logo blog

Sejarah Masjid-Masjid Tertua di Dunia

- Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid.

Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. Menara-menara, serta kubah masjid yang besar, seakan menjadi saksi betapa jayanya Islam pada kurun abad pertengahan. Masjid tertua didunia ini telah melalui serangkaian tahun-tahun terpanjang di sejarah hingga sekarang. Mulai dari Perang Salib sampai Perang Teluk.

Selama lebih dari 1000 tahun pula, arsitektur Masjid perlahan-lahan mulai menyesuaikan bangunan masjid dengan arsitektur modern. Seiring dengan perkembangan zaman, di penghujung abad ke-20, peranan masjid sebagai tempat berpolitik mulai meningkat. Saat ini, partisipasi kepada masyarakat mulai menjadi agenda utama masjid-masjid di daerah Barat.

Karena melihat masyarakat sekitar adalah penting, di Indonesia sendiri masjid-masjid digunakan sebagai tempat dialog dan diskusi damai antara umat Islam dengan non-Muslim. Namun kali ini saya akan berbagi artikel tentang masjid tertua didunia yang mungkin pernah anda singgahi saat berlibur keliling dunia.


Di bawah ini ada daftar mesjid tertua di Dunia

1. Quba mosque

Masjid tertua didunia ini berada di lingkungan terpencil di madinah di arab saudi. Akan tetapi, masjid ini menjadi masjid yang paling tua di dunia. Muhammad SAW beribadah lebih dari 20 malam di masjid ini yaitu berdoa qasr sembari menunggu Ali r.a. yang rumahnya terletak di belakang masjid.

2. Al-Masjid Al-Nabawi, Saudi Arabia

Nama masjid ini tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang sudah mengenal masjid yang terletak di madinah ini. Masjid ini dijadikan tempat peristirahatan terakhir oleh nabi muhammad SAW.

3. Masjid al-Qiblatain, Saudi Arabia

Masjid tertua didunia yang ketiga adalah masjid al-qiblatain ini berada di kota Madinah di mana dulunya menjadi tempat untuk nabi muhammad SAW mempin doa. Selain itu, diperintahkannya juga untuk melakukan pengubahan arah shalat (kiblat) dari yerusalem ke mekah. Belum lama ini, masjid tersebut mengalami perenovasian.

4. Jawatha Mosque, Saudi Arabia

Jawatha mosque berada di desa al-kilabiyah, sekitar 12km dari timur laut hofuf, al-ahsa, arab saudi. Masjid ini masih dijadikan tempat untuk berdoa.

5. Masjidil Haram, Saudi Arabia

Masjid al-haram dikenal sebagai salah satu masjid yang paling besar di dunia dan berada di kota Mekah. Masjid ini mengelilingi kabah. Masjid al- Haram juga disebut-sebut sebagai masjid agung dan merupakan salah satu masjid tertua didunia.

6. Great Mosque of kufa, Irak

Masjid agung Kufah terletak di kufah, irak. Masjid ini termasuk dalam daftar masjid yang didirikan paling awal dalam islam. Bangunannya dibangun kira-kira di abad ke-7.

7. Mosque of uqba, Tunisia

masjid uqba disebut juga sebagai masjid agung kairouan. Masjid ini menjadi salah satu terpenting yang ada di Tunisia.

8. Imam Hussain Mosque, Iraq

Masjid tertua didunia yang terakhir adalah Imam Hussain Mosque merupakan tempat suci yang ada di karbala, irak. Bangunannya berada di lokasi Ali. Setiap tahunnya, banyak peziarah yang mengunjungi kota dan mengamati masjid tersebut.

Demikianlah info dari artikel Sejarah Masjid Tertua di Dunia semoga dapat menambah wawasan anda.  Sumber: kaskus   YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page: facebook.com/LampuIslam