logo blog

Kisah Menarik Pemain Sepakbola Muslim

Menjadi minoritas bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika itu terkait keyakinan. Dibutuhkan ketahanan mental, keyakinan yang kuat serta kemampuan beradaptasi yang ekstra untuk tetap eksis sebagai minoritas. Itulah kira-kira tantangan yang dihadapi oleh para pemain bola Muslim di kancah persepakbolaan Eropa.

Inilah beberapa kisah2 menarik dari para pesepakbola profesional dunia :


Samir Nasri



Terbiasa untuk membaca surat Al-Fatihah sebelum pertandingan. Hal ini dilakukannya baik di tingkat klub bersama Arsenal atau ketika berada di timnas Prancis. Namun, untuk puasa Ramadhan, Nasri tidak berani melakukannya. Mengingat jadwal Premier League yang padat plus puasa yang jatuh pada musim panas, Nasri memilih untuk tidak melaksanakan rukun Islam yang wajib bagi umat Islam yang mampu melakukannya ini.



Mesut Ozil



Salah satu pemain timnas Jerman yang beragama Islam. Walaupun dibulan Ramadhan ia tak meninggalkan kebiasaanya berdoa dan membaca Al Qur’an. Sesibuk apapun ia selalu berusaha untuk membaca Al Qur’an.
Sebagai seorang Muslim, Mesut Ozil merasakan bulan Ramadhan saat ini memberikan banyak keberkahan tersendiri, karena dibulan Ramadhan tahun inilah pamornya makin berkibar dipentas sepakbola Eropa. Pemain yang gemar membaca Al Qur’an ini dibayar mahal oleh klub raksasa Spanyol, Real Madrid.


Yaya Toure



Dalam ajaran Islam, alkohol tentu dilarang. Tengoklah pelajaran dari Yaya Toure tahun lalu. Dia mencetak dua gol ke gawang Newcastle dan menerima penghargaan man of the match . Sesuai tradisi, pahlawan laga berhak mendapat kehormatan membuka botol besar champagne.

"Maaf, aku tidak minum alkohol. Aku Muslim," ujar Yaya Toure seraya menyerahkan botol besar champagne ke Joleon Lescott.Subhan'Allah


Eric “Bilal” Abidal



Sejak masuk Islam, Abidal berusaha menjadi Muslim yang taat. Kariernya di lapangan hijau kian moncer. Penggemar La Liga Spanyol pasti mengenal sosok Eric Abidal. Ia dikenal sebagai bek andal yang memperkuat FC Barcelona dan Timnas Prancis. Ia suka membaca Al Quran sebelum bertanding.

Di setiap sesi latihan klub sepakbola Barcelona, Eric sering terlihat membawa tas kecil, mungkin banyak yang mengira isi tasnya si eric sama seperti teman teman di klubnya barcelona jika latihan bola: sepatu dan perlengkapannya yang menunjang untuk latihan.
Sebenarnya yang eric bawa dan membedakan isi tas kecilnya dengan pemain bola lain adalah alqur’an, Kitab suci Ummat islam di seluruh dunia yang “kini” menjadi agama Minoritas di eropa.


Nicolas Anelka



Kala itu, Manajer Chelsea (Mas Andres Villas Boas), menyuruh pemain yg sedang puasa untuk tetap berada di meja makan tim walu sedang berpuasa. Praktis, Anelka dan beberapa pemain muslim Chelsea lainnya hanya nonton pemain lain makan .

Anelka berkata: “Walau iri, saya tetap harus menangguhhkan puasa.”


Frederic Kanoute



Menolak menggunakan seragam klubnya karena disponsori oleh rumah judi. Bahkan ketika seragam itu digunakan, Kanoute menutupinya dengan plester hitam. Pada 2007, ia pernah mengeluarkan uang sebesar US$700.000 (± Rp. 6,4 Milyar) dari koceknya sendiri untuk menyelamatkan sebuah Masjjid di Sevilla. Sampai sekarang masjid tersebut menjadi tempat shalat komunitas Islam di Sevilla.
Yang paling kontroversial dari Kanoute adalah ketika Israel membombardir Palestina, akhir tahun  2008 hingga awal Januari 2009. Kanoute usai menjaringkan bola ke gawang lawan, membuka bajunya untuk memperlihatkan kaos dalamnya yang bertuliskan “PALESTINA”. Kata Palestina itu ditulis juga dalam beberapa bahasa yang lain. Ini tentu saja dimaksudkan sebagai dukungan Kanoute pada Palestina yang sedang digempur oleh pasukan Israel di Gaza.


Demba Ba dan Papiss Cisse



sebuah pertandingan pada 5 Februari 2012 antara Newcastle vs Aston Villa, Demba Ba, yang masih memperkuat Newcastle United, menggetarkan gawang Aston Villa pada menit ke-30. Bersama kompatriotnya, Papiss Cisse, Ba mendekati sudut lapangan dan berlutut laiknya hendak salat.


Papiss Cisse



Newcastle bisa saja menjual salah satu pemain andalan mereka di lini depan, Papiss Cisse. Alasan penjualan Cisse ini tergolong menarik, pasalnya sang pemain tidak ingin menggunakan seragam Newcastle musim depan yang akan disponsori oleh perusahaan peminjaman uang, Wonga.

Menurut aturan Islam, mencari keuntungan dari meminjamkan uang kepada seseorang dilarang. Namun, Wonga yang menjadi sponsor punya kebijakan pinjaman dengan bunga sebesar 4,124 persen. Itulah alasan mengapa Cisse menolak memakai seragam Newcastle musim depan.


Karim Benzema



Striker anyar Real Madrid, Karim Benzema juga menjalankan puasa. Lahir di Lyon, Prancis 19 Desember 1987, Benzema merupakan striker andalan tim nasional Prancis. Sama seperti legenda Prancis, Zinedine Zidane, Benzema juga berdarah Aljazair.

Beruntung bagi Benzema, puasa tahun kemarin dia tidak sendirian di Santiago Bernabeu. Setidaknya ada Mahmadou Diarra dan Lassana Diarra yang juga beragama Islam.

Ketiganya tetap menjalankan puasa meski harus membela Madrid, tak heran jika tim dokter Madrid terus memantau perkembangan fisik ketiga pemainnya selama bulan Ramadan. Baik Benzema, Mahmadou dan Lassana diberikan nutrisi tambahan agar tidak terkena dehidrasi selama menjalani ibadah puasa tahun ini. Beruntung bagi Madrid, Ramadhan tidak terlalu berpengaruh besar saat mereka tampil.


Zinedine Zidane



Zidane memiliki pengalaman spiritual ke Tanah Suci. Pemain Terbaik Dunia tiga kali tersebut termasuk Muslim yang memiliki keimanan cukup mapan. Ketika divonis cedera otot dan harus mendapat perawatan dari tim medis, Zidane diperintahkan untuk istirahat demi masa pemulihan. Tapi bukannya malah berbaring dan mengikuti terapi kesehatan, waktu luang itu dimanfaatkannya untuk pergi haji.

Zidane melakukan ritual haji pada 29 Januari 2004, bersama istri dan anak-anaknya. Zidane dan keluarga mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, dan kemudian melanjutkan perjalanannya ke Madinah. Di sana ia disebutkan sempat melakukan ziarah ke makam Rasulullah SAW.

Kemudian pada Hari Tarwiyah yang jatuh pada 8 Dzulhijjah 1424 Hijriah, legenda Real Madrid itu melanjutkan perjalanannya ke Mina. Pada hari berikutnya, Zidane langsung mengikuti prosesi puncak pelaksanaan ibadah haji di Arafah dan menunaikan shalat di Masjidil Haram.


Franck Ribery



Frank Ribery adalah salah satu pesepakbola muslim yg sangat membenci alkohol. Tengok saja ketika teman setimnya di Muenchen menyiram-nya dengan bir betapa marahnya ribery sampai2 dia tidak ingin berbicara lagi dengan boateng. Saking bencinya dengan minuman yang mengandung alkohol, Ribery membuat sebuah kafe/bar dengan menyediakan minuman yang tidak mengandung alkohol atau non alkohol. Dan di bar yang berada di Perancis, itu ia beri nama “O” Shahiz yang merupakan gabungan dari nama kedua putrinya, Shahinez dan Hizya.

selain itu, untuk menunjang aktivitas latihan dan ibadah selama di Alianz Arena, markas Muenchen. Ribery dengan dibantu oleh para fans yang beragama Islam, terutama dari negara Turki yang berjumlah hampir 200 ribu orang lebih yang tinggal dikota muenchen dan sebagiannya merupakan suporter Bayern Muenchen. Mengajukan usul pembangunan masjid di Stadion Alianz Arena untuk memudahkan aktivitas ibadah pemain dan suporter yang beragama Islam.

walaupun ini bukan yang pertama, karena di new Castle dan Man City dua klub Liga Primer Inggris juga telah membangun mesjid walau dalam ukuran kecil untuk memudahkan aktivitas ibadah para pemainnya yang muslim.tetapi usulan ini mendapat respon positif dari manajemen Bayern Muenchen yang berencana membangun masjid di sekitar Alianz Arena, dimana 855 biaya pembangunan akan ditalangi pihak klub sisanya dari para pemain dan suporter.


Kolo Toure




Selain tangguh menjaga pertahanan Manchester City, Kolo Toure juga kuat menjaga imannya. Kehidupannya di Manchester semakin nyaman ketika mantan punggawa Barcelona sekaligus sang adik, Yaya Toure, ikut bergabung ke the Citizens.

Kolo Toure termasuk pribadi yang saleh. Bahkan, ketika masih membela Arsenal, ia termasuk salah satu guru mengaji. Kini, ketika ia hijrah ke Manchester, Toure masih bolak-balik Manchester-London demi melanjutkan pengajarannya.

Siapa nyana, di balik kegarangannya di lapangan, Toure adalah sosok yang lembut dan penuh pengabdian terhadap Islam. Kendati begitu, Kolo tidak memungkiri ia sering bolong dalam menunaikan puasa Ramadhan ketika timnya bertanding. Latihan berat yang dijalani City memaksa punggawa Pantai Gading itu membatalkan puasanya. Namun, ia selalu mengganti puasa Ramadhan di lain hari. “Itu adalah konsekuensi sebagai seorang Muslim,” kata dia. 


Thierry Henry



Bagi Thierry Henry, Islam adalah sebuah pilihan. Karena itu ketika memutuskan berpindah keyakinan dan menjadi mualaf pada tahun 2010, dia merasa bahwa selalu sangat dekat dengan Islam.

"Saya menganggap Islam sebagai pilihan terbaik untuk saya jika saya ingin percaya pada sebuah agama," kata striker New York Red Bulls tersebut.

Menurut Henry, menjadi seorang Muslim itu tidak boleh setengah-setengah. "Aku mengikuti semua apa yang diajarkan oleh Alquran. Ini sebabnya saya anggap Islam yang paling dekat dengan hati saya."

Legenda Arsenal ini menyatakan, Islam mengajarkan umatnya bahwa seseorang harus percaya dulu terhadap Alquran. Ini sebabnya dia belum menyatakan Islam sebagai agamanya, tapi Henry mengerti agama ini lebih daripada agama lain. "Dan itu benar-benar menyedihkan bahwa banyak orang tidak meluangkan waktu untuk mencoba memahami Islam."

Penyerang Les Bleus Prancis yang sukses meraih Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini menekankan, jika seseorang benar-benar percaya kepada Allah maka sudah seharusnya setiap Muslim harus menjadi orang yang taat. "Kalau percaya ajaran Islam, seseorang harus percaya pada Alquran dan Rasul terakhir," ujar Henry


Ishak Belfodil



PUASA tak mengurangi antusiasme penyerang Inter Milan, Ishak Belfodil, dalam menjalani latihan. Bomber beragama Islam itu tidak merasa kesulitan menjalankan latihan sembari menjalankan kewajibannya sebagai seorang Muslim.

Didatangkan dari Parma seharga 10 juta Euro (setara Rp 136 miliar), juru gedor 21 tahun itu tentu harus berjuang keras merebut hati pelatih Walter Mazzari. Sehingga, gaji 700 ribu Euro (sekira Rp 9,5 miliar) per musim yang dibayarkan Inter tak sia-sia.

Tantangannya bertambah ketika Ramadhan datang. Kontrak lima tahun yang ditekennya di Giuseppe Meazza tentu menjadi pertaruhan Belfodil. Beruntung pelatih dan staf membantunya melewati tantangan selama puasa. “Saya berusaha memberikan segalanya meskipun di pramusim ini sangat krusial,” ujarnya.

Belfodil dikenal sebagai Muslim yang memegang teguh ajaran Islam. Musim lalu, beberapa kali ia bersujud di lapangan seusai mencetak gol.

Penyerang Aljazair itu adalah satu dari enam pemain yang didatagkan Inter pada bursa transfer musim panas. Lima pemain lainnya adalah Diego Laxat, Ruben Botta, Marco Andreolli, Hugo Campagnaro, dan Mauro Icardi..

 Ibrahim Afellay



Gelandang Barcelona, Ibrahim Afellay merupakan pesepakbola berbakat.

Pemain keturunan Maroko ini memiliki kemampuan mengolah bola yang mampu menghipnotis pecinta sepak bola.

Meski begitu, Afellay yang pada kenyataannya adalah seorang Muslim dikenal taat terhadap agama.

Tak salah, Afellay pernah dinobatkan sebagai seorang Muslim teladan di Belanda alias 'Moslim Van Het Jaar'. Penghargaan itu tidak diberikan pada sembarang orang.

Dalam laman wijblijvenhier.nl, disebutkan salah satu faktor yang membuat mantan penggawa PSV Eindhoven ini dipilih karena usianya yang masih muda. Diharapkan, Afellay mampu membangun citra Muslim taat di kalangan remaja.

Dalam kesehariannya, Afellay memang dikenal sebagai seorang anak yang saleh. Saat masih bermain di Eredivisie Belanda, di setiap bulan suci Ramadan tiba, ia tetap berpuasa. Tentang berpuasa saat kompetisi, Afellay bertutur, "Saya berpegang pada keyakinan saya secara taat. Tidak masalah betapa sulitnya ini."

Afellay berpendapat, agama tetap nomor satu, bahkan melebihi sepak bola. Dengan berpegang teguh pada agama, ia berharap bisa mendapatkan hasil terbaik dalam kariernya. "Itu memberikan saya sebuah perasaan positif," ujar penghuni tim nasional Belanda ini

Di banding liga top Eropa, dunia sepak bola Belanda cenderung merespons positif terhadap keinginan pemain Muslim yang ingin melaksanakan puasa. Puluhan pemain Islam ambil bagian dalam kompetisi Belanda, kebanyakan dari mereka dengan latar belakang Maroko.

Klub-klub tidak mencegah para pemain dari mengamati pembatasan Ramadhan. Beberapa bahkan mencoba untuk beradaptasi jadwal pelatihan mereka sesuai.

Pada tahun 2007, PSV Eindhoven mengadakan seminar tentang "olahraga di Ramadhan" dengan pemateri ulama, dokter, dan dokter spesialis yang mengupas fisik pemain yang memilih berpuasa di tengah ketatnya jadwal pertandingan.  


Adem Ljajic
 



Adem Ljajic  lahir  di Novi Pazar, daerah Distrik Raška yang berada di selatan Serbia. Daerah ini kuat dengan kultur masyarakat Bosnia. Sebagian penduduk kota tersebut beragama Islam. Termasuk keluarga Ljajic.

Sejak kecil, Ljajic dibesarkan di lingkungan keluarga muslim yang taat. Hal itu membawa pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangannya. Dalam sebuah wawancara, Ljajic mengakui ajaran Islam selalu dijalankannya. Termasuk ketika melakoni ibadah puasa Ramadan. “Semua berjalan dengan baik,” terang dia.

Ketaatan terhadap agama kerap ditunjukkan Ljajic kepada publik. Misalnya, sebelum pertandingan, dia selalu berdoa dengan menengadahkan tangan, khas muslim, seperti yang juga dilakukan Franck Ribéry.

Selain taat beragama, Ljajic juga peduli pada umat sesama. Pada saat akan dipanggil timnas Serbia di laga persahabatan kontra Spanyol, medio tahun lalu, dia menolak menyanyikan lagu kebangsaan Serbia. Penolakan itu membuat dia dicoret oleh pelatih Sinisa Mihajlovic.

Rumor yang berkembang, penolakan menyanyikan lagu itu lantaran di kecewa terhadap pemerintah Serbia yang kurang memperhatikan kelompok muslim di daerah asalnya.“Aku minta maaf. Aku cinta Serbia, tapi aku harus menghormati kepercayaanku. Aku selalu ingin bermain untuk negara ini. Pelatih Mihajlovic memintaku untuk menyanyikan lagu nasional, tapi bila Anda tak menghormatiku Anda sendiri, maka tak ada yang akan menghormati Anda,” kata dia.
 

sumber sumber sumber sumber  sumber sumber sumber

YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page: facebook.com/LampuIslam