logo blog

Kisah Malaikat Maut dan Nabi Ibrahim

Ada seorang muslim yang sepanjang hidupnya adalah seorang pemabuk. Ketika dia menghadapi sakaratul mautnya dan semua keluarganya ada disana, mereka mengatakan “Anakku, ucapkanlah La ilaha ilallah.” Tapi dia malah mengucapkan “Berikan aku sebotol vodka dan kalian juga boleh minum satu botol.” Dan dengan kata-kata inilah dia meninggal dunia.

Ada kisah nyata yang lain. Seorang muslim, selalu mendengarkan musik siang dan malam, ttanpa melakukan pekerjaan lainnya. Pada saat sakaratul mautnya, keluarganya berkata “Ucapkanlah La ilaha ilallah” tapi dia malah menyanyikan lagu 50 cent dan Snoop Dog. Dalam keadaan begitulah dia meninggal.

Saudara-saudaraku, kalian semua akan mati pada waktu yang telah ditentukan, tapi pilihannya ada dalam tangan kalian. Jika kalian hidup dalam ketaatan kepada Allah, maka Allah akan memudahkan sakaratul maut kalian.

Apakah kalian tahu tentang malaikat maut? Ibrahim A.S. pernah meminta kepadanya “Ya malaikat maut, tunjukkan padaku penampilanmu pada saat ingin mengambil nyawa orang yang saleh.” Jadi malaikat maut mengubah bentuknya. Dia berubah menjadi seorang anak muda yang tampan, Ibrahim A.S. tidak pernah menemukan orang setampan ini sepanjang hidupnya. Dia berpakaian serba putih, tercium harum dari tubuhnya. Sayyidina Ibrahim A.S. berkata kepada malaikat maut “Jika pada saat kematian, tidak ada kebahagiaan lainnya untuk orang yang saleh, maka penampilanmu ini sudah cukup untuk mengobatinya.”

Kemudian Ibrahim A.S. meminta “Ya malaikat maut, tunjukkan penampilanmu padaku ketika kau ingin mencabut nyawa orang dengan amalan yang buruk.” Dia berkata padanya “Ya Ibrahim, kau tidak akan sanggup melihatnya.” Ibrahim A.S. tetap memaksa sehingga akhirnya malaikat maut berkata padanya “Berpalinglah wahai Ibrahim.” Kemudian Ibrahim A.S. memalingkan pandangannya, lalu malaikat maut memberitahu agar dia menoleh. ketika Ibrahim A.S. melihat apa yang ada di depannya, dia melihat seorang raksasa yang hitam pekat dengan rambutnya yang panjang, berpakaian serba hitam. Kaki raksasa itu berpijak di bumi dan kepalanya menjangkau langit, bau yang sangat busuk keluar dari tubuhnya, dan api yang membara keluar dari telinga dan hidungnya, tubuhnya dipenuhi bulu. Seketika Ibrahim A.S. jatuh pingsan. Ketika dia siuman, dia berkata kepada malaikat maut “Jika pada saat kematian tidak ada hukuman lain bagi orang yang berdosa, maka melihatmu dalam rupa ini sudah cukup bagi mereka.”

Jadi Insya Allah jika kalian hidup berdasarkan ajaran Islam dan dekat dengan Allah, maka pada saat kematian, malaikat maut akan menghormati kalian, dan dia akan berkata “Wahai orang yang dekat dengan Allah, Allah menyampaikan salam-Nya kepadamu.”

Ayo Subscribe ke YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/arceuszeldfer
Ayo Like Facebook Page-nya: facebook.com/LampuIslam


 Baca juga artikel-artikel lainnya: