logo blog

5 Langkah Untuk Bertaubat Dari Dosa


Untuk menonton videonya, silahkan klik link berikut:  5 Hal yang Dilakukan Setelah Melakukan Dosa

Apakah anda pernah melakukan dosa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelahnya? Atau bagaimana caranya agar anda tidak kembali melakukan dosa yang sama? Dalam artikel ini saya akan menunjukkan 5 langkah untuk keluar dari dosa itu.

Langkah #1, jangan pernah meremehkan dosa. Jangan pernah menganggap dosa anda sebagai dosa kecil dan berkata “Ini cuma dosa kecil, tak terlalu banyak berpengaruh terhadap catatan amalku kalau terus dilakukan.”

Langkah #2, jangan biarkan dosa tersebut berlanjut. Langsung hentikan dosa yang sedang anda lakukan SAAT ITU JUGA. Hal ini karena sebuah dosa bisa menuntun anda menuju dosa-dosa berikutnya yang lebih buruk. Misalnya, seseorang yang tadinya tidak pernah mabuk-mabukan, karena ajakan temannya, dia ikut-ikutan mabuk. Apabila dia tidak segera menghentikan dosa itu, bisa saja di kemudian hari dia akan terkena bujuk rayu temannya menuju dosa yang lebih parah, misalnya berzina.  Jadi jangan sampai ada celah dan membuat sebuah dosa menuntun anda kepada dosa selanjutnya.

Langkah #3, penyesalan positif. Ya, adalah hal bagus untuk menyesal, tapi haruslah penyesalan positif yang menuntun anda menuju pertaubatan. Jika anda menyesal, maka anda mencari ampunan Allah s.w.t. Salah satu cara anda bertaubat adalah dengan shalat sunnah taubat sebanyak 2 raka’at, dan berdo’alah kepada Allah untuk mengampuni anda atas dosa itu.

Langkah #4, bersyukur. Saya tahu mungkin anda berpikir “Kenapa harus bersyukur pada saat melakukan dosa?” Bersyukurlah karena Allah s.w.t memberikan anda kesempatan untuk memohon ampun atas dosa itu. Allah s.w.t bisa saja mengambil nyawa anda sebelum anda bahkan punya kesempatan untuk bertaubat. Inilah yang harus disyukuri, bahwa anda bisa memohon ampunan atas dosa itu.

Langkah #5, jangan pernah kehilangan harapan terhadap kasih sayang dan ampunan Allah. Tidak peduli berapa kali anda melakukan dosa, jangan pernah berpikir bahwa Allah tidak akan mengampuni anda. Jangan pernah berpikir “Apa gunanya? Paling-paling nanti aku akan melakukan dosa lagi.” Jangan pernah kehilangan harapan terhadap kasih sayang dan ampunan Allah. Semoga artikel ini bermanfaat, insya Allah.

YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page Lampu Islam: facebook.com/LampuIslam