logo blog

Pedang Allah yang Terhunus


Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Itulah julukan bagi Khalid bin Walid R.A. Beliau adalah panglima perang terbaik umat Islam.

Ketika Khalid masuk islam, dalam peperangan yang dilaluinya, Khalid belum pernah kalah sekalipun. Ada 100 pertempuran yang telah dilaluinya, seperti perang melawan Kekaisaran Byzantium, Kekaisaran Sassanid, dan para sekutu mereka.

Pencapaian strategisnya ialah menaklukan Arab, Persia Mesopotamia dan Suriah Romawi yang hanya membutuhkan waktu 4 tahun (632-636).

Lalu muncul sebuah pertanyaan, mengapa Khalid bin Walid dijuluki Saifullah Al-Maslul atau pedang Allah yang terhunus?

Jawaban:
Riwayat menyebutkan, menjelang kewafatannya, orang banyak yang mengunjunginya. Khalid menunjukkan tangan kanannya, tangan kirinya, dada, dan kakinya. Kemudian khalid berkata "Lihat, apakah kau mengerti? Ratusan peperangan telah kujalani, namun diriku sekarat di tempat tidurku?"

Kemudian salah satu orang berkata kepada Khalid dengan pertanyaan "Kau (Khalid) telah diberi julukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai "pedang Allah", maka mustahil jika engkau wafat ketika pertempuran berlangsung, karena apabila engkau wafat ketika berlangsungnya pertempuran, berarti pedang Allah berhasil dipatahkan, sedang pedang Allah tidak mungkin bisa dipatahkan.