logo blog

Keutamaan dan Pahala Membaca Shalawat


Banyak sekali manfaat dari membaca shalawat kepada Nabi Muhammad. Kita dianjurkan untuk senantiasa melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam. Sungguh beruntung orang-orang yang rajin bershalawat karena mereka itu akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga setelah membaca artikel berikut ini, kita semakin rajin bershalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam sehingga pahala kita semakin bertambah, dosa-dosa kita dihapuskan, dan Allah ridha kepada kita semua.

Dalam beberapa keterangan disebutkan tentang adanya malaikat yang bertugas menyampaikan shalawat dan salam kepada umat Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam, di antaranya hadits dari Abu Hurairah dan Ammar bin Yasir radiyallahu 'anhu yang meriwayatkan dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam yang pernah bersabda:

Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah menciptakan malaikat yang (diberi kemampuan) bisa mendengarkan semua makhluk. Ia berdiri di atas kuburku hingga hari kiamat. Bila seorang dari umatku bershalawat atasku, malaikat itu menyampaikannya kepadaku dan berkata, ‘Hai Muhammad, fulan bin fulan telah bershalawat atasmu.’ Kemudian para Sahabat bertanya, ‘Ya Rasulullah, bagaimana maksud firman Allah: ‘Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Rasulullah?’ Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, ‘Itu termasuk bagian dari pengetahuan yang dirahasiakan. Seandainya hal itu tidak kamu tanyakan, maka aku tidak akan menjelaskannya. Allah telah menugaskan dua malaikat untukku. Tiada seorang Muslim yang mendengar namaku disebut, lalu ia bershalawat kepadaku, melainkan kedua malaikat itu berkata, ‘Allah telah mengampunimu.’ Lalu yang lain menjawab, ‘Aamiin.’ Demikian juga tiada disebut namaku di sisi seorang Muslim tetapi ia tidak bershalawat kepadaku melainkan kedua malaikat itu berkata, ‘Allah tidak mengampunimu. Dan malaikat yang lain menjawab, ‘Aamiin.’”


Dalam riwayat yang lain diceritakan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam pernah bersabda:

Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala itu telah menciptakan malaikat yang telah memegang kalam dari emas, dan kertas dari perak. Mereka tidak menulis sesuatu, selain ucapan shalawat yang dibacakan untukku dan keluargaku.”

Abdurrahman ibn ‘Auf radiyallahu anhu juga meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Telah datang kepadaku Jibril alaihissalam dan berkata, ‘Wahai Muhammad tiada seorang pun yang membaca shalawat kepadamu melainkan akan bershalawat untuk dia (orang itu) sebanyak tujuh puluh ribu malaikat. Dan siapa yang malaikat bershalawat untuknya, dia termasuk ahli surga.

Riwayat lainnya juga meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Malaikat Jibril berkata, ‘Wahai Rasulullah, barangsiapa yang bershalawat untukmu sepuluh kali dalam sehari, maka akan aku tuntun tangannya saat melewati shirath seperti kilat yang menyambar.’ Malaikat Mikail berkata, ‘Aku yang akan memberinya minum di telagamu.’ Malaikat Israfil berkata, ‘Akulah yang akan bersujud kepada Allah dan tidak akan aku angkat kepalaku sebelum Allah mengampuninya.’ Malaikat Izrail berkata, ‘Dan aku akan mencabut ruhnya seperti mencabut ruh para nabi alaihissalam.’”

Referensi: Saifulloh dan Abu Shofia (2003). Menyingkap Tabir Alam Malaikat. Surabaya: Karya Agung

YouTube Channel Lampu Islam: YouTube.com/c/LampuIslam

Page Facebook Lampu Islam: Facebook.com/LampuIslam   
Google + Lampu Islam: Plus.google.com/+LampuIslam