keling, saya pun sama mash dalam proses belajar yg penting dan yg terpenting kita hanya mencari KEBENARAN bukan PEMBENARAN....

      diforum ini pun kita mash dalam tahap belajar....

      Hapus
  36. Bro keling, penjelasan saya ada di tulisan saya tentang Yesus Anak Allah, coba bro baca artikel saya itu.

    Bro Ableh, salam kenal juga, wahh luar biasa nih...
    cba baca dulu postingan saya tentang Yesus anak Allah.

    Yang jelas kalau kita berdebat tidak akan ada habisnya..dan saya menyarankan kita tidak usah berdebat tentang kontradiksi ayat2.

    Karena kolom ini membahas tentang Ketuhanan Yesus, maka saya hanya menjawab dari Alkitab bahwa Yesus bukan Tuhan.
    Saya hanya ingin membagi pengetahuan saya, dan saya ingin mengembalikan posisi Yesus yang sebenernya menurut Alkitab.


    salam kenal semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah basi mas hendarto coba saya pengen tahu tanggapan anda tentang postingan sy diatas

      ingat jangn pake OPINI dan teori2 yg anda buat karna dh basi buat sy

      Hapus
    2. Yang jelas kalau kita berdebat tidak akan ada habisnya..dan saya menyarankan kita tidak usah berdebat tentang kontradiksi ayat2.


      itulah yg ingin kami luruskan dari keyakinan anda
      kalau banyak kontradiksinya apakah pantas dikatakan kitab suci....??

      bagaimana tanggapan anda.......???

      dan postingan2 sy diatas....???

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  37. Bro Ableh, salam kenal juga, wahh luar biasa nih...
    cba baca dulu postingan saya tentang Yesus anak Allah.


    baca dulu postingan saya juga diatas

    BalasHapus
  38. Hendharto
    Saya hormati peryataan anda jika Yesus adalah seorang utusan dan bukan Tuhan dan semangnya tidak patut di sembah. Akan tetapi apakah saudara hendharto juga menyakini bahwa Nabi Muhammad itu juga utusan Allah, Dan tidak ada Tuhan selain Allah.

    BalasHapus
  39. mas keling dh paham.....??
    ingat domba2 memang licik dan banyak tipu muslihatnya...
    hati2 jngn terjebak lg sama kuman kuman paulus

    silahkan dilanjut mas keling tenang sy pantau terus...?


    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sokongan nya mas ableh pandawa so nnt klau sekiranya ada yg sulit tolong bantuin ya heeee

      Hapus
    2. sebenarnya maskeling bisa dan sy yakin pasti bisa, kasih bukti2 dari alkitab mereka aja.

      jangan terpengaruh dengan opini atau teori2 yg mereka buat2.

      Hapus
  40. Tiada Tuhan selain Allah..
    saya setuju kalau di dunia ini hanya ada satu Tuhan.

    Tuhan yang maha esa, pencipta langit dan bumi.

    dan yang saya yakini skrang yaitu bahwa Yesus adalah utusan Tuhan.
    cba bro Keling baca dulu artikel saya tentang Yesus Anak Allah.
    kira2 jelas ngk artikel saya itu buat bro Keling.

    kalau ada yg mau di tanyakan silahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alkitab tidak ada perubahan bro..

      trus dengan postingan2 sy diatas bagaimana mas hendarto...??

      jika anda mampu tolong diklarifikasi...??

      lidah anda kelu…….???
      otak anda beku…….???
      hati anda kaku……..???

      Hapus
    2. Saya udah membacanya mas hendharto dan saya sememangnya tidak menyakinni 100% jika Alkitab itu suci. Oleh kerana itu apa yg ada di Alkitab ada di Al-Quran akan tetapi apa yg ada di Al-Quran tidak ada di Alkitab. Hal ini membuktikan bahwa Al-Quran lebih sempurna dr pada Alkitab. DAN PERLU ANDA KETAHUI APA ADA MUKZIJAT ALKITAB YG ORANG LAIN BELUM PERNAH MENGETAHUIAKAN TETAPI ALKITAB SUDAH MENGETAHUINYA. Jikalau ada pasti anda tidak mengimani nya, seperti yohanes 16:13
      " di situ Yesus menubuatkan kedatangan Roh kebenaran (Nabi Muhammad) akan turun ke bumi. Dan dia akan jadi pemimpin ke dalam seluruh kebenaran "

      Jika anda mengimani nya bermakna anda harus percaya bahwa NABI MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH DAN TIADA TUHAN SELAIN ALLAH.

      Hapus
  41. to hendarto..percuma aja anda jelASIN AMA PENGANUT SUNI, LHA WONG SEMUA aliran islam , mereka kApirkan..!!! apa lagi Penganut Yesus..!!! di anggap NAJIS..JIS..!!!percuma aja ngomong ama VIRUS SUNI..!!
    " MEREKA " SELALU mempertanyakan "utusan"..!!! PADAHAL UDAH GW jelaskan..!!! bahwa kata "utusan" bahasa aslinya adalah 'EPISTAILAV' YG ARTINYA " ALLAH SENDIRI YG TURUN KE BUMI'..!!! BAHASA ARABNYA " NUZUL"..DAN kata "anak Allah " bahasa ASLINYA adalah "ebet' artinya budak yg di angkat jadi "pewaris tahta" tuannya, sedangkan Yesus adalah NUZUNYA allah..!! mereka masih NGEYEL TIDAK MAU TAHU alias .masih Belum dapat HidayaH..!!! dan qs 19:71..semua umat muhammad pasti masuk neraka,itu bagi tuhanmu suatu kepastian..itulah hadiah bagi kaum SUNI..
    PENGANUT NABI CABUL DAN BUTA HURUF..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Budi
      Saya ambil sedikit komen anda
      jika Anak Allah adalah BUDAK YG DI ANGKAT menjadi PEWARIS TAHTA TUANYA"

      Dr peryataan anda boleh kah anda jelaskan
      SIAPA YG MENGANGKAT ANAK ALLAH UNTUK MENJADI PEWARIS TAHTA????! DAN TAHTA TUAN SIAPA YANG HARUS DI GESER HINGGA ANAK ALLAH BISA MEWARISINYA???

      Hapus
    2. oh ya lupa mas keling aas,fatimah ali cuma alias dong tetep aja sibudi,hati2

      Hapus
    3. Mas ableh pandawa
      nie q mau liat peryataan yg di buat si budi ini, so dia bisa berkata seperti itu pasti nya dia juga tahu apa arti yg dia katakan. Klau sampai dia sendiri aja tidak tahu apa yg dia katakan apa lagi orang lain.

      Hapus
  42. to all islam..yg benar yg mana YESUS MAHLUK YG PERTAMA DI CIPTAKAN apa NUR MUHAMMAD YG DI CIPTAKAN PERTAMA KALI..HAHHAHAHA UDAH KOPLAK,PLAK..!!!itulah pengikut nabi cabul dan pedofil..ngomongnya plintat-plintut..kaya kentut yg di kumaur di mulutlut.lut...!!!!
    otaknya udah koplak..!~!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan jalan kekarang getas
      jangan lupa beli kopi sama sandal bakyak

      siapa sih yg posting diatas....oh siBUDI
      biarin ajah diamah wong OTAKNYA DH KOPLAK....buuaahahaha

      Hapus
    2. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seusai kembali dari Tolikara, Ustaz asal Papua, Fadzlan Garamatan, mengatakan ada hikmah di balik peristiwa tersebut. Ketua Tim Pencari Fakta Tolikara itu pun menuliskan tulisan singkat berupa surat terbuka untuk Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) lewat aplikasi WhatsAppnya.

      Berikut isi surat Fadzlan Garamata yang berjudul Terima Kasih GIDI.

      “TERIMA KASIH GIDI”

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu nama Tolikara yang sebelumnya sama sekali kami tak tahu menahu.

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu bahwa di Tolikara ada Masjid yang sudah berdiri puluhan tahun yang lalu.

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu ada ribuan muslim di Tolikara.

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu ada Perda aneh di Tolikara yang sangat diskriminatif terhadap Islam dan kaum muslimin.

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu bahwa Australia dan Israel ternyata sudah menancapkan kuku hitamnya di bumi Cendrawasih.

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu bahwa perkembangan dakwah Islam di Papua secara umum dari hari ke hari terus menggembirakan.

      Atas ulah kalian, kami jadi tahu data sebenarnya jumlah total kaum muslimin di Papua sana adalah 40% , populasi yang cukup membalikkan asumsi kebanyakan orang selama ini bahwa Papua hampir identik Kristen atau diklaim Kristen.

      Atas ulah kalian, kami dari berbagai penjuru, bukan hanya negeri ini tapi seluruh dunia dan dari berbagai latar belakang jadi tergerak rasa solidritasnya untuk lebih berperan terhadap nasib saudara kami di sana.

      Atas ulah kalian, kami jadi yakin bahwa Masjid yang dibakar akan dibangun kembali yang lebih bagus dan lebih megah.

      Atas ulah kalian, kami jadi yakin bahwa dakwah Islam di sana akan makin marak dan masif, bahkan pesantren akan segera berdiri.

      Atas ulah kalian, mata dunia mulai terbuka bahwa anggapan tentang teroris itu di identikkan dengan Islam adalah keliru.

      Terimakasih, terimakasih, dan terimakasih.

      Kami menunggu kalian semua jamaah GIDI dalam damai kasih Islam.

      Kami berharap tak lama lagi kami bisa menjadi imam shalat di sana, berceramah dan melantunkan adzan lima waktu di sana.

      Terimakasih, Islam akan jaya di Papua Nuu Waar

      Terimakasih, tak lama lagi, insya Allah Papua Nuu Waar identik dengan Islam.

      http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/07/31/nsbu3m361-surat-terbuka-ustadz-fadzlan-terima-kasih-gidi

      Hapus
    3. Saudara Budi anda mengaku agama kristen dan Alkitab pedoman anda tpi di sini anda menunjukkan kebodohan anda. Anda terlihat tidak pernah baca Alkitab atau sememangnya anda pura" bodoh. Klau anda masih ragu" siapa manusia ciptaan Allah anda bisa lihat kej 3:20 di situ tertuliskan nama Adam lah yg pertama kalinya ciptaan Allah bukan Yesus.
      Terlihat jelas bawasanya anda ini adalah seorang manusia yang berhati iblis yg bisanya menghasut dan fitnah. Percuma saya bedebat dengan anda so nnt xm pun tidak akan menerima kebenaran. Mending orang semacam km itu di biarkan saja toh nnt akan Mati sendiri

      Hapus
  43. Bro Keling
    Saya udah membacanya mas hendharto

    thks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alkitab tidak ada perubahan bro

      bagaimana dengan postingan2 sy diatas mas hendarto...??
      jika jika anda mampu tolong diklarifikasi


      kenapa ga dijawab
      lidah anda kelu…….???
      otak anda beku…….???
      hati anda kaku……..???

      Hapus
    2. Saudara hendharto
      Anda di atas udah menyatakan bahwa Tidak ada Tuhan selain Allah. Tpi knp and belum menyatakan bahwa Nabi Muhammad itu juga utusan Allah.
      Sekiranya anda punya alasan tertentu dengan tidak menyakini nabi Muhammad itu utusan Allah, boleh kah anda memberitahu kan alasan itu kepada saya????

      Hapus
    3. Keling#
      Mengapa kami tidak mengakui muhamad sebagai seorang nabi/utusan Allah....?karna Allah TIDAK PERNAH menjanjikan muhamad sebagai utusannya di dalam injil.
      Dan kami tidak memerlukan nabi lainnya lagi,karna Yesuslah Tuhan dan Juruselamat kami.

      Hapus
    4. Saudara Cinta klau anda ingin berdiskusi dengan saya, di blok itu saja jangan di sini oke,

      Hapus
  44. Bro Ableh,,wahh jadi kacau ini..
    Forum ini jadi tempat buat menjelekkan satu sama yg lain.

    KIta bahas dulu artikel saya di atas,,,baru bahas yg lain...

    tadi saya sudah balas yg di tanya sama Keling..

    jangan lah forum ini jadi tempat menjelekkan yg lain,,padahal otak kita sendiri udah beku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooooo saya tidak merasa anda membalas semua pertanyaan saya, jadi harap teliti lagi komen anda. Jangan lah anda jadi seorang yg pengecut seperti siBudi yg hanya bisa lari dr permasalahan.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. dh dibuka blm mas keling....??

      Hapus
    4. Pusing aq mas ableh pandawa
      klau baca komen terlalu banyak dan harus saya pahami komen mereka semua. Maklum masih blajar heeeeee

      Hapus
    5. Pusing aq mas ableh pandawa
      klau baca komen terlalu banyak dan harus saya pahami komen mereka semua. Maklum masih blajar heeeeee

      Hapus
    6. ga apa2, ambil inti koment2 dari saudara2 kita aja buat masukan soalnya kement2nya mantep sangat logis,ga ada sejarahnya muslim tuh kalah debat dengan kristen....yg penting jangan terpengaruh dengan opini dan teori2 yg dibuat2,

      dan harus teliti karena kristen bisa berubah2 kaya bunglon yg bisa menjebak kita seperti mas keling dengan mas hendharto

      Hapus
  45. Karena bagi saya Yesus adalah penggenap dari semua janji2 Tuhan.
    Yesus adalah nabi terakhir dgn mukjijat yg sangat luar biasa.

    Tidak ada nabi yg sangat luar biasa seperti Yesus sebelum dan sesudahnya.

    ntar ku sambung lagi ya
    mau keluar dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokok pertanyaan saya buat anda adalah Yesus itu Tuhan atau bukan????
      Klau dr peryataan anda di atas klau Yesus itu hanyalah seorang nabi, trus siapa Tuhan anda?????
      Jikalau anda juga menyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah, bermakna anda termasuk beragama islam. cuman anda tidak mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.apakah benar begitu saudara hendharto????

      Hapus
    2. Pokok pertanyaan saya buat anda adalah Yesus itu Tuhan atau bukan????
      Klau dr peryataan anda di atas klau Yesus itu hanyalah seorang nabi, trus siapa Tuhan anda?????
      Jikalau anda juga menyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah, bermakna anda termasuk beragama islam. cuman anda tidak mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.apakah benar begitu saudara hendharto????

      Hapus
  46. BANTAHAN ALKITAB YESUS BUKAN TUHAN
    semua referensi/bukti dibawah ini diambil dari alkitab/injil

    Yesaya 46:9 Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku.

    Sangat jelas ada ayat diatas. Allah itu hanya satu. Tak ada yang lain. (Allah yang benar itu satu)

    Simak apa kata yesus.
    Yohanes 17:3-9

    Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

    Jelas apa yang yesus katakan pada ayat diatas bahwa: allah yang benar itu satu dan yesus sebagai utusan (Bukan tuhan)

    Yohanes 17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

    sangat jelas apa yang yesus katakan pada ayat diatas bahwa apa yang disampaikan yesus itu dari Allah. lantas yesus sebagai utusan menyampaikannya pada orang-orang israel.

    Yohanes 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

    yesus meminta kemulian kepada allah. sangat jelas. kalau yesus bukan tuhan. karna yang meminta.sama yang memberi pastilah bukan satu pribadi.(tuhan minta dimuliakn sama tuhan) apakah mungkin

    analoginya. kalau anda minta jabatan sama bos anda, apakah sama bos anda dan anda?...tidak samakan

    Yohanes 17:6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu
    17:7 Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu.
    17:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

    sangat lebih jelas kalau yesus bukan tuhan sebab segala perkata.an yang yesus sampaikan bukan-lah dari dirinya. akan tetapi dari allah yang mengutusnya.

    Yohanes 17:9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu

    yesus bilang aku berdoa untuk mereka. BUKAN UNTUK DUNIA.
    tambah jelas kalau yesus bukan tuhan. kalau yesus tuhan ada siapa tuhan berdoa/memohon/­­(mana mungkin tuhan berdoa kepada tuhan) lucukan.
    yesus juga bilang aku berdoa untuk mereka. bukan untuk dunia.

    siapakah mereka yang yesus maksud itu....?? yang jelas adalah umatnya yesus yang jumlahnya adalah 144.000.

    KENAPA DEMIKIAN....??
    KARNA YESUS ALLAH UTUS HANYA KEPADA DOMBA ISRAEL SAJA.

    Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

    SANGAT JELAS KALAU ALLAH ADALAH SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR. DAN YESUS SEBAGAI UTUSAN (BUKAN TUHAN)

    SAUDARA/SAUDARIKU.... YESUS BUKAN JURU SELAMAT. DAN YESUS TIDAK AKAN MENYELAMATKAN ORANG KRISTEN.

    Karena Yesus BUKAN ALLAH. yesus hanyalah utusan Allah. dan yesus allah utus hanya untuk bani Israel. Dan kristen bukan pengikut yesus melainkan pengikut paulus.

    FIRMAN ALLAH DALAM AL-QURAN.

    “Dan (ingatlah) ketika Isa Ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu (bani Irael) ” (QS. Ash Shaff : 6 ).

    BERDASARKAN ALKITAB SBB.
    Yesus bukan Juru selamat. Tidak ada juru selamat selain Allah.

    "Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku."(Yesaya 43: 11).

    BalasHapus
  47. sambungan BANTAHAN ALKITAB YESUS BUKAN TUHAN

    HANYA ALLAH JURU SELAMAT TAK ADA YANG LAIN MAKANYA YESUS MEMINTA KESELAMATAN PADA ALLAH.

    ( Yohanes 12:27)
    Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa/ALLAH, selamatkanlah Aku (YESUS) dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.

    Yesus ALLAH utus hanya untuk bani Israel.
    "Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Matius 15 : 24

    "Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”. (Matius 10: 5 – 6).

    YESUS HANYA MENGHAKIMI 12 SUKU BANI ISRAEL
    ajaran Yesus, ia akan menghakimi ke 12 suku Bani Israel saja.

    "Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel." (Matius 19: 28).

    "bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel." (Lukas 22: 30).

    Berdasarkan Keterangan-keteranga­­­­­n dari ayat-ayat diatas ini, menjelaskan bahwa Yesus hanya akan menghakimi ke 12 suku bangsa Israel saja, suku bangsa lain tidak termasuk, bahkan tidak pernah disebut-sebut oleh Yesus. Apalagi bangsa Indonesia sama sekali tidak pernah disebut oleh Yesus!,

    Yesus memang tidak pernah kenal dengan bangsa Indonesia, jadi sangat mustahil sekali bangsa Indonesia yang tidak pernah dikenal oleh Yesus akan diselamatkan oleh Yesus.
    Bahkan yang dimateraikan dan akan masuk sorga hanya 144.000 orang saja dan dari kesemuanya hanyalah keturunan 12 suku bani Israel saja.

    BACA KITAB Wahyu 7: 4 – 8.

    (4)"Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

    (5)"Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan, dari suku Ruben dua belas ribu, dari suku Gad dua belas ribu,
    (6)"dari suku Asyer dua belas ribu, dari suku Naftali dua belas ribu, dari suku Manasye dua belas ribu,

    (7)"dari suku Simeon dua belas ribu, dari suku Lewi dua belas ribu, dari suku Isakhar dua belas ribu,
    (8)"dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu.

    Lihat kitab Wahyu 14: 1 – 3.
    (1)"Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.
    (2)"Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.
    (3)"Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

    BalasHapus
  48. sambungan BANTAHAN ALKITAB YESUS BUKAN TUHAN

    Kenapa hanya suku bani Israel saja yang berhak dimateraikan dan masuk sorga?, kenapa yang berhak masuk sorga dan ditebus dari bumi (ayat 3) itu hanya berjumlah 144.000 orang saja. Jawabnya, selain dari 144.000 orang suku bani Israel ini, semuanya akan dihakimi oleh Yesus, sebab mereka telah keluar dari ajaran Yesus. Mereka tidak hanya menyembah kepada Allah, tetapi juga menyembah dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan. Apa kata Yesus, tentang mereka ini;

    (6)"Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
    (7)"Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.
    (8)"Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia."

    (9)"Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri." (Markus 7: 7 – 9).

    Jadi sangat pantas kalau umat kristen selain 144.000 orang itu tidak masuk sorga, sebab mereka tidak lagi mengamalkan ajaran Yesus, yang mereka ajarkan dan amalkan adalah ajaran atau adat istiadat yang dibuat oleh manusia, yaitu Paulus dan bapa-bapa Gereja.
    Kemudian, Yesus menolak dan tidak mengakui kepada setiap orang yang mengatakan dia Tuhan. Ironisnya bangsa Indonesia yang mengaku pengikut Yesus, mati-matian mengajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan dan juru selamat, orang keturunan bani Israel saja ditolak, apa lagi bangsa Indonesia dan bangsa lain.

    JADI BERDASARKAN BUKTI-BUKTI YANG TERTULIS PADA AYAT-AYAT ALKITAB DIATAS, MAKA BENARLAH APA YANG YESUS KATAKAN PADA ATAT MATIUS 7:21-23 TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT KAWAN.
    ITU PULA YANG MENDASARI PERNYATAAN YESUS KEPADA ORANG KRISTEN MEREKA YANG MENUHANKAN YESUS, KELAK DIHARI PENGHAKIMAN YESUS AKAN MENGUSIR UMAT MANUSIA DARI HADAPAN-NYA.
    YAITU MEREKA UMAT MENUSIA YANG GEMAR MENYERU/MENYEBUT YESUS TUHAN.

    (LUKAS 12:4-5)
    Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi.

    12:5 Aku (YESUS) akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia (ALLAH), yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia (ALLAH). (TAKUTILAH DIA, SIAPA DIA?.., YANG DIMAKSUD YESUS)KALAU YESUS TUHAN TENTU DIA BERKATA TAKUTILAH AKU, bukan takutilah dia

    7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
    7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
    7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" (MATIUS 7:21-23)

    alkitab dengan jelas menegaskan kalau yesus adalah pesuruh tuhan?...
    atas dasar apa anda mengatakan kalau yesus anak tuhan atau tuhan,

    BalasHapus
  49. PENGAKUAN YESUS SEBAGAI TUAN DIROMBAK HABIS OLEH PENULIS KITAB BIBLE MENJADI TUHAN.
    AYAT FIRMAN PALSUUUUU,,,,,

    Suatu ketika Yesus membenarkan dirinya dipanggil murid-muridnya dengan sebutan guru dan tuan, bahkan ditegaskan lagi oleh Yesus memang akulah guru dan tuan :

    “Kamu menyebut aku guru dan tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan tuan.”

    Yesus disebut sebagai guru karena mengajarkan kebaikan-kebaikan, kebenaran-kebenaran dan petunjuk hidup kepada murid-muridnya dan Yesus disebut tuan karena nasehat dan pengajarannya selalu ditaati murid-muridnya, maka pantaslah Yesus disebut guru dan tuan.

    Kata tuan dalam ayat di atas adalah terjemahan dari kata MAR dalam bahasa Ibrani/Aramaic yaitu bahasa sehari-hari Yesus, kata mar biasa diberikan kepada orang yang dihormati dan di taati. Namun ternyata dalam penterjemahan ayat tersebut ke dalam bahasa yang bukan bahasanya Yesus kata tuan dalam ayat di atas telah berubah menjadi Tuhan, yang jauh menyimpang dari ucapan Yesus, sehingga lafal ucapan Yesus tersebut menjadi :

    Yohanes 13:13 Kamu menyebut aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah Guru dan Tuhan

    Tentu saja perubahan oleh LAI ini di manfaatkan oleh umat Kristen Indonesia sebagai dalil bahwa Yesus pernah mengatakan dirinya sebagai Tuhan.

    Sesungguhnya perubahan kata dari tuan menjadi Tuhan justru akan semakin menimbulkan kontradiksi di dalam Injil itu sendiri, bahkan akan sangat bertentangan dengan ucapan- ucapan Yesus di dalam puluhan ayat-ayat yang lain, satu saja contoh ucapan Yesus yang bertentangan dengan Yohanes 13:13 bila kata tuan dirubah menjadi Tuhan :

    "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus." Yohanes 17:3

    Dalam Yohanes 17:3 tersebut Yesus mengatakan bahwa Tuhan satu-satunya hanyalah Allah dan dipertegas lagi bahwa Yesus hanyalah seorang utusan Allah, kalau kata mar diterjemahkan menjadi Tuhan maka Yohanes 13:13 akan sangat kontradiktif dengan Yohanes 17:3, tetapi kalau kata mar diterjemahkan sebagai tuan maka antara Yohanes 13:13 dan Yohanes 17:3 akan saling mendukung dan menguatkan.

    BalasHapus
  50. PENGAKUAN YESUS SEBAGAI TUAN DIROMBAK HABIS OLEH PENULIS KITAB BIBLE MENJADI TUHAN.

    AYAT FIRMAN PALSUUUUU,,,,,
    Umat Kristen nampaknya sangat memaksakan untuk mengubah ucapan Yesus yang berarti tuan menjadi Tuhan, agar ada dalil yang mengokohkan ketuhanan Yesus, hal ini karena tidak ada satu ayat-pun yang mendukung ketuhanan Yesus yang berupa pengakuan Yesus secara langsung bahwa dirinya adalah Tuhan, dan satu-satunya ayat yang mudah untuk diubah artinya adalah Yohanes 13:13, namun dengan mengorbankan keabsahan dan keserasian Alkitab itu sendiri.

    Perubahan kata tuan menjadi Tuhan terjadi ketika kata MAR dalam bahasa Ibrani yang berarti tuan, diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi KURIOS, kata kurios dalam bahasa Yunani memiliki arti sama dengan LORD dalam bahasa Inggris :

    LORD berarti : raja, bangsawan, penguasa tertinggi, pejabat tinggi, tuan. LORD bukan TUHAN.

    Yohanes 13:13 You call me the Teacher (Master) and the Lord, and you are right in doing so, for that is what I am.

    Penerjemahan yang tepat seharusnya adalah sebagai berikut :

    Yohanes 13:13 Kamu menyebut aku GURU dan TUAN, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah GURU dan TUAN

    Rupanya para penginjil di LAI sengaja mengartikan KURIOS sebagai Tuhan dalam ayat tersebut, padahal semestinya arti yg sesuai dengan ucapan Yesus dan tdk bertentangan dengan ayat-ayat yg lain adalah TUAN.
    Dari uraian di atas baik ditinjau dari segi tata-bahasa Ibrani ke Yunani dan atau dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, ditinjau dari keserasian dengan ucapan-ucapan Yesus yang lain, maka pengakuan Yesus yang sesungguhnya adalah :
    AKULAH GURU DAN TUAN bukan AKULAH GURU DAN TUHAN
    Sehingga tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab Yesus pernah mengatakan aku adalah Tuhan, tetapi akan banyak ditemukan ayat-ayat pengakuan Yesus bahwa dirinya hanyalah utusan Allah dan bahwa hanyalah Allah satu-satunya Tuhan yang benar dan Esa.

    Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

    MIKIR KAWAN MIKIR

    BalasHapus
  51. AYAT PALSU DALAM INJIL MATIUS


    Ayat Palsu Injil Matius

    Dalam Injil Matius versi Todays English Version (TEV) penginjil secara jujur menunjukkan bahwa ayat Matius 18:11 telah hilang, ditulis sebagai berikut pada versi Injil tersebut :

    Matthew 18:11 [NOT IN TEV]

    Artinya, isi ayat tersebut tidak ada dalam Injil Today English Version -Not In TEV-.

    Rupanya, hilangnya ayat tersebut sangat mengusik para penginjil di seluruh dunia, sehingga mereka dengan keberanian penuh, menambah-nambah ayat yang bukan wewenangnya, contoh dalam Injil Matius Terjemahan Baru oleh LAI ada penambahan ayat seperti berikut :

    Matius 18:11 [Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang.]"

    Isi ayat tersebut adalah totalitas sebagai tambahan oleh para penginjil, yang didapatkan dari menebak-nebak ajaran Yesus.

    Tanda kurung [ ] adalah untuk menunjukkan bahwa ayat yang berada di dalamnya adalah tambahan belaka. LAI bahkan pernah secara lebih berani menambah ayat tersebut tanpa memberikan tanda [ ] seperti yang dilakukannya pada Terjemahan Lama, hasilnya seperti berikut ini :

    Matius 18:11 Karena Anak manusia datang menyelamatkan yang sesat.

    Tidak adanya simbol [ ] untuk menunjukkan ayat buatan manusia/penginjil, sengaja ataupun tidak, akan menyesatkan pembacanya bahwa tidak ada ayat palsu dalam Alkitab dan akan menyebabkan pembacanya mengira bahwa kitab mereka adalah kitab yang sempurna sebagai hasil tulisan manusia yang terinspirsikan oleh roh suci.

    Tapi, bisa jadi tidak adanya tanda [ ] memang sebagai kesengajaan agar para pembaca Alkitab tetap meyakini bahwa Alkitab adalah tulisan manusia yang terinspirasikan oleh roh suci, mengetahui Alkitab ada tambahan ayat palsu dapat menghilangkan makna inspirasi roh suci.

    Karena roh suci tidak akan mungkin akan kehilangan ayat, makanya di atas telah disinggung, orang Kristen yang berpendapat bahwa Alkitab adalah kitab sejarah tulisan manusia adalah lebih mudah menerima hilangnya ayat tersebut dan tidak perlu memalsukan ayat, tetapi walaupun demikian keimanan meraka akan terbentur juga, karena bagaimana mungkin keimanan disandarkan pada kitab sejarah.

    Berikut beberapa contoh ayat-ayat hilang lainnya dari Injil Matius :

    Matthew 17:21 [NOT IN TEV]
    Matthew 21:44 [NOT IN TEV]
    Matthew 23:14 [NOT IN TEV]

    Dan ayat-ayat yang hilang tersebut telah diganti oleh ayat-ayat palsu buatan penginjil untuk menyembunyikan Alkitab telah tersunat atau Alkitab tidak sempurna :

    Matius 17:21 [ Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa. ]

    Matius 21:44 [ Dan barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk. ]

    Matius 23:14 [ Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. ]

    BalasHapus
  52. AYAT PALSU DALAM INJIL MARKUS
    Ayat pasu dalam Injil Karangan Markus
    Berikut ayat-ayat yang hilang dalam Injil karangan Markus :

    Mark 7:16 [NOT IN TEV]
    Mark 9:44 [NOT IN TEV]
    Mark 9:46 [NOT IN TEV]
    Mark 11:26 [NOT IN TEV]
    Mark 15:28 [NOT IN TEV]

    Dan berikut ayat-ayat palsu untuk menggantikan ayat-ayat yang hilang tersebut agar Alkitab tetap nampak sempurna dan tetap diyakini sebagai yang terinspirasikan oleh roh suci :

    Markus 7:16 [Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!]

    Markus 9:44 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan - apinya tidak akan padam.]

    Markus 9:46 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]

    Markus 11:26 [Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengam-puni kesalahan-kesalahanmu.]

    Markus 15:28 [Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi: "Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka."]

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. AYAT PALSU BIBEL DALAM KISAH PARA RASUL DAN ROMA
    Kisah Para Rasul

    Berikut ayat-ayat yang hilang dalam Kitab Kisah Para Rasul yang ditulis oleh Lukas :

    Act 8:37 [NOT IN TEV]
    Act 15:34 [NOT IN TEV]
    Act 24:7 [NOT IN TEV]
    Act 28:29 [NOT IN TEV]

    Dan ayat-ayat yang hilang tersebut telah diganti dengan ayat palsu buatan manusia seperti berikut ini :

    Kisah Para Rasul 8:37 [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah."]

    Kisah Para Rasul 15:34 [Tetapi Silas memutuskan untuk tinggal di situ.]

    Kisah Para Rasul 24:7 Tetapi kepala pasukan Lisias datang mencegahnya dan merebut dia dengan kekerasan dari tangan kami,

    Kisah Para Rasul 28:29 [Dan setelah Paulus berkata demikian, pergilah orang-orang Yahudi itu dengan banyak perbedaan paham antara mereka.]


    Roma

    Dalam kitab Roma atau surat-surat Paulus ke-pada Jemaat Kristen non Yahudi di Roma di Roma, juga terdapat ayat yang hilang yaitu :

    Rome 16:24 [NOT IN TEV]

    Dan telah diganti dengan ayat palsu sebagai berikut :

    Roma 16:24 [Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita menyertai kamu sekalian! Amin.]

    BalasHapus

  55. UCAPAN FIKSI YESUS DALAM ALKITAB/BIBLE TIDAK LEBIH DARI KARANGAN PENULIS KITAB/BIBLE KRISTEN

    Benarkah semua ucapan yesus di alkitab Perjanjian Baru benar-benar ucapan Yesus ?

    Selama ini jemaat hanya dicekoki ayat-ayat bible oleh pendeta, lalu mereka hanya mengimani saja. Tak sedikitpun mau bersikap kritis dan bersusah payah mengecek kebenaran ayat-ayat yang disampaikan oleh pendeta. mereka sangat jarang membuka apalagi baca alkitab di rumah.

    mari kita baca ayat alkitab ini :

    Lukas 24:44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."

    (45) Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
    (46) Kata-Nya kepada mereka: "ADA TERTULIS DEMIKIAN: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,

    Ucapan Yesus tersebut, sampai saat ini TIDAK ADA seorang pendeta atau pastur pun bisa menemukan ayat tersebut. Tak seorangpun tidak bisa membuktikan kebenaran dari ucapan Yesus tersebut. Jika itu benar-benar ucapan Yesus, apalagi dia sebagai Tuhan menurut agama anggapan Kristen, tentu apa yang diucapkan pasti bisa dibuktikan. Ucapan Yesus yang mengatakan bahwa ada tertulis dalam Kitab Taurat Musa, Kitab para Nabi-Nabi dan Kitab Mazmur bahwa “Mesias akan menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga” ternyata setelah dicek, ucapannya itu tidak terdapat dalam kitab-kitab tersebut. Ini membuktikan ucapan Yesus tersebut adalah fiktif, karena tidak bisa dibuktikan.

    banyak sekali kedustaan para penulis alkitab, yang mengatasnamakan Yesus hanya untuk menyesatkan para pembaca. Ayat di atas adalah salah satu buktinya.

    BalasHapus
  56. DAFTAR KITAB SESAT KARANGAN RASUL PALSU PAULUS

    Sebanyak 13 buah kitab dalam 27 kitab injil Perjanjian Baru yang merupakan hasil karangan penyesat dari sekte Farisi yang bernama saulus dan berganti nama menjadi Paulus. Pauluslah rasul pendiri agama kristen yang membawa ajaran penyembahan kepada manusia. Dia juga orang yang pertama kali mengajarkan bahwa ada dua tuhan.

    Sungguh ajaran paulus ini sangat sesat dan menyesatkan. Dia rajin menulis pemikirannya tentang dewa yang menjelma menjadi manusia dan mati menebus dosa. Dan celakanya lagi pihak gereja mengangkatnya sebagai Rasul dan pendiri agama kristen. Padahal Yesus sendiri berpesan agar berhati-hati terhadap ragi orang Farisi.

    Matius 16:6 Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

    Matius 16:11 Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

    Matius 16:12 Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan TERHADAP AJARAN ORANG FARISI dan Saduki.

    Penyesatan yang dibuat paulus ini telah menyebabkan milyaran orang di dunia menuhankan orang mati, hanya karena percaya kepada janji paulus dosa mereka akan ditebus. Ajarannya bahwa tuhan lebih dari satu tidak laku bagi kalangan yahudi, makanya dia menjualnya ke penduduk non yahudi di wilayah jajahan Romawi yang sangat luas. Jualannya laku keras di kalangan pagan penyembah dewa-dewa Yunani yang berpaham helenisme.
    Agar kita tak ikut tersesat, sebaiknya mengenal, kitab apa saja yang merupakan karangan mesias palsu / dajjal/ anti kristus ini.

    BERIKUT INI DAFTAR KITAB-KITAB SESAT YANG ADA DI BIBLE / ALKITAB :

    Roma
    1 Korintus
    2 Korintus
    Galatia
    Efesus
    Filipi
    Kolose
    1 Tesalonika
    2 Tesalonika
    1 Timotius
    2 Timotius
    Titus
    Filemon

    Seharusnya semua kitab di atas dikategorikan sebagai kitab apokripa / apokrif, bukannya malah dipercaya sebagai firman Tuhan dan dijilid jadi satu dengan kitab-kitab lain dan disebut Injil Perjanjian Baru.

    SURAT-SURAT PAULUS ITULAH YANG DITERBKAN OLEH AJARAN KRISTEN DOKTRIN GEREJA, BUKTI AJARAN KRISTEN DAN UMATNYA BUKAN PENGIKUT YESUS.

    BalasHapus
  57. Saudara Keling...Yesus menurut Alkitab itu bukan Tuhan.

    saya menyebut Tuhan dengan namanya yaitu Yahwe.


    Yahwe adalah Tuhan pencipta alam semesta ini.
    dan Yesus adalah ciptaan Yahwe yg pertama, sebelum Yahwe menciptakan malaikan dan manusia.

    Yesus di utus ke bumi dgn tugas2 khusus.

    cba bacalah dgn seksama artikel saya tentang Yesus Anak Allah/

    di situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okey
      Klau begitu kenapa anda klau sembahyang harus lewat pelantara Yesus????
      Knp tidak langsung kepada Yehwe?????
      Dan kenapa anda di atas menyatakan Tuhan itu adalah Allah dan tidak ada Tuhan selain Allah tpi sekarang anda menyatakan Tuhan anda Yehwe bukan Allah?????

      Hapus
  58. Saudara Keling,,klo udah baca artikelku,,coba simpulkan siapakah Yesus itu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artikel anda dan anda sendiri yg menyimpulkan bahwa Yesus itu hanyalah seorang nabi bukan Tuhan,
      apa anda lupa dengan prtnyaan anda sendiri dan jwbn anda sendiri

      Hapus
    2. Itu artikel anda dan anda sendiri yg menyimpulkan bahwa Yesus itu hanyalah seorang nabi bukan Tuhan,
      apa anda lupa dengan prtnyaan anda sendiri dan jwbn anda sendiri

      Hapus
    3. Yesus bilang satu titik tidak boleh “hilang“, bukan tidak boleh “batal“. aneh, gak boleh dihilangkan tapi boleh dibatalkan, trus buat apa dia ada disitu, buat hiasan doang.?? ya ini salah satu bentuk cara kalian menafsirkan alkitab seenak perut kalian alias dengan hawa nafsu kalian, mencari pembenaran dari keyakinan kalian yang tidak punya dasar


      yesus aja gak berani membatalkan hukum taurat, kenapa paulus berani melarang orng utuk melakukan hukum taurat? kalo rasulnya bertentangan dngn perintah tuhannya brrti siapa yang palsu? bisa tuhannya yg palsu bisa juga rasulnya yg palsu bisa juga kedua2 nya. silahkan pilih.

      Hapus
  59. Allah atau Tuhan itu adalah gelar yg Alkitab sebutkan, nama pribadinya adalah Yahwe.
    saya langsung berdoa kepada Yahwe, Yesus perantara karena beliau adalah Imam Besar saya sekarang.

    Aq mau tanya siapakah Yesus artikel ku itu..

    thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda kebalik nulisnya mas hendharto
      Tuhan itu Allah YHWH. Yg jadi gelar itu Yehwe bukan Allah paham.
      Dan saya mau nanya apa maksut gelar Allah YHWH (Yehwe) itu??????

      Anda berbicara bahwa Yesus adalah imam besar anda, emang apa pernah Yesus masuk agama kristen???????

      Hapus
    2. Saudara hendharto
      Anda belum menerankan klau tentang Yesus jadi Imam anda dan apa pernah Yesus masuk ke agama kristen seperti anda saat ini??!!!!

      Hapus
  60. wahhh aku di juluki bunglon sama bro ableh..


    gini saudara Keling...
    pahami dulu artikel saya tentang Yesus Anak Allah.
    setelah paham aku jelasin yg lain, karena ini adalah blog tentang ketuhanan dari Yesus.

    Siapakah Yesus itu .. menurut artikel Yesus anak Allah di potingan ku di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda yg buat artikel itu dan anda sendiri yg menyimpulkan kanya, dan saya pun sependapat dengan penyimpulan anda, trus anda suruh mempelajari lagi. Emang sampai knp q harus mempelajarinya sedangkan hasinya udah mutlak ketemu. So tinggal q pegang peryataan kmu itu. Dan sekarang anda coba memutar balikkan jwbn dr pertanyaan anda sendiri. Trus apa ini yg di sebut diskusi????????

      Hapus
    2. Anda saya suruh jwb dr peryataan anda sendiri pun sampai sekarang anda belum menjawab nya, trus apa yg mahu anda jelaskan kepada saya??????? Sedangkan apa yg tidak saya mengerti anda tidak mahu menerangkan nya....

      Hapus
  61. bukan begitu maksudnya bro Keling

    apa anda setuju dengan kesimpulan yg ada dari artikel Yesus anak Allah.

    Artikel itu menyimpulkan.

    1. Yesus itu bukan Tuhan.
    2. Yesus itu adalah pribadi yang pertama di ciptakan Tuhan, sebelum Tuhan menciptakan para malaikat dan manusia, itulah sebabnya Yesus di sebut Anak Allah.
    3. Allah sendiri yang mengutus dan memindahkan kehidupan Yesus di sorga ke bumi, untuk lahir sebagai manusia, dialah mesias yg di janjikan yg lahir dari garis keturun Daud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju klau Yesus anak Allah krn sememangnya Yesus lahir tanpa seorang lelaki, sama halnya nabi Adam hidup langsung dr buattan tangan Allah,

      1. Say setuju jika Yesus bukan Tuhan.

      2. Saya tidak setuju jika Yesus ciptaan Allah yang pertama kalinya.dan sememangnya itu Teori anda aja bikan dari dalil Alkitab ataupun al Quran.

      3. Saya setuju jika Allah yg mengutus Yesus ke bumi, tpi dia hanya utusan Tuhan bukan Yesus yg mengutus Tuhan.

      Hapus
    2. Saya pikir" saya yg kasih penjelasan kepada anda. Padahal dr awal saya lah yg minta penjelasan anda, so bagaimana dengan peryataan anda itu yg ingin saya mengerti. Tolong jelaskan.....

      Hapus
    3. Saya pikir" saya yg kasih penjelasan kepada anda. Padahal dr awal saya lah yg minta penjelasan anda, so bagaimana dengan peryataan anda itu yg ingin saya mengerti. Tolong jelaskan.....

      Hapus
    4. almasih jalan yg lurus

      kenapa LURUS ?!
      Karena sampean bengkok terus mas hendharto

      Hapus

  62. bro keling ini aku sadurkan dari Wikipedia, penjelasan tentang nama Allah.

    YHWH itu bisa di sebut juga Tetragrammaton

    Tetragrammaton (Bahasa Yunani: τετραγράμματον kata dengan empat huruf) nama dalam bahasa Ibrani untuk Tuhan Allah, yang dieja (dalam huruf Ibrani); י (yod) ה (heh) ו (vav) ה (heh) atau יהוה (YHWH), tetragramaton adalah nama pribadi dari Tuhan Allah orang Israel.

    Dari semua nama Tuhan Allah di Perjanjian Lama, Tetragrammaton muncul paling sering, sebanyak 6.500 kali menurut Jewish Encyclopedia, namun menurut Biblica Hebraica dan Biblica Hebraica Stuttgartensia, teks asli dari Tulisan Ibrani yang ditulis dalam bahasa Ibrani dan bahasa Aram, berisi tulisan Tetragrammaton sebanyak 6.828 kali. Banyaknya penulisan Tetragramaton di dalam tulisan tulisan tersebut mengindikasikan rujukan yang lebih pribadi terhadap jatidiri Sang Penguasa. (Berlawanan dengan gelar yang tidak pribadi seperti "Tuhan" saja atau "Bapa"). Banyak pengkaji Alkitab melihat ini sebagai bukti bahwa penulis Alkitab (dan orang orang Ibrani dan Israel kuno) melihat nama yang direpresentasikan dengan Tetragrammaton sangat penting dan sering digunakan dalam perkataan dan doa-doa sehari-hari. Dan untuk yang percaya bahwa Alkitab diinspirasikan oleh Tuhan, hal ini menunjukkan bagaimana perasaan-Nya terhadap nama pribadi-Nya

    Dalam agama Yahudi, Tetragrammaton tidak diucapkan pada pembacaan tulisan suci dan doa, dan diganti dengan Adonai ("Tuanku"). Bentuk tertulis lain seperti ד׳ atau ה׳ dibaca Hashem (Sang Nama).

    Tetragrammaton juga seringkali diucapkan Yehuwa, Yehova, Yehovah, Jehova, atau Jehovah, tergantung kemampuan lidah si pembaca, dan ketersediaan huruf dalam aksara si penulis. Istilah-istilah tersebut adalah ejaan alternatif untuk Yahweh, bentuk tetragrammaton YHWH yang dipakai dalam terjemahan Alkitab versi Terjemahan Baru Lembaga Alkitab Indonesia yang umum dipakai oleh kalangan Kristen di Indonesia. Berhubung bahasa Ibrani ditulis tanpa huruf hidup, maka semua pengucapan untuk tetragrammaton ini adalah vokalisasi tentatif saja.

    Di dalam Alkitab versi bahasa Jawa, YHWH menjadi "Yehuwah". Sedangkan pada Alkitab terjemahan bahasa Indonesia tertulis "TUHAN".


    Tetragrammaton dalam aksara Paleo-Hebrew/bahasa Fenisia (abad ke-10 SM sampai 300 M), bahasa Aram kuno (abad ke-10 SM sampai abad ke-4 M) dan aksara kotak Ibrani (abad ke-3 SM sampai sekarang). Ditulis dari kanan ke kiri.
    Tulisan Tetragrammaton muncul 6,828 kali dalam teks bahasa Ibrani dalam Biblia Hebraica maupun Biblia Hebraica Stuttgartensia, yaitu dua naskah Alkitab Ibrani lengkap tertua yang ada sekarang.[1] Di dalam Alkitab tersebut, kata ini tidak muncul hanya di Kitab Kidung Agung, Kitab Pengkhotbah dan Kitab Ester. Kata ini muncul pertama kalinya di Alkitab Ibrani di Kitab Kejadian pasal 2 ayat 4.[2][1][3] The letters, properly read from right to left (in Biblical Hebrew), are:

    BalasHapus
  63. BENARKAH YAHWEH ADALAH NAMA TUHAN ?
    Nama orisinal Tuhan bukanlah "Yahweh", tetapi "Allah"

    Penggunaan ayat-ayat dalam PL dan PB, sebagai bukti-bukti dalil, dilakukan jika tidak bertentangan dengan Al Qur'an. Karena muslim meyakini bahwa hanya Al Qur'an yang tetap dijaga originalitasnya karena merupakan wahyu terakhir bagi nabiyullah yang terakhir hingga akhir jaman.

    "Allah" berbeda dari bahasa Ibrani "Yahweh"!
    Bagaimana bisa sebuah nama dimulai dengan "The" (Yang)? Padahal kata "Yahweh" sendiri artinya adalah "Yang Abadi" ("The Eternal"), "Sang Penguasa" ("The Lord)", "Yang Disembah" ("The GOD") yang berarti juga "As-Samad" dalam bahasa Arab. Itu adalah sebuah gelar sebutan atau panggilan!
    "Yahweh" bahkan bukan gelar pertama Tuhan dalam Alkitab!
    Lalu mengapa Alkitab berbahasa Arab menggunakan kata "Allah" dan "Yahweh" untuk Tuhan?
    Mengapa Yesus memilih untuk mengatakan "Eloi" (yang berbahasa Aram) kepada orang-orang yang berbicara bahasa Ibrani?
    Artikel ini menunjukkan dari sumber Ibrani bahwa Kejadian 1:1 mengatakan "Allah". Ini terbukti dari sumber Ibrani dengan gambaran-gambaran bahwa Nama asli Suci Tuhan Yang Maha Kuasa memang "Allah".
    Kata Ibrani "Allaah" adalah kata yang paling dekat dengan "Allah" dan itu berarti Allah.



    "Allah" berbeda dari bahasa Ibrani "Yahweh"!

    Satu hal yang banyak orang Yahudi dan Kristen yang berbahasa non-Ibrani sering melakukan kesalahan adalah tentang nama Tuhan Yang Maha Kuasa dalam Alkitab. "Yahweh" dalam bahasa Ibrani berarti "The Lord" ("SANG Penguasa"). atau "The Eternal" (YANG Abadi) atau "Yang Disembah" ("The GOD"). Dan gelar-gelar atau sebutan-sebutan ini bukanlah nama. Mari kita lihat kutipan berikut dari sumber-sumber Kristen dan Yahudi:

    "Judaism teaches that while God's name exists in written form, it is too holy to be pronounced. The result has been that, over the last 2000 years, the correct pronunciation has been lost." (Mankind's Search for GOD, p. 225).

    "Yudaisme mengajarkan bahwa sementara nama Tuhan ada dalam bentuk tertulis, nama itu terlalu suci untuk diucapkan. Hasilnya adalah bahwa, selama 2000 tahun terakhir, pengucapan yang benar telah hilang" (Pencarian Manusia untuk Tuhan, hal 225).

    Di sini kita jelas melihat bahwa pengucapan untuk nama asli Tuhan telah hilang, dan orang-orang Yahudi tidak tahu apa pengucapan yang tepat dari Kitab Suci dan sumber-sumber daya mereka.


    "About 3,500 years ago, God spoke to Moses, saying: 'Thus shall you speak to the Israelites: The LORD [Hebrew: YHWH], the God of your fathers, the God of Abraham, the God of Isaac, and the God of Jacob, has sent me to you: This shall be My name forever, this My appellation for all eternity.' (Exodus 3:15; Psalm 135:13)" (Mankind's Search for GOD, p.225).

    "Sekitar 3.500 tahun yang lalu, Tuhan berbicara kepada Musa, mengatakan: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN [bahasa Ibrani: YHWH], Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku untuk selamanya '. (Keluaran 3:15; Mazmur 135:13) "(Pencarian Manusia bagi Tuhan, p.225).


    "....the four Hebrew consonants YHWH (Yahweh) that in their Latinized form have come to be known over the centuries in English as JEHOVAH." (Mankind's Search for GOD, p.225).

    ".... empat konsonan Ibrani YHWH (Yahweh) yang dalam bentuk Latinnya telah ada untuk diketahui selama berabad-abad dalam bahasa Inggris sebagai YEHUWA (JEHOVAH). "(Pencarian Manusia bagi ALLAH, p.225).


    BalasHapus
  64. LANJUTAN

    Ibrani Nama huruf Ejaan
    י Yodh "Y"
    ה He "H"
    ו Waw "W" atau tempat huruf hidup "O"/"U"
    ה He "H" (atau tidak dilafalkan bila di akhir kata)

    Menurut kamus Brown-Driver-Briggs Lexicon, ada dua versi penulisan YHWH; yang pertama: יְהֹוָה (Qr אֲדֹנָי) muncul 6,518 kali, dan kedua: יֱהֹוִה (Qr אֱלֹהִים) muncul 305 kali dalam Teks Masoret.

    Di Alkitab Ibrani muncul 6,823 times menurut Jewish Encyclopedia, dan 6,828 kali masing-masing di dalam Biblia Hebraica maupun Biblia Hebraica Stuttgartensia, yaitu teks kuno Alkitab Ibrani. Jumlah ini cukup menakjubkan jika dibandingkan dengan gelar Allah yang lain: Allah (2,605), Mahakuasa (48), Tuan (40), Pencipta (25), Khalik (7), Bapa (7), (Allah yang) Dari dulu kala (3) and Pembina Agung (2).


    Prasasti Mesha Stele dari Moab (840 SM) mengandung Nama Allah Ibrani – YHWH. Dianggap kutipan tertua di luar naskah Ibrani
    Penemuan gulungan laut mati dalam gua-gua di Qumran, menambah pengertian penggunaan kata ini [4]. Tulisan dalam gulungan ini tidak diberi tanda baca untuk huruf hidup. Dalam banyak gulungan, kata tetragrammaton selalu ditulis dalam huruf Ibrani kuno (Paleo-Hebrew alphabet), menunjukkan bahwa Nama ini diperlakukan khusus.[5].

    Hilangnya Tetragrammaton dalam Septuaginta[sunting | sunting sumber]
    Studi Septuaginta menunjukkan bahwa Nama Kudus ini ada dalam teks Ibrani yang mereka pakai sebagai dasar penterjemahan. Dr. Sidney Jellicoe menyimpulkan bahwa "Paul E. Kahle dengan tepat berpendapat bahwa teks LXX [= Septuaginta] ditulis oleh orang Yahudi untuk orang Yahudi, mempertahakan Nama Kudus dari bahasa Ibrani kuno (palaeo-Hebrew atau Aramaik) atau dalam salinan langsung huruf Yunani ΠΙΠΙ. Penggantian dengan Κύριος (Kyrios atau "Tuan") merupakan inovasi orang Kristen."[6] Jellicoe menyusun bukti dari sejumlah pakar lain (B. J. Roberts, Baudissin, Kahle and C.H. Roberts) dan berbagai bagian Septuaginta untuk menarik kesimpulan bahwa: a) tidak adanya pemakaian "Adonai" dalam teks menunjukkan istilah "Kyrios" baru dipakai kemudian, b) dalam Septuaginta "Kyrios", atau bahasa Inggris "Lord" (sama-sama berarti "Tuan"), digunakan untuk mengganti Nama YHWH, dan c) Tulisan Tetragrammaton muncul dalam naskah asli, tetapi penyalin Kristen tidak menyalinnya. Hal ini menyebabkan Tetragrammaton lambat laun hilang dari terjemahan-terjemahan Alkitab.

    Pakar dan penterjemah Alkitab pada abad-abad permulaan seperti Eusebius dan Hieronimus (=Jerome; penterjemah Alkitab Latin Vulgata) menggunakan Hexapla. Keduanya menyatakan pentingnya Nama Kudus dan bahwa naskah-naskah yang paling terpercaya mengandung Tetragrammaton dalam huruf-huruf Ibrani.

    Terjemahan ke dalam bahasa Eropa dari Septuaginta cenderung mengikuti kebiasaan Yunani dan menggunakan terjemahan kata "Tuan", misalnya: Latin "Dominus", Jerman "der Herr", Polandia "Pan", Inggris "the Lord", Perancis "le Seigneur", dan seterusnya.

    BalasHapus
  65. LANJUTAN

    Empat huruf ini biasanya ditransliterasi dari bahasa Ibrani sebagai IHVH dalam bahasa Latin, JHWH in bahasa Jerman, bahasa Perancis dan bahasa Belanda, serta JHVH/YHWH dalam bahasa Inggris. Sering juga ditulis sebagai "Yahweh" atau "Jehovah", berdasarkan bentuk Latin,[7] meksipun teks Ibrani tidak mencantumkan huruf-huruf hidup.

    Dalam terjemahan Inggris, kata "LORD", untuk YHWH, ditulis dengan small cap yaitu huruf kecilnya dicetak sebagai huruf besar dengan ukuran lebih kecil, mengikuti tradisi Yahudi yang mengucapkan pembacaan tulisan YHWH dengan kata "Adonai" ("Tuan") yang tidak berani menyebut langsung tulisan YHWH dan sebagai pelaksanaan Sepuluh Perintah Allah untuk tidak menyebut nama "Allah" dengan sia-sia. Kata "haŠem", (atau Ha-Shem, artinya "Nama itu") juga sering dipakai dalam tradisi Yahudi. Di tradisi Samaria diganti dengan istilah "Šemå" (atau "Shema").


    Dalam Naskah Papirus Magis Yahudi yang ditemukan di Mesir, tulisa Iave dan Iαβα (Yaba) sering dijumpai sebagai nama YHWH.[8] Salah satunya dalam bentuk heptagram ιαωουηε.[9][10]


    Untuk selengkapnya anda bisa baca sendiri di wikipedia tentang tetragramoton ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara hendharto
      Sememangnya saya tidak percaya 100% dengan Alkitab anda dan lihatlah peryataan anda itu juga di bantah ole saudara pencari kebenaran hakiki.

      Hapus
    2. tuh dah dah dijelasin sama mas pencari kebenaran hakiki ga malu masih mencatut nama allah

      Hapus
    3. Mas ableh bunglon nya ngeles trus dr td ciank ampek mlm gni hanya satu doank yg di jelaskan oleh bunglon. Itupun penjelasan nya salah lagi aduhhhhh capek deh

      Hapus
    4. yah begitu deeh.....hehehe

      Hapus
    5. Istirahat dulu mas ableh so dah mlm esok sambung lagi

      Hapus
    6. Istirahat dulu mas ableh so dah mlm esok sambung lagi

      Hapus
  66. sambungan BENARKAH YAHWEH ADALAH NAMA TUHAN

    ....the four Hebrew consonants YHWH (Yahweh) that in their Latinized form have come to be known over the centuries in English as JEHOVAH." (Mankind's Search for GOD, p.225).

    ".... empat konsonan Ibrani YHWH (Yahweh) yang dalam bentuk Latinnya telah ada untuk diketahui selama berabad-abad dalam bahasa Inggris sebagai YEHUWA (JEHOVAH). "(Pencarian Manusia bagi ALLAH, p.225).

    Jadi kata "YHWH" atau "Yahweh" atau "Yehuwa" (atau Jehovah dalam bahasa Inggris), BUKAN NAMA ASLI, namun gelar sebutan untuk Tuhan Yang Mahakuasa. Hal ini baik-baik saja, karena orang-orang Yahudi, Kristen dan Muslim memanggil kepada Tuhan sebagai "The Lord" atau "The God" (dalam bahasa Inggris), yang berarti "Yahweh" atau "Yehuwa" dalam bahasa Ibrani dan "Al-Rab" dalam bahasa Arab. "Al-Rab" dalam bahasa Arab dan "Yahweh" dalam bahasa Ibrani dan terjemahan-terjemahan lain dalam semua bahasa lain memanglah gelar sebutan Tuhan Yang Maha Kuasa. Tapi kesemuanya itu BUKAN Nama asli-Nya!

    Mari kita lihat Keluaran 3:15 and Mazmur 135:13 Al Kitab New International Version (NIV):

    "God also said to Moses, "Say to the Israelites, `The LORD [Notice that they didn't write Jehovah. "The LORD" in only a title], the God of your fathers--the God of Abraham, the God of Isaac and the God of Jacob--has sent me to you.' This is my name forever, the name by which I am to be remembered from generation to generation. (Keluaran 3:15 New International Version)"

    "Tuhan juga berfirman kepada Musa," Katakanlah kepada orang Israel: TUHAN [Perhatikan bahwa mereka tidak menulis Yahweh atau Jehovah. "TUHAN" adalah sebutan (title)], Allah nenek moyangmu - Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub - telah mengutus aku kepadamu '. Ini adalah nama-Ku selamanya, nama yang mana Aku diingat dari generasi ke generasi. (Dari Alkitab NIV, Keluaran 3:15) "

    "Your name, O LORD, endures forever, your renown, O LORD, through all generations. (Mazmur 135:13 New International Version)"

    "Nama Engkau, ya TUHAN, bahwasanya untuk selamanya, terkenal Anda, ya TUHAN, di semua generasi." (Dari Alkitab NIV, Mazmur 135:13)


    Jadi seperti yang kita jelas lihat dari Ayat-ayat di atas dari Alkitab NIV, nama asli Tuhan bukanlah "Yahweh". Gelar "The LORD" atau "The GOD" adalah sebuah gelar sebutan dan nama panggilan (jika Anda berkenan) yang kita katakan kepada Tuhan. Tapi "Yahweh" jelas BUKAN NAMA ASLI Tuhan.

    "Allah" di sisi lain adalah sebuah nama. Ini adalah nama Tuhan. Di bawah ini, Anda akan melihat bukti-bukti yang cukup dari bahasa Aram bahwa nama Tuhan Yang Maha Kuasa adalah "Allah".

    "Tuhan" dalam bahasa Arab dan bahasa Aram adalah sama, dan itu adalah "Allah".

    Yesus saw berbicara dalam bahasa Aram selama pelayanannya.

    "Allah" adalah Nama Tuhan, "Elaw" berarti "Tuhan" dalam bahasa Aram: Bagaimana mereka bisa sama?
    Saya membuktikan dengan jelas dari Noble Quran bahwa "Allah" berarti Tuhan Yang Maha Agung dalam bahasa Arab.


    Bagaimana bisa gelar sebutan yang dimulai dengan "Sang" atau "Yang" (atau "The" dalam bahasa Inggris) menjadi sebuah nama?

    Selain bukti-bukti yang jernih di atas tentang Yahweh atau Yehuwa (Jehovah dalam bahasa Inggris) yang adalah merupakan gelar sebutan (Keluaran 3:15) bagi Tuhan, bukan Nama Tuhan, saya ingin mengemukakan pertanyaan sederhana, dan menguji akal sehat secara sederhana:



    Jika saya sebut anda "si jenius" ("dalam bahasa Inggris the genius", atau contoh lainnya adalah "the man", "the hero" dan sejenisnya), apakah hal itu akan benar-benar membuat nama Anda adalah "si jenius" (atau nama anda menjadi "the hero" atau "the man")?

    BalasHapus
  67. sambungan BENERKAH YAHWEH ADALAH NAMA TUHAN
    Seorang Kristen baru-baru ini mengatakan bahwa dalam bahasa Ibrani, Yahweh tidak hanya berarti "Sang Penguasa" ("The LORD" dalam bahasa Inggris) atau "Yang Disembah" ("The GOD" dalam bahasa Inggris), tetapi juga berarti "Yang Abadi" ("The Eternal" dalam bahasa Inggris) menurut Kamus Baru Alkitab. Itu semua sempurna bagi saya.

    Yang Abadi, Yahweh atau Jehovah, berarti "As-Samad" dalam bahasa Arab. Allah SWT sendiri menyebut diri-Nya "Al-Samad" dalam Al Qur'an (QS. 112:2). Dan saya bersedia untuk memanggil Allah Yang Maha Kuasa mulai dari sekarang dengan sebutan "As-Samad" (Yahweh dalam bahasa Ibrani) dan bukan dengan "Allah SWT" (Nama Kudus-Nya) jika itu akan membuat orang Kristen memahami Islam dan menerimanya!

    Seberapa sulit untuk memahami bahwa sebuah gelar sebutan yang dimulai dengan "Yang" atau "Sang" (atau "The" dalam bahasa Inggris) bukanlah sebuah nama! Apalagi menjadi nama asli!

    Silahkan kunjungi: "Allah" adalah Nama ALLAH, "Elaw" berarti "TUHAN" dalam bahasa Aram: Bagaimana bisa sama? Saya buktikan dengan jelas dari Al Quran bahwa "Allah" berarti Tuhan Yang Maha Agung dalam bahasa Arab.


    "Yahweh" bukanlah hal pertama yang Tuhan tunjukkan mengenai diri-Nya dalam Alkitab!

    Beberapa orang Kristen masih bersikeras bahwa Nama asli Suci Tuhan adalah Yahweh. Mereka mengandalkan Keluaran 3:15 untuk membuktikan omong kosong ini. Saya sudah membuktikan dengan jelas di bagian atas bahwa "Yahweh" dalam Keluaran 3:15 itu hanya gelar atau sebutan dan bukan nama, dan Yahweh artinya adalah "Sang Penguasa" ("The LORD"), "Tuhan Yang Disembah" ("The GOD") dan "Yang Abadi" ("The Eternal"), menurut Kamus Baru Alkitab.

    Sekarang, mari kita asumsikan untuk pendapat yang kedua yakni yang mengatakan bahwa "Yahweh" adalah nama, yang benar-benar konyol, karena terjemahan bahasa Inggris dari kata "Yahweh" dimulai dengan "the". Karenanya hal ini tetap tidak membuktikan bahwa nama asli Tuhan adalah Yahweh! Keluaran 3:15 bahwa orang Kristen begitu angkuh untuk menggunakan apa-apa yang diturunkan kepada Nabi Musa saw. Jadi berapa tahun rentang waktu yang ada antara Adam dan Musa as? Mungkin ribuan! Jika tidak bahkan mungkin jutaan!

    Jadi menurut logika Kristen, Tuhan Yang Maha Kuasa itu tidak memiliki nama dari zaman Adam sampai zaman Musa di mana Dia, Yang Mahakuasa, konon akhirnya menemukan diri-Nya dan identitas-Nya. Benar? Salah! Itu semua omong kosong!

    Nama asli Kudus Allah Maha Kuasa adalah jelas "Allah" atau "Elaw"! Seperti saya katakan di atas, ketika Yesus saw diletakkan di atas kayu salib, dia berseru kepada Tuhan dan berkata "Eloi", yang berasal dari kata "Elaw" atau "Allah". Yesus tidak mengatakan "Yahwahoi"!

    Oleh karena itu, setiap orang Kristen yang memutuskan untuk bertindak keras kepala dan menolak fakta yang jelas yang mengatakan bahwasanya Nama asli Suci Tuhan Yang Maha Kuasa memang "Allah", karena takut bahwa hal itu justru akan membuktikan Islam sebagai agama Kebenaran, maka mereka bersalah karena telah berbuat dosa terhadap TUHAN Yang Mahakuasa dengan membedakan-bedakan antara "Yahweh" dan "Allah".


    Lalu mengapa Alkitab berbahasa Arab menggunakan kata-kata "Allah" dan "Yahweh" sebagai pengganti kata "Tuhan"?

    Seorang Kristen mengangkat pertanyaan ini: Mengapa Alkitab berbahasa Arab tetap menggunakan kata "Yahweh" untuk Tuhan, jika "Yahweh" bukanlah Nama asli Tuhan Yang Maha Kuasa?

    BalasHapus
  68. sambungan BENARKAH YAHWEH ADALAH NAMA TUHAN

    Yang pertama-tama untuk diklarifikasi adalah, Alkitab bahasa Arab menggunakan dua kata yakni "Allah" dan "Yahweh". Silahkan kunjungi artikel ini untuk melihat gambar dari Alkitab bahasa Arab yang menunjukkan penggunaan kata "Allah" bagi Tuhan. Juga penting untuk mengetahui bahwa "Yahweh" bukanlah bahasa Arab. Sama seperti "The Lord" juga bukanlah Arab Arab. Terjemahan tepat untuk "Yahweh" dalam Alkitab bahasa Arab harusnya adalah "As-Samad" untuk "Yang Abadi" ("The Eternal"), atau "Al-Rab" untuk "Sang Penguasa" ("The Lord"), tergantung pada kata yang mereka ingin pilih, karena Yahweh berarti keduanya ("As-Samad" dan "Al-Rab").

    Jadi jika mereka memasukkan kata "Yahweh" dalam Alkitab bahasa Arab maka hal tersebut adalah suatu perbuatan bodoh yang berkontradiksi pada Al Kitab itu sendiri, karena jika Anda memilih untuk memanggil Tuhan dengan gelar sebutan "Yahweh" dalam Al Kitab berbahasa Arab (dan hal tersebut merupakan pemaksaan penggunaan kata Ibrani ke dalam bahasa Arab), maka Anda tidak bisa menyebut-Nya dengan "Allah" pada saat yang sama dalam Al Kitab yang sama! Sebaliknya, memanggil Tuhan dengan kata-kata "As-Samad" atau "Al-Rab" (dalam Al Kitab berbahasa Arab tersebut) sebagai gelar sebutan bagi Yahweh (jika Yahweh dianggap sebagai nama Tuhan) adalah hal yang berbeda dan dapat diterima karena tidak ada kontradiksi dalam hal ini. Kontradiksi terjadi saat digunakannya baik kata Yahweh dan Allah dalam satu Al Kitab yang sama, karena hal tersebut berarti ada dua Tuhan dengan nama yang berbeda!

    Jadi tanggapan saya adalah: para teolog Arab, yang berperan dalam penulisan Al Kitab dalam bahasa Arab, membutuhkan pelajaran dasar dalam bahasa Arab dan Ibrani!

    Tambahan dari saudara Yusuf; semoga Allah SWT selalu meridhainya:

    "Edisi terbaru oleh International Bible Society dimulai dengan "fi al-Bid'i khalaqa al-samawati ALLAH wal-ardha" Kata normal untuk Tuhan, apalagi, adalah "Allah"., Dalam dialek Kristen Arab serta dalam dialek Yahudi.

    "(Saudara Yusuf menceritakan seorang Kristen) Siapa bilang bukan kita?" Kamu katakan bahwa "Allah" bukanlah kata untuk Tuhan dalam Alkitab. Dimulai tepat pada awal dan terus berlanjut selama. Dan kemudian Anda pilih satu ayat, mengabaikan ayat-ayat lainnya Alkitab, PL serta PB. Ayat yang Anda kutip juga diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Yahweh, bukan Tuhan; jadi apa maksud Anda? Kami berbicara tentang penunjukan normal untuk satu Tuhan Yang Benar?

    Anda kembali mengabaikan fakta bahwa ini juga terjadi dalam dialek Kristen Arab dan Yahudi Arab. Hal ini juga terjadi dalam liturgi Kristen, seperti misalnya dalam liturgi Maronit. Apa lagi yang kau inginkan? Tuhan adalah Allah, Allah adalah Tuhan, dan Allah harus diterjemahkan, tidak hanya secara harfiah".

    Untuk lebih membuktikan poin saya, mari kita lihat Kejadian 2:4:

    "This is the account of the heavens and the earth when they were created. When the LORD God made the earth and the heavens- (From the NIV Bible, Genesis 2:4)"

    "Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit," (Keluaran 2:4 Injil New International Version)

    Sehingga Anda dapat melihat dengan jelas, "Yahweh" jelas sebuah gelar sebutan yang berarti "TUHAN" dan bukan Nama Tuhan.



    Mengapa Yesus memilih untuk mengatakan "Eloi" bahasa Aram kepada orang-orang yang berbicara bahasa Ibrani?

    BalasHapus
  69. sambungan BENARKAH YAHWEH ADALAH NAMA TUHAN

    Mengapa Yesus mengesampingkan bahasa Ibrani dan berbicara "Eloi" (bahasa Aram) meskipun fakta bahwa orang-orang di sekelilingnya adalah Yahudi yang berbicara bahasa Ibrani? Karena Yesus saw tahu bahwa Nama Suci Tuhan Yang Maha Kuasa adalah Allah, dan Eloi (Tuhanku atau my God) adalah berasal dari kata Allah (Elaw dalam bahasa Aram). Ibrani "Yahweh" ("The Lord" atau "The God") adalah gelar Tuhan yang diwajibkan bagi orang Yahudi saja. Seperti ditunjukkan dalam bagian pertama dari artikel, orang-orang Yahudi karena ketidakmampuan mereka untuk mengucapkan Nama Suci Allah Yang Maha Kuasa dengan benar, diperintahkan oleh Tuhan untuk memanggil-Nya sebagai "The Lord" ("Sang Penguasa"):

    "Yudaisme mengajarkan bahwa sementara nama Allah ada dalam bentuk tertulis, itu terlalu suci untuk diucapkan. Hasilnya adalah bahwa, selama 2000 tahun terakhir, pengucapan yang benar telah hilang.." (Pencarian Manusia untuk Allah, hal 225).

    Di sini kita jelas melihat bahwa pengucapan untuk nama asli Tuhan telah hilang, dan orang-orang Yahudi tidak tahu apa pengucapan yang tepat dari Kitab Suci dan sumber-sumber lain milik mereka.

    Tapi alasan mengapa Yesus memanggil Tuhan dengan sebutan-Nya dalam bahasa Aram, terlepas dari fakta bahwa setiap orang saat itu berbicara bahasa Ibrani dan Hukum Yahudi ditulis dalam bahasa Ibrani adalah karena Yesus ingin memanggil Tuhan dalam bentuk Tertinggi dan Paling Sempurna: Nama-Nya!

    Menyebut Tuhan sebagai "The LORD" atau yang berarti "Yahweh" tentunya hanya tepat untuk orang-orang yang berbicara bahasa Ibrani, orang-orang Yahudi, tetapi tidak untuk bangsa-bangsa dan semua orang non-Yahudi dan generasi setelah itu.


    Kata bahasa Ibrani "Allaah" adalah kata yang paling dekat dengan kata bahasa Arab "Allah" dan itu berarti Allah

    Berikut ini diberikan kepada saya oleh Denis; semoga Allah SWT membimbing dia ke Islam.

    Kata Ibrani yang paling dekat dengan bahasa Arab Allaah (alif-lam-lam-ha) akan menjadi kata Allah dalam bahasa Ibrani (Alef-vovnik-vovnik-heh), yang mana digunakan oleh Muslim yang berbicara dengan bahasa Ibrani, dan telah digunakan oleh Yahudi Arab. Sebagai contoh, kata Bismillaah adalah Bshem Allah dalam bahasa Ibrani. Itu adalah kata Ibrani yang memiliki kemungkinan paling dekat dengan kata Allah dalam bahasa Arab. Ini adalah kata yang persis sama, dan telah menjadi bagian dari bahasa Ibrani setidaknya selama 15 abad (meskipun saya mengakui itu hampir pasti diadopsi dari bahasa Arab).


    Wallahu 'alam (and Allah knows best!)

    ISLAM SIAP MENJAWAB PERTANYAAN ANDA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam knl saudara ku dan terimakasih atas bantuan nya, semoga Allah sentiasa melindungi kita semua amiiiiinnnn

      Hapus
    2. Salam knl saudara ku dan terimakasih atas bantuan nya, semoga Allah sentiasa melindungi kita semua amiiiiinnnn

      Hapus
  70. salam kenal kembali saudara ku, mari sama2 berdoa semoga allah tidak menyesatkan kita , amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok akan saya Jelaskan, Pertama-tama Suadara Harus Pahami yang satu ini dulu, baik saudara ternyata kalau Kita mau meneliti di Al-Quran dan Hadits pun ada sebutan 3 Pihak, Allah, Kalimatullah (Firman Allah) dan Rohullah ( Roh Allah) ;
      - Isa itu Rohullah atau Roh Allah (Al Anbiyaa' ayat 91 atau Qs 21:91, Qs 66:12, Qs 19:17, Qs 4:171)
      - Isa itu Kalimatullah atau Firman Allah (Ali ‘Imran : 45 atau Qs 3:45, Qs 4:171).
      - Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan firman-Nya (Hadits Bukhari 1496, Hadits Anas bin Malik hal 72) “Isa faa innahu Rohulullah Wa kalimatuhu"
      Pertanyaannya Sekarang apakah KE TIGA PIHAK ITU ; ALLAH, KALIMATULLAH DAN ROHULLOH Adalah ke 3 (tiga) pribadi yang berdiri-sendiri atau Ketiga Pihak yang Berbeda?? TENTU SAJA TIDAK KARENA KETIGA PIHAK Tersebut adalah SATU-KESATUAN YANG ESA, Karena Kalimatulloh dan Rohulloh adalah Bagian Pribadi milik Allah, Allah Menciptakan segala sesuatunya dengan Kalimatullah (firman Allah) dan Roh Allah yang selalu Menyertai kita, yang menyatakan Pekerjaannya dan Ajarannya, Jadi Firman Allah dan Roh Allah itu Merupakan Satu-kesatuan Yang Esa di dalam Allah, Jadi Kalimatullah/Firman Allah dan Rohullah itu tidak diciptakan tetapi Sudah ada sejak dulu dan Kekal bersama-sama dengan Allah karena merupakan Ucapan/kalam Allah Itu sendiri dan Rohnya Allah itu Sendiri. * Yohanes 1:1
      1:1 LAI TB, Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Kemudian Firman itu Menjadi Daging atau telah Menjadi Manusia dan diam diantara kita, ( Yohanes 1:14), Jadi Firman itu telah mengambil Rupa menjadi Manusia Yaitu Isa Almasih/Yesus, maka Dari itu Isa Almasih disebut Kalimatullah dan Rohullah yang mana itu adalah Allah itu Sendiri Di dalam tubuh manusia Isa Almasih, Yohanes 14:10; Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, m  tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Jadi Keilahian Isa/Yesus sbg kalimatullah/Firman Allah Tidak menjadikan Allah menjadi 2 (Dua) karena Keilahian Isa/Yesus Ada Di Dalam Allah tidak terpisahkan!!, Kemudian Keilahian Isa/Yesus sebagai Rohullah/Rohnya Allah Tidak Menjadikan Allah Menjadi 3 (Tiga) Karena Keilahiannya ada Di Dalam Allah Tidak Terpisahkan!!
      Jadi Karena Isa/Yesus Sbg Kalimatullah/Firman Allah dan Rohullah Satu Dengan Allah Maka Firman itu Tidak bisa dilepaskan Dari Diri Allah, Jadi Inilah Inti dari Tauhid atau Ke Esaan Allah yang Sejati Dan Benar, Yaitu Tritunnggal Allah Yang Esa (Kalimatullah dan Rohullah itu adalah Allah itu sendiri) Kemudian ISa/Yesus dalam Matius :Telah Diberikan Kuasa atas Di Bumi dan Disorga, kita juga bisa Melihat Qs 3:45 Isa Almasih Yang terkemuka di Dunia dan Di Akhirat, berarti yang terdepan,tidak ada lagi yang lainnya, Itulah Penjelasan dari saya semoga bisa Menjadi Pencerahan, sebenarnya masih banyak lagi yang harus dijelaskan,tapi Sementara Cukup itu.

      Hapus
    2. Martin

      Wahwah...... Teori mana lagi ini yg tritunggal dalam al Quran. Loe itu klau mengartikan ayat al Quran jangan seenaknya sendiri ya.... Lihat" dong mana dalilnya dalam al Quran bahwa Nabi Isa itu adalah Tuhan dan suruhan untuk menyembahnya. Yg ada ma dia hanya seorang rosul Allah bukan Allah. Klau anda kaum kristen mempercayai ayat al Quran bermakna anda juga mempercayai bahwa yg di salib itu bukan Yesus, dan al Quran Yesus hanya utusan sebagai rasul pembawa kitab Injil.

      Hapus
    3. Begini bro Martin yah, kau kudu tau kita2 yang ada disini bisa idup lantaran dikasih “Roh” oleh Allah Ta’ala sejak kita2 ini masih berbentuk janin usia 4 bulan didalam kandungan ibu kita dulu yu know. Dan sesungguhnya semuah Roh diciptain Allah SWT bahkan jauuuh sebelom kita2 ini lahir kedunia ini.

      So, kalo Nabi AS/Yesus disebut Roh Allah atau Rohullah sebetulnya menerangkan bahwa beliau itu diciptakan Tuhannya dengan kekhususan tersendiri yang merupakan suatu “mukjijat” yaitu tanpa proses normal manusia biasa melalui hubungan suami isrri ... melainkan diciptakan langsung atas kehendak Allah SWT melalui kalimat / firman-NYA : “KUN !” yg berarti “JADILAH !” maka jadilah ia menjadi manusia.

      Jelasnya beliau Yesus bukanlah Tuhan, melainkan sekedar manusia mahluk ciptaan Tuhan kaya kita2 ini. Dan Tuhan yang menciptakan Yesus adalah ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA yang sama sekali tiada yang bisa disetarakan dengan-NYA.
      smoga mencerahkan oke

      Hapus
    4. Dede#Allah kami Allah Israel,Allah yg menyertai Abraham,Ishak,Yakub,Daniel,Musa.
      Gak ada Allah Arab,Allah Ismael,Allah muhamad.
      Kenapa......?karna keturunan Ismael TIDAK DI PERKENANKAN IKUT SERTA DALAM RANCANGAN ALLAH.
      Semuanya adalah dari keturunan Ishak dan dari bangsa Israel.

      Hapus
  71. Benar Kata Saudara, Jadi Yesus secara fisik Manusianya adalah Utusan Allah, Tetapi Yesus Secara Kalimatullah/Firman Allah dan Yesus secara Rohulloh/Rohnya Allah yang ada di dalam Yesus itu adalah Allah itu Sendiri, saya bukan berteori dan tidak membutuhkan Dalil dari Al-Quran,Saya cuman ingin menunjukan bahwa di Al-Quran dan Hadits yang sudah saya sebutkan diatas di artikel saya sebelumnya bahwa Yesus digelari Kalimatullah/Firman Allah/perkataan Allah dan Rohullah/Rohnya Allah, apakah Saudara dapat dipisahkan dengan Perkataan atau Ucapan Saudara, dan apakah Saudara skrg dapat dipisahkan dari roh saudara, Tentu tidak bukan, Skrg saya mau Tanyak, apakah Kalimatullah/Firman Allah yang merupakan Perkataan Allah dan Rohullah/Rohnya Allah itu Berdiri sendiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan Allah??? Bagaimana Sudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana cara berfikir anda jika perkataan Allah bisa anda simpulkan dengan orang yang Allah bicarakan. Logikanya ; jika saya menyuruh anda makan, trus siapa yg merasa perutnya kenyang. Saya atau anda.

      Hapus
    2. Sejak mulai kapan anda menganggap Yesus itu adalah Manusia dan Yesus adalah Tuhan.

      Hapus
  72. Selain pertanyaan saya diatas tolong dijawab, Anda dan Umat Islam kebanyakan tidak percaya Bahwa Isa/Yesus Yesus/Isa Almasih ITU TIDAK MATI dan BANGKIT Kembali, tetapi langsung Naik ke Sorga, skrg coba kita Lihat Ayat di Al Quran :Walau Qs 19:33 berkata, “ Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku [Isa Al-Masih], pada hari aku DILAHIRKAN, pada hari aku [Isa Al-Masih] MENINGGAL dan pada hari aku [Isa Al-Masih] DIBANGKITKAN hidup kembali. Coba itu Lihat Ayat Alquran sendiri mengatakan Isa Almasih Meninggal dan dibangkitkan Hidup Kembali, cuman kebenarannya yang disembunyikan dengan Doktrin dan SAYANGNYA ayat ALQURAN ini tidak dapat mengubah doktrin Mukmin yang sudah terlanjur menolak kematian Isa Al-Masih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya anda itu klau mengutip ayat al Quran itu jangan sepotong potong biar anda paham dengan isi dari ayat tersebut. Nie q tunjukin ama anda biar anda paham bahwa sesungguhnya Yesus itu tidak mati di tiang salib.

      (Qs 19:30-36)
      30)
      Berkata Isa ; "" Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab ( injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.
      31)
      dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati dimana saya aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku ( mendirikan) shalat dan ( menunaikan) zakat selama aku hidup.
      32)
      dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
      33)
      Dan kesejahteraan semoga di limpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku di bangkitkan hidup kembali.
      34)
      Itulah Isa putra Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarann
      kebenaranya.
      35)
      Tiada layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya, "" Jadilah """ maka jadilah ia.
      36)
      Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia oleh kamu sekalian. ini adalah jalan yang lurus.


      Nahh,,,, sekarang bisa anda lihat ayat" di atas, Apakah ada ayat yg menunjukkan bahwa Isa mati di tiang salib dan dia dibangkitkan kembali!!!.....

      Pada hakikatnya semua manusia itu mengalami 3 fase, yaitu ; kelahiran - kematian - kebangkitan. Seperti firman Allah ini;
      Qs 7:25
      "" Allah berfirman ; "" Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan"""

      Dr ayat tersebut kita bisa melihat, bahwa Isa di lahirkan di bumi dan kelak dia akan di bangkitkan dari bumi pula pada saat penghakiman, antara Pahala dan dosa yg memisahkan antara Surga dan Neraka.

      Dan anda bisa melihat ayat" al Quran yg menyatakan bahwa kelak Isa akan turun lagi ke bumi dan membunuh Dajjal dan kelak beliau akan wafat di umur 40 tahun.

      Hapus
    2. Keling#muhamad adalah nabi palsu......kenapa....?
      Karna keturunan Ismael TIDAK DI PERKENANKAN BERPERAN SERTA DALAM RANCANGAN ALLAH.
      Hanya keturunan Ishaklah yg berperan serta dalam rancangan Allah...maka itu kita menyebut Allah Israel,Allah yg menyertai Abraham,Ishak,Yakub,Daniel,Musa.
      Gak ada tuh Allah Arab,Allah ismael,Allah muhamad.
      Klo ada diluar garis keturunan Ishak dan dari luar bangsa Israel adalah NABI PALSU....KITABNYAPUN PALSU.

      Hapus
    3. Anda bilang kalau keturunan Nabi Ismael tidak berperan dalam rancangan Allah ____.......

      Sekarang yg q tanyain ama loe,,,, RANCANGAN ALLAH ITU APA?????....__________

      Sedangkan dalam Alkitab loe juga tahu sendiri, bahwa Allah sendiri juga mengakui bahwa Nabi Ismael juga anak Ibrahim yg di nabuatkan keturunannya menjadi bangsa" yg besar. Apa loe gc membaca itu?????..,

      Hapus
  73. Kan saya sudah jelaskan perkataan Allah itu adalah Firman Allah/kalimatullah itu sudah menjelma menjadi Manusia,dan firman allah itu adalah Allah itu sendiri, itu lah KemahaKuasaan Allah,jangan diukur oleh Logika, Theologia itu bukan matematika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong tunjukan ayat kitab manapun yg menyatakan ; """Allah menjelma menjadi Manusia """

      Jikalau Tuhan menjelma jd manusia, maka beliau akan menjadi seorang yg SUPER DR SEGALA CIPTAAN-NYA yg jelas Dia tidak lemah, seperti yg anda fikirkan itu.

      Dan perlu anda kthui, dalam Alkitab anda sendiri pun menyatakan bahwa Tuhan itu tidak dapat di lihat oleh manusia, dan manusia memang tidak dapat melihatnya. Dan klau pun ada kaum anda yg mengatakan bahwa Tuhan itu dapat dilihat. Tolong tunjukkan, Tuhan itu Lelaki apa Perempuan. Jika laki-laki apakah udah disunat????.... Jika perempuan apakah dia sudah haid????.....

      Hapus
    2. Banyak bukti menunjukkan yesus adalah buatan pendongeng paulus, dengan berbagai hasil studi sejarah :

      1. Dianggap Tuhan atau Dewa
      -Yesus —> Tuhan Kristen
      -Mithra —> Dewa Persia Kuno
      -Osiris —> Dewa Mesir Kuno
      -Baachus —> Tuhan Yunani Kuno

      2. Tanggal Kelahiran
      -Yesus —> Tanggal 25 Desember

      -Mithra —> Tanggal 25 Desember
      -Osiris —> Tanggal 25 Desember
      -Baachus —> Tanggal 25 Desember

      3. Pengharapan orang
      -Yesus —> Mesias yg ditunggu
      -Mithra —> Perantara yg ditunggu
      -Osiris —> Pembebas yg ditunggu
      -Baachus —> Pembebas yg ditunggu

      4. Lahir dari Ibu Perawan
      -Yesus —> Seorang perawan Maria
      -Mithra —> Seorang perawan Aishev
      -Osiris —> Seorang perawan Naeith
      -Baachus —> Seorang perawan Demeter

      5. Kematian
      -Yesus —> Mati Disalib
      -Mithra —> Mati Dibunuh
      -Osiris —> Mati Dibunuh
      -Baachus —> Mati Dibunuh

      6. Tujuan Kematian

      -Yesus -> Menebus dosa manusia
      -Mithra -> Menebus dosa manusia
      -Osiris -> Menebus dosa manusia
      -Baachus -> Menebus dosa manusia

      7. Kebangkitan
      -Yesus -> 3 hari dr penyaliban
      -Mithra -> 3 hari dr pembunuhan
      -Osiris -> 2 hari 3 malam dari pembunuhan
      -Baachus -> 3 hari dari pembunuhan

      8. Triteisme
      -Yesus -> Oknum dr Trinitas (Anak,Bapa,Roh Kudus)
      -Mithra -> Oknum dr Tridewa (Mitra,Ahirman,Ohrzmad)
      -Osiris -> Oknum dr Tridewa (Osiris,Isis,Horus)
      -Baachus -> Oknum dr Tridewa (Baachus,Apolos,Yupiter)

      9. Kedatangan kedua kali ke dunia
      -Yesus -> Menjelang kiamat
      -Mithra -> Menjelang kiamat
      -Osiris -> Menjelang kiamat
      -Baachus -> Menjelang kiamat

      10 Yang mengunjungi setelah kelahiran.

      -Yesus-> orang bijak.
      -mithra-> orang bijak.
      -osiris-> orang bijak.
      -krishna->orang bijak

      11 Jumlah murid.
      -yesus->12 murid.
      -mithra-> 12 murid.
      -osiris ->12 murid

      12 Pembaptisan.
      Kristen->dg air suci.
      P.mithra->dg air suci.
      P.osiris->dg air suci.
      P.atiis->dg air suci.

      13 Cara pembaptisan.
      -kristen->dulu awalnya telanjang ketika mereka dibaptis. Setelah pencelupan, mereka lalu mengenakan pakaian putih dan mahkota. Mereka membawa lilin dan berjalan dalam sebuah prosesi ke basilika.

      -Pengikut Mithra-> juga dibaptis telanjang, mengenakan pakaian putih dan mahkota, dan berjalan dalam prosesi ke kuil. Namun,mereka membawa obor.

      14 Tujuan memakan roti dan minum anggur.

      Kristen->sbg perlambang daging dan darah Tuhan.
      P.dionyius->sbg perlambang daging dan darah Tuhan.
      P. osiris->sbg perlambang daging dan darah Tuhan.
      15 Lambang.
      Kristen->salib.
      Osiris->salib.

      16 yang digunakan dalam upacara merayakan kelahiran

      kristen->pohon.
      Mithra->pohon.
      Osiris->pohon



      20 julukan dan nama.
      Yesus->lamb of god lahir musim dingin (anak tuhan)
      Apollo->lamb of god lahir musim dingin (anak zeus).
      Kristen->maria and son.
      Osiris->isis and son.

      21 parkataan.
      Yesus->" Kecuali kamu makan daging Anak Manusia, dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup dalam diri Anda. Barang siapa makan dagingku, dan minum darah-Ku, Dialah yang kekal hidup; dan Aku akan membangkitkan dia sampai pada hari terakhir. "Yohanes 6:53 — 54,

      Mithra->"Orang yang tidak mau makan dari tubuhku dan minum darahku, sehingga ia akan dibuat dengan saya dan saya dengan dia, yang sama tidak akan tahu keselamatan."

      Hapus
    3. ini bukan hasil penelitian orang Islam namu para sejarawan barat yang menemukan hal tersebut. Renungkanlah bahwa doktrin dan dogma yang anda terima hanya menyesatkan anda dan anda tetap menjadi domba yang tersesat.

      Itulah alasan kristen mempertahankan tgl 25 desember sebagai natal, anda dibodohi untuk menyembah dewa beserta cerita2 lain. Namun adalah hak anda untuk tetap pada keyakinan sekarang. Bukan hanya yesus yang rela mati demi umatnya, khrisna, horus, mithra juga sama apa anda mau anggap mereka tuhan saja.

      Suatu ketika anda diminta menyebrang sebuah jembatan kecil dan hanya ada tali untuk menahan keseimbangan. ada orang yang bilang "sudah menyebrang saja tidak perlu pegangan tali, jembatan ini sudah saya beri tumbal sebagai jaminan keselamatanmu", satu orang lagi berpesan "hati-hati dalam menyebrang, jangan gegabah atau buru2, manfaatkan tali itu untuk memudahkanmu" kira2 mana yang akan anda turuti.

      Hidup anda cuma sekali, jangan gegabah dalam menentukan pilihan. Jangan terpedaya oleh janji semu. berbagai kajian keilmuan telah membuktikan betapa rapuhnya alkitab anda. Jangan menutup mata, menutup telinga dan menutup hati, bukalah mata anda lebar2, bukalah telinga untuk mendengarkan dan hati untuk memilih.

      Islam adalah agama bagi manusia yang mau belajar dan berpikir, silahkan gali apa itu Islam.. Jangan hanya melihat orang Islam (muslim), Islam adalah sempurna sementara muslim jauh dari kesempurnaan karena masih terpedaya oleh hasutan iblis. Semua anak dilahirkan Islam namun iblis menjerumuskannya, seperti ia menjerumuskan adam dan hawa.

      Hapus
  74. Halo Saudara Kelling Coba Anda Simak Kembali Tulisan dan Baca baik2 tulisan Saya tentang Mengutip Qs 19:33 disana saya Menuliskan tentang Konteksnya dari Qs 19:33 saya Menuliskan Bahwa Umat Islam tidak Percaya Kalau Isa itu Mati dan Bangkit Kembali tetapi Lansung Naik Ke Surga, Saya dalam menganalisa Ayat Tersebut Saya Tidak Pernah Mengatakan Bahwa Isa Mati dikayu Salib, Saya Hanya Ingin Menunjukan Kepada Anda Bahwa Isa itu ternyata Mati dan Bangkit Kembali dan ada Ayatnya Qs 19:33, jadi dalam konteks ayat tersebut saya tidak pernah mengatakan Isa Mati di kayu salib, Jadi Maksudnya Intinya Umat Islam tidak Percaya Isa Mati dan Bangkit kembali Tapi langsung naik Kesorga,tapi Qs 19:33 sudah sangat jelas Lah tidak mengatakan Seperti Itu, Anda bisa baca Sendiri ayatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemudian Saudara Mengutip Qs 7:25 ; "" Allah berfirman ; "" Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan""". Dan berdasarkan ayat tersebut diatas Saudara Menjelaskan Bahwa Isa dilahirkan Di Bumi dan kelak Isa akan dibangkitkan di Bumi untuk menjadi Hakim Pada Hari Penghakiman. Ok Hari penghakiman itu terjadi nanti pada Akhir Zaman atau Hari Kiamat, Nah Pertanyaannya Pada Hari itu Isa akan dibangkitkan Di Bumi, Sekarang Apakah Isa Almasih itu Jasad dan Kuburannya ada Di Bumi ini seperti Nabi2 Lainnya,termasuk Nabi Anda, Sehingga Isa Perlu Dibangkitkan di Bumi, Padahal Ayat di Al-Quran ada mengatakan Isa Sudah Naik Ke Sorga dan kejadiannya jauh sebelum Nabi Anda ada dan Islam Ada, dan sampai Sekarang Pun Di Sorga dan Nantinya akan Datang sebagai Hakim pada Hari Kiamat (Akhir Zaman), Ayat Qs 7:25 Jadi ayat itu Sebenarnya ditujukan Untuk Anda dan Saya yang nantinya Pada Hari Penghakiman akan Dibangkitkan Kembali (apabila sudah mati) untuk menerima penghakiman dari Hakim yang Adil Isa Almasih.Lagi pula di Ayat tersebut diatas penunjukan dengan kata Kamu,tidak Jelas? Coba Cek sepanjang Ayat Di Al-Quran kalau setiap ayat yang ditujukan kepada Pribadi Isa Almasih tidak Pernah menggunakan Kata Kamu, Selalu Ditulis Nama dari Isa Almasih meskipun terkadang Hanya dalam Kurung, Ok makasih

      Hapus
    2. Anda bilang klau Nabi Isa mati dan di bangkitkan trus naik ke surga gtu kan,,,,,, jadi pertanyaan dari saya;
      * semenjak kapan Nabi Isa mati dan dihidupkan kembali dan naik ke surga????....

      Hapus
  75. Jadi Dimanakah Jasad dan Kuburannya Isa Almasih Di Bumi Ini? Tentu tidak ada,Krn Isa Di Sorga,jadi Tidak Perlu dibangkitkan dari Bumi Ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. "dan karena ucapan mereka:` Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putera Maryam, Rasul Allah, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. 4:157-158)

      Orang yahudi menganggap bahwa mereka telah berhasil membunuh nabi Isa, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya. Melainkan yg mereka bunuh ialah orang yg diserupakan dengan nabi Isa. Dan mereka hanya mengikuti prasangka-prasangka mereka belaka. Karna yg sebenarnya ialah Allah telah mengangkat nabi Isa kepadaNya.

      Lalu umat kristen menyodorkan ayat-ayat Alquran yg dianggapnya kontradiksi dengan kisah tersebut. Ayat yg mereka berikan adalah sebagai berikut.



      "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali `" (QS. 19:33)

      Coba perhatikan kata "Semoga" diatas, ayat tersebut mengisahkan tentang permohonan atau doa nabi Isa kepada Allah agar Beliau dimuliakan dan disejahterakan oleh Allah sejak Beliau dilahirkan, wafat dan dibangkitkan. Apakah jika kalian mendengar seseorang sedang berdoa demikian itu berarti ia telah meninggal? Tentu TIDAK! Saya rasa hal semacam ini sangat mudah dimengerti dan dipahami.

      "Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu:` Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu `, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu." (QS. 5:117)

      Dalam ayat tersebut nabi Isa memberi saksi kepada Allah bahwa Beliau tidak pernah menyuruh umatnya untuk menuhankan Beliau dan juga Maryam ibunya. Dan Beliau berkata bahwa setelah Allah mewafatkan Beliau, maka Allah akan menguasai mereka. Lalu ada kristen yg menanyakan, apakah sebelum nabi Isa wafat, Allah tidak berkuasa terhadap mereka? Tentu TIDAK! Ayat diatas merujuk pada kedatangan nabi Isa untuk yg kedua kalianya ke dunia, pada kedatangannya yg kedua, Beliau akan menunjukkan jalan yg lurus, bagi umat manusia yg tersesat dan menuhankan Beliau. Dan setelah tugas kenabiannya selesei dan Allah mewafatkan Beliau, maka Allah berkuasa untuk menghakimi setiap umat yg telah diberi peringatan oleh Beliau. Kuasa Allah yg dimaksud oleh nabi Isa diatas adalah ntang penghakiman diakhir zaman. Karna pada akhir zaman semua umat manusia akan dikumpulkan disuatu tempat untuk dihakimi menurut perbuatannya masing-masing.

      "Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. 21:34-35)

      Orang kristen menyodorkan ayat tersebut sebagai pembenaran bahwa nabi Isa telah wafat karna tidak ada manusia yg abadi dan semua pasti akan mati, termasuk nabi Isa. Kami umat Islam memang mengimani hal itu, dan nabi Isa tidaklah hidup abadi, Beliau akan wafat setelah kedatangannya ke dunia untuk kedua kalinya nanti.

      Hapus
    2. "(Ingatlah), ketika Allah berfirman: `Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya`." (QS. 3:55)

      Ayat ini juga sama, seperti di point ke 2 diatas, hal itu terjadi pada akhir zaman. Dimana akan banyak manusia yg mengikuti ajaran nabi Isa yg lurus, yg telah lama dibengkokkan oleh orang kristen yg menuhankannya. Mereka yg mau mengikuti nabi Isa, Allah akan hapuskan dosa-dosanya dan mengangat derajat mereka diatas orang-orang yg kafir. Dan perlu diingat, bahwa pengikut ajaran nabi Isa sampai saat ini adalah kami umat Islam, bukan kristen. Karna nabi Isa tidak pernah mengajarkan umatnya untuk menuhankan Beliau, melainkan hanya memposisikan dirinya sebagai nabi utusan Allah. Dan kamilah umat Islam yg mengikuti ajaran tersebut.

      "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;" (QS. 19:31)

      Orang kristen menanyakan mengenai ayat diatas demikian, "jika nabi Isa sampai saat ini masih hidup, apakah Beliau sekarang menunaikan zakat?" Tentu TIDAK! Beliau saat ini masih hidup dan berada di langit. Ayat diatas koteksnya adalah pada saat beliau di bumi, bukan di langit. Allah memberi ketetapan pada nabi-nabiNya saat mereka di dunia. Sebagai perbandingan, coba perhatikan dalil bible berikut ini.

      Keluaran 12:17 Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.

      Apakah ketetapan tersebut juga berlaku saat manusua berada di surga? Apakah disurga ada hari raya roti? Begitu juga ketetapan Allah untuk setiap manusia yg harus disunat. Ketetapan tersebut juga dikatakan KEKAL. Lalu apakah ketetapan tersebut juga berlaku di surga? Apakah menurut iman kristen, manusia akan beranak pinak di surga dan disunatkan? Tentu TIDAK!

      "Allah berfirman:` Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan." (QS. 7:25)

      Orang kristen beranggapan bahwa orang mati dan bangkit dari kematian itu di bumi, bukan di langit. Padahal jika ayat tersebut dialamatkan pada nabi Isa, tidak berpengaruh apa-apa. Karna memang nabi Isa belum wafat saat Beliau diangkat ke surga. Beliau masih hidup, belum wafat dan dibangkitkan. Beliau akan wafat dan dibangkitkan di bumi pada saat beliau datang untuk kedua kalinya kedunia

      Dan inilah hadits tentang kisah kedatangan nabi Isa ke dunia untuk kedua kalinya sampai akhirnya Beliau wafat.

      Rasulullah SAW bersabda :“Pada masa beliau, Allah akan membinasakan semua agama selain Islam, Isa akan membunuh Dajjal, dan beliau akan tinggal di muka bumi selama empat puluh tahun. Setelah itu ia meninggal dan kaum muslimin menshalatinya.” (HR. Abu Daud no. 4324 dan Ahmad 2/437)

      Hapus
  76. Mas Martin,otak mas keling,Dede,Ableh memang agak telmi.....mas Martin harus sabar menjawab pertanyaan2 mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Kristen konsekwen dgn isi kitab mereka, dgn mengatakan bahwa UPAH DOSA ADALAH MAUT ??

      Maka seharusnya YESUS yg dianggap SUCI DAN TAK PUNYA DOSA ITU, TAK PERLU MATI DI KAYU SALIB ?? Sekalipun dikatakan HIDUP LAGI.

      Karena dgn begitu, PALING TIDAK YESUS PERNAH MATI, artinya YESUS PERNAH BER-DOSA.

      yesus dilahirkan,jd dilahirkan itu, ketetapan bagi makhluk ? Atau bagi Tuhan..??

      DIBANGKITKAN itu KETETAPAN BAGI MAKHLUK ? Atau BAGI TUHAN...??

      YANG MEM-BANGKITKAN YESUS, siapa..??

      Hapus