logo blog

Ayam, Hewan yang Bisa Melihat Malaikat


 إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ، فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا 

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Sebuah studi dilakukan pada tahun 2010 oleh Jurnal Public Library of Science ONE. Dalam studi tersebut diketahui bahwa jika dibandingkan dengan manusia, ayam mempunyai kerucut retina tambahan. Kerucut retina tambahan tersebut yang membuat ayam dapat membedakan warna tambahan dan sebuah fenomena.

Seorang ilmuan dari Washington University di St Louis yang bernama Joseph Corbo mengatakan bahwa kemampuan untuk melihat warna tersebut berasal dari sel cahaya khusus yang ditemukan di retina mata ayam. Sel khusus ini disinyalir dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.