logo blog

Do'a Umar bin Khatab


Pada suatu ketika Umar bin Khatab R.A berkumpul bersama para sahabat. Kemudian dia berkata “Berdo'alah tentang satu keinginan kalian kepada Allah.” Dia meminta para sahabat untuk mengharapkan sebuah permintaan kepada Allah S.W.T. Jadi seorang sahabat mengangkat tangannya dan berdo'a “Ya Allah, kuharap ruangan ini dipenuhi dengan emas dan perhiasan, jadi aku dapat langsung memberikannya di jalan Allah S.W.T.”

Setelah sahabat tadi selesai berdo'a, seorang sahabat yang lain langsung berdo’a “Kuharap aku mempunyai emas dan perhiasan sebesar gunung Uhud sehingga aku dapat langsung memberikannya di jalan Allah S.W.T.”

Tapi Umar R.A. tetap diam. Karena menyadari bahwa Umar diam saja, para sahabat bertanya “Wahai Umar, apa keinginanmu kepada Allah? Dan Allah S.W.T. menganugerahkan kepadamu satu do’a hari ini yang akan dikabulkan Allah Azza wa Jalla. Jadi do’a apa yang akan kau panjatkan?” 

Umar R.A. menjawab “Aku harap ruangan ini dipenuhi dengan orang-orang seperti para sahabat Rasulullah S.A.W sehingga aku dapat menyebarkan Islam ke seluruh dunia.”

Saudara dan saudariku, kesimpulan dari kisah ini adalah: Islam tidak membutuhkan terlalu banyak orang, yang dibutuhkan Islam adalah satu ruangan penuh dengan pria dan wanita sejati untuk mengubah dunia Hanya butuh satu orang untuk mengubah dunia! Ketika masyarakat Arab berada pada masa jahiliyah, Allah mengutus satu orang untuk mengubah keadaan dunia. Orang itu adalah Muhammad S.A.W.

Lihatlah bagaimana Allah hanya mengirimkan satu orang yang spesial untuk mengubah setiap umat pada masanya. Rasulullah S.A.W. bersabda “Di setiap abad, Allah S.W.T. akan mengirimkan satu orang yang akan mengubah umat dan situasinya, dan memperbaharui keimanan agama dalam umat itu.”

Saudara/saudariku, Islam mengajarkan agar kita untuk menjadi satu orang itu. Rasulullah S.A.W. fokus dalam menciptakan pria dan wanita yang dapat mengubah dunia. Dan misi Rasulullah berhasil. Rasulullah S.A.W. menciptakan ribuan pria dan wanita yang dapat mengubah dunia. Sayangnya mereka hanya hidup selama 70-90 tahun. Tapi dengan harapan bahwa anak-anak mereka, yaitu kita, dapat melanjutkan perjuangan mereka.

Semoga Allah memberikan kita kemampuan dan semangat untuk meneruskan bendera Islam yang telah dikibarkan sejak zaman Rasulullah S.A.W. Semoga kita menjadi orang-orang beriman yang mempunyai bagian dalam mengubah keadaan umat ini. Aamiin.

YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page: facebook.com/LampuIslam