logo blog

Masuknya Seorang Wanita Ahli Ibadah ke Dalam Neraka

Wanita ini sering beribadah, akan tetapi dia jahat kepada tetangganya sehingga dia akan diazab di Neraka

Seorang pria yang menceritakan dari seorang pria menceritakan seorang wanita dihadapan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Pria ini menceritakan betapa baik ibadah wanita tersebut. Diceritakan bahwa wanita ini sering berpuasa, bersedekah. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadanya "wanita yang engkau ceritakan ini akan dibakar dalam neraka"

Pria ini bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam "ya Rasulullah, baru saja kami ceritakan bahwasanya wanita ini sering beribadah, berpuasa, bersedekah, kami baru saja menceritakan banyak kebaikan yang dilakukan oleh wanita ini" Kemudian Rasulullah membalas "Ya, tapi dia akan diazab di Neraka karena dia jahat pada tetangganya."

Bayangkan shalat, puasa, sedekah, semua amal baik ini tidak ada apa-apanya ketika berbuat jahat pada tetangga, dan hal ini sama jahatnya dengan dosa besar lainnya.

Dan kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bercerita tentang wanita lain yang shalatnya biasa, puasanya biasa, wanita ini tidak begitu banyak shalat sunnah, dia berpuasa ramadhan saja, sedekahnya biasa, perbuatannya juga biasa. Dia juga melakukan melakukan ibadah yang sifatnya umum layaknya yang biasa seorang muslimah lakukan.

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata "Tapi dia akan masuk surga" "Kenapa ya Rasulullah" Tanya pria tersebut. Rasul menjawab "Karena dia sangat baik dan sangat sopan kepada tetangganya."

MasyaAllah, siapa yang memikirkan hal ini di zaman sekarang? Mungkin bagi beberapa muslim dan muslimah, islam hanya dipandang sebagai shalat, puasa, zakat, baca Qur'an. Tentu saja hal-hal tersebut islam, tapi belum sepenuhnya islam.

Berapa banyak muslim dan muslimah yang memperdulikan moral, sopan santun, etika? Ingat saudara/i seimanku, bahwasanya Allah 'Azza wa Jalla memuju Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam karena akhlaknya yang paling baik.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mempunyai tata krama yang mendekatkan orang-orang kepadanya, mengubah musuh-musuhnya menjadi pengikutnya, mengubah lawannya menjadi pendukungnya, mengubah orang yang membencinya menjadi menyukainya, yang berpaling darinya menjadi mendekat kepadanya, yang merendahkannya menjadi menghormatinya. Itulah akhlak, moral, dan etikanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Itulah hal penting yang harus kita miliki dalam kepribadian kita yaitu mempunyai tata krama terbaik. Kita juga berkewajiban memiliki akhlak, etika, tanggung jawab untuk mempunyai kedisiplinan yang baik.