logo blog

Kenapa Hanya Boleh Memilih Islam Sedangkan Semua Agama Mengajarkan Kebaikan?


Pertanyaan

Semua agama pada dasarnya mengajarkan pengikutnya untuk melakukan perbuatan baik. Kalau begitu, kenapa seseorang hanya boleh mengikuti Islam? Bisakah dia memilih salah satu agama selain Islam?

Jawaban

1. Perbedaan utama antara Islam dengan agama-agama lain

Semua agama pada dasarnya menasihati umat manusia untuk melakukan kebaikan dan menghindari keburukan. Tapi Islam lebih daripada itu. Islam menuntun kita menuju kebaikan melalui cara-cara praktis dalam kehidupan sehari-hari dan menghilangkan kejahatan, baik dalam tingkat individu maupun kolektif. Islam memperhitungkan sifat manusia dan kompleksnya kehidupan dalam bermasyarakat. Islam adalah petunjuk dari Sang Pencipta sendiri. Oleh karena itu, Islam disebut juga sebagai Dinul Fitrah (agama alami dari manusia).

2. Contoh: Islam memerintahkan kita untuk tidak mencuri dan juga mengatur metode untuk menghapuskan pencurian

a. Islam mengatur metode untuk menghapuskan pencurian

Semua agama mengajarkan bahwa pencurian merupakan perbuatan jahat. Islam mengajarkan hal yang sama. Jadi apa perbedaan antara Islam dengan agama-agama lainnya? Perbedaannya terletak pada kenyataan bahwa Islam, selain mengajarkan bahwa mencuri itu perbuatan jahat, juga memberikan solusi praktis untuk menciptakan struktur sosial sehingga orang-orang tidak akan mencuri.

b. Islam mengatur Zakat

Islam mengatur sistem Zakat (sedekah tahunan yang sifatnya wajib). Hukum Islam menetapkan bahwa setiap orang yang memiliki tabungan yang melebihi tingkat nisab, yaitu lebih dari 85 gram emas, harus memberikan 2,5% dari tabungannya setiap tahunnya. Jika setiap orang kaya di dunia memberikan Zakat setiap tahunnya, kemiskinan dapat diberantas dari dunia ini. Tidak ada seorang manusia pun yang akan mati kelaparan.

c. Memotong tangan sebagai hukuman untuk pencurian

Islam menetapkan untuk menghukum seorang pencuri dengan memotong tangannya. Al-Qur’an berfirman dalam Surat Maidah:

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Qs. 5:38]

Para non-Muslim mungkin mengatakan, "Memotong tangan seseorang di zaman modern seperti sekarang?! Islam adalah agama barbar dan kejam!"

d. Hasil yang dicapai ketika Syariah Islam Diterapkan

Amerika dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Sayangnya Amerika juga merupakan salah satu negara dengan kejahatan, pencurian, dan perampokan paling tinggi di dunia. Misalkan syariah Islam diterapkan di Amerika, yaitu setiap orang kaya disana memberikan Zakat (menyedekahkan sebesar 2.5% dari tabungannya apabila sudah mencapai 85 gram emas setiap tahun hijriah), dan setiap pencuri yang tertangkap dihukum dengan memotong tangannya. Apabila ini diterapkan, apakah tingkat pencurian dan perampokan di Amerika akan semakin meningkat, tetap sama, atau malah menurun? Tentu saja akan menurun. Apalagi adanya hukuman yang tegas (potong tangan) akan mencegah orang-orang untuk berniat mencuri.

Saya setuju bahwa jumlah pencurian yang terjadi di dunia saat ini begitu luar biasa sehingga jika Anda memotong tangan semua pencuri, akan ada puluhan ribu orang yang tangannya dipotong. Intinya disini adalah ketika Anda menerapkan hukum ini, tingkat pencurian akan segera menurun. Orang yang berniat mencuri akan berpikir ulang karena takut tangannya dipotong. Membayangkan hukuman itu saja sudah cukup untuk mencegah sebagian besar pencurian. Hampir tidak akan ada orang yang berani mencuri. Oleh karena itu, hanya akan ada beberapa orang yang tangannya dipotong, tapi jutaan orang lainnya akan hidup damai tanpa takut mengalami pencurian. Dengan demikian, Syariah Islam bersifat praktis dan menuai hasil.

3. Contoh: Islam melarang penganiayaan dan pemerkosaan terhadap wanita. Islam memerintahkan agar wanita mengenakan hijab dan mengatur hukuman mati bagi para pemerkosa.

a. Islam mempunyai metode untuk menghilangkan penganiayaan dan pemerkosaan

Semua agama menyatakan bahwa penganiayaan dan pemerkosaan perempuan adalah dosa besar. Islam mengajarkan hal yang sama. Lalu apa perbedaan antara Islam dan agama-agama lainnya? Perbedaannya terletak pada kenyataan bahwa Islam tidak hanya mengajarkan untuk menghormati perempuan, dan mengajarkan bahwa penganiayaan dan pemerkosaan adalah kejahatan berat, tetapi juga memberikan panduan yang jelas agar masyarakat dapat menghilangkan kejahatan tersebut.

b. Hijab untuk pria

Islam memiliki sistem hijab. Al-Qur’an pertama-tama berfirman tentang hijab untuk pria dan kemudian untuk wanita. Hijab untuk pria disebutkan dalam ayat berikut:

"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” [Qs. 24:30]

Saat seorang pria memandang wanita, dan jika ada pikiran yang kotor atau tidak sopan merasuki pikirannya, ia harus menurunkan pandangannya dengan tidak memandang wanita tersebut.

c. Hijab bagi wanita

Hijab bagi wanita disebutkan dalam ayat berikut:

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka.... " [Qs. 24:31]

Hijab bagi seorang wanita adalah seluruh tubuhnya harus ditutupi. Satu-satunya bagian yang boleh ditampakkan adalah wajah dan tangannya sampai ke pergelangan tangan. Jika mereka ingin menutupnya juga, mereka boleh melakukannya. Bahkan beberapa ulama Islam mengatakan bahwa wajah juga harus ditutupi.

d. Hijab mencegah pelecehan seksual

Alasan mengapa Allah telah menetapkan hijab untuk perempuan diberikan dalam Al Qur'an Surat Al-Ahzab:

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Qs. 33:59]

Al-Qur'an berfirman bahwa Hijab telah ditetapkan untuk wanita sehingga mereka dipandang sebagai wanita yang santun. Hal ini akan mencegah mereka dari pelecehan seksual.

e. Sepasang saudara kembar

Misalkan dua orang wanita yang kembar dan sama-sama cantik berjalan di keramaian kota. Yang satu memakai hijab Islam, yaitu tubuh lengkap ditutupi kecuali wajah dan tangan sampai ke pergelangan tangan, dan saudara kembarnya mengenakan rok atau celana pendek mini. Di sudut jalan ada sekumpulan preman yang menunggu kesempatan untuk menggoda seorang gadis. Siapa yang akan mereka goda? Apakah gadis yang memakai hijab Islam atau gadis yang mengenakan rok atau celana pendek mini? Pakaian yang mengekspos bagian tubuh adalah godaan tak langsung kepada lawan jenis untuk melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan. Al Qur'an berfirman bahwa hijab mencegah perempuan dari gangguan lawan jenis.

f. Hukuman mati bagi pemerkosa

Syari'at Islam menetapkan hukuman mati bagi pemerkosa. Para non-Muslim mungkin ketakutan melihat hukuman yang sangat tegas di zaman modern seperti sekarang. Banyak di antara mereka yang menuduh Islam sebagai agama kejam dan biadab. Saya telah mengajukan pertanyaan berikut ini kepada ratusan non-Muslim: Misalkan (amit-amit), seseorang memperkosa istri Anda, ibu, atau saudara perempuan Anda, dan Andalah hakimnya. Pemerkosa itu dibawa ke hadapan Anda. Apa hukuman yang akan Anda berikan padanya? Mereka semua mengatakan, "kami akan membunuhnya." Sebagian lagi bahkan mengatakan, "kami akan menyiksanya sampai mati." Jika istri atau ibu Anda diperkosa, Anda ingin pemerkosa itu dihukum mati. Tapi jika istri atau ibu orang lain yang diperkosa, Anda mengatakan bahwa hukuman mati adalah hukum barbar. Mengapa anda memakai standar ganda disini?

g. Amerika Serikat adalah negara dengan salah satu tingkat pemerkosaan tertinggi

Amerika Serikat dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Sebuah laporan FBI pada tahun 1990 mengatakan bahwa 102.555 kasus perkosaan telah tercatat. Lebih lanjut, FBI mengatakan bahwa hanya 16% dari semua kasus perkosaan yang berhasil dicatat. Dengan demikian, untuk mengetahui jumlah sebenarnya dari perkosaan yang terjadi pada tahun 1990, angka yang berhasil dicatat harus dikalikan dengan 6,25. Dengan demikian, terdapat total 640.968 kasus perkosaan yang terjadi pada tahun 1990. Jika angka tersebut dibagi dengan 365 sebagai jumlah hari dalam satu tahun, kita mendapatkan rata-rata 1.756 insiden pemerkosaan setiap harinya.

Kemudian laporan lain mengatakan bahwa rata-rata terjadi 1.900 kasus perkosaan di Amerika Serikat setiap harinya. Menurut National Crime Victimization Survey Bureau of Justice Statistics (Departemen Hukum Amerika), pada tahun 1996 saja telah tercatat 307.000 kasus pemerkosaan. Hanya 31% yang berhasil dicatat dari kejadian pemerkosaan yang sebenarnya. Dengan demikian, 307.000 x 3.226 = 990.322 pemerkosaan terjadi pada tahun 1996. Artinya, rata-rata 2.713 kasus pemerkosaan terjadi setiap harinya di Amerika pada tahun 1996. Setiap 32 detik, satu pemerkosaan berlangsung di Amerika. Mungkin pemerkosa di Amerika menjadi lebih berani. Laporan FBI tahun 1990 terus berlanjut dan mengatakan bahwa dari kasus pemerkosaan yang dilaporkan, hanya 10% dari pemerkosa yang berhasil ditangkap, yang artinya hanya 1,6% dari pemerkosaan yang sebenarnya terjadi. Dari mereka yang ditangkap, 50% dibebaskan sebelum sampai ke sidang. Ini berarti hanya 0,8% dari pemerkosa sampai ke pengadilan. Dengan kata lain, jika seseorang melakukan 125 kasus pemerkosaan, kemungkinan ia hanya akan mendapatkan hukuman sebanyak satu kali. Dengan begitu, banyak pemerkosa yang menganggap kemungkinan mereka mendapatkan hukuman sangat kecil. Dan laporan mengatakan bahwa dari orang-orang yang menghadapi sidang, 50% dari mereka menerima hukuman penjara kurang dari satu tahun, meskipun hukum Amerika mengatakan pemerkosaan mendapat ancaman hukuman 7 tahun penjara. Hakim bersikap lunak kepada seorang yang baru pertama kali melakukan pemerkosaan. Bayangkanlah! Seseorang melakukan 125 pemerkosaan dan kemungkinan dia hanya mendapatkan sekali hukuman, dan dengan peluang sebesar 50%, hakim akan memberikan kelonggaran dengan hukuman kurang dari setahun!

h. Hasil yang dicapai ketika Syariah Islam Diterapkan

Misalkan syariah Islam diterapkan di Amerika. Setiap kali seorang pria memandang wanita dan ada pikiran kotor atau tidak sopan yang terlintas di benaknya, ia menurunkan pandangannya. Setiap wanita memakai hijab Islam, yaitu seluruh tubuhnya ditutupi kecuali wajah dan tangan sampai dengan pergelangan tangan. Dan jika ada orang yang berani melakukan pemerkosaan, dia akan mendapat hukuman mati. Pertanyaannya adalah, akankah tingkat pemerkosaan di Amerika meningkat, tetap sama, atau malah menurun? Tentu akan menurun. Syariah Islam dengan demikian telah berhasil.

4. Islam memiliki solusi praktis untuk Permasalahan umat manusia

Islam adalah jalan hidup terbaik karena ajarannya bukanlah doktrin belaka melainkan merupakan solusi praktis untuk permasalahan dalam kehidupan manusia. Islam menuai hasil, baik di tingkat individu maupun kolektif. Islam adalah jalan terbaik dalam hidup karena bersifat praktis dan universal, yaitu tidak terbatas hanya pada kelompok, etnis, atau bangsa tertentu saja.

Referensi: irf.net

YouTube Channel: youtube.com/c/LampuIslam
Facebook Page: facebook.com/LampuIslam