logo blog

Keutamaan dan Manfaat Bersedekah


Memberikan dukungan terhadap tugas keagamaan banyak sekali ragamnya, dari yang bersifat materi, fisik, pemikiran, atau ide, bahkan niat baik sekalipun. Karena itu, segala potensi itu semestinya digunakan agar menjadi tambahan pundi pahala kita untuk di akhirat kelak.

Seperti yang difirmankan Allah subhanahu wa ta'ala bahwasanya segala amal kebaikan akan dibalas, kendati kecil apapun. Dan perhatian Allah kepada orang-orang yang beramal ini sangat tinggi, bahkan Allah khusus mengirimkan malaikat yang bertugas untuk mendo'akan orang-orang yang berinfak di jalan-Nya. Salah satu bentuk dari amal ibadah yang dapat kita lakukan adalah dengan membiasakan diri untuk senantiasa bersedekah. Hal ini dikarenakan sedekah banyak sekali manfaatnya. Selain melatih kita untuk selalu bersyukur kepada Allah atas harta yang telah diberikan kepada kita, dengan bersedekah maka Allah akan memberikan kita ganti berupa pahala dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Tidak hanya itu, bahkan kita akan didoa’akan oleh para malaikat apabila kita bersedekah di jalan Allah.

Disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa secara rutin di pagi hari Allah mengutus malaikat yang senantiasa mendo'akan orang-orang yang bersedekah di jalan-Nya. Namun yang dimaksud dengan bersedekah bukanlah berarti kita memberikan sesajen seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Karena kegiatan ini banyak terpengaruh dari budaya animisme dan dinamisme serta jauh dari harapan agama. Sebab kalau hal ini yang dilakukan maka ini adalah perbuatan musyrik dimana dosanya sangat besar di mata Allah.

Sedangkan yang dimaksud dengan bersedekah disini adalah memberikan bantuan bagi segala bentuk kegiatan sosial atau keagamaan. Hal ini dapat berhubungan dengan memberikan makan anak yatim, para pelajar yang hendak berangkat sekolah atau menuntut ilmu, atau diinfakkan kepada pembangunan tempat ibadah atau aktivitas sosial. Bila ini dilakukan, maka akan sangat relevan sekali dengan pesan di atas.


Dalam kitab Muslim berdasarkan riwayat dari Sahabat Abu Hurairah radiyallahu anhu diceritakan bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda sebagai berikut: "Tiada dari suatu hari yang (setiap) hamba berpagi-pagi (bersegera) di dalamnya, kecuali ada dua malaikat yang turun (ke dunia)."

Bila melihat ada seorang hamba yang sangat cekatan dan bersegera untuk melakukan ibadah dengan menafkahkan sebagian kekayaan yang dimilikinya untuk aktivitas ibadah, maka salah satu dari dua malaikat ini akan berdo'a:

"Ya Allah, berilah ganti (balasan berlipat ganda) terhadap orang yang sering membelanjakan hartanya di jalan-Mu."

Namun kepada orang-orang yang sangat kikir serta tidak berkenan untuk memberikan sebagian dari rezekinya, maka malaikat yang lain dengan spontan akan menyampaikan do'a sebagaimana berikut ini:

"Ya Allah, berilah kerusakan (kehancuran) pada orang yang sering menahan hartanya di jalan-Mu."

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai sedekah. Semoga setelah membaca artikel ini, kita senantiasa meluangkan sebagian dari rezeki kita di jalan Allah karena ada begitu banyak manfaat di dalamnya.

Referensi: Saifulloh dan Abu Shofia (2003). Menyingkap Tabir Alam Malaikat. Surabaya: Karya Agung

YouTube Channel Lampu Islam: YouTube.com/c/LampuIslam

Page Facebook Lampu Islam: Facebook.com/LampuIslam   
Google + Lampu Islam: Plus.google.com/+LampuIslam