logo blog

Kucing, Hewan yang Bersih dan Tidak Najis


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki seekor kucing yang bernama Mueeza. Ini berarti, kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Orang yang menyakiti hewan ini, akan mendapat hukuman yang serius. Terdapat sebuah hadist dari Ibnu Umar ra bahwa rasulullah saw bersabda:

“Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari)

Rasulullah juga pernah bersabda dalam sebuah hadist bahwasanya kucing itu hewan yang tidak najis. Berikut hadistnya:

Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ 
“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. Abu Daud no. 75, Tirmidzi no. 92, An Nasai no. 68, dan Ibnu Majah no. 367. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Kucing adalah hewan yang bersih. Terdapat beberapa fakta ilmiah yang mendukung, diantaranya:

1. Otot di kulit kucing berfungsi sebagai penolak telur bakteri
Terdapat otot di kulit kucing. Otot ini berfungsi sebagai penolak telur bakteri. Uniknya, sentuhan otot manusia bisa disesuaikan oleh otot kucing ini.

2. Lidah kucing sebagai alat pembersih
Permukaan lidah kucing ditutupi oleh benjolan-benjolan kecil yang berujung lancip. Karena bentuknya, benjolan-benjolan ini berfungsi sebagai pembersih kulit.

3. Air liur kucing bersih dan membersihkan
Berbeda dengan air liur komodo yang kebanyakan mengandung bakteri patogenik, air liur kucing bersih dan membersihkan.

4. Badan kucing bersih
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kucing memiliki badan yang bersih secara keseluruhan. Bahkan, kucing lebih bersih ketimbang manusia.

-Fakta tambahan tentang kucing-

5. Tekanan darah tinggi turun
Ketika mengelus kucing, hormon adrenalin dan kortisol menjadi lebih lambat, degup jantung menjadi lebih tenang, sehingga stres menjadi lepas. Nah, kondisi-kondisi seperti itu yang bisa membuat tekanan darah turun.

6. Terhindar dari penyakit berbahaya stroke dan jantung
Dari jurnal ilmiah, ketika merawat kucing dan sering mengelusnya bisa terhindar dari kemungkinan terkena penyakit yang berbahaya. Contoh penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

7. Dan manfaat lainnya