logo blog

Orang yang Disobek Wajahnya Ketika Hari Kiamat


Diriwayatkan dari Sahl bin Handzalah RA, beliau berkata:

Rasulullah bersabda yang artinya: "Siapa yang mengemis padahal dia memiliki sesuatu yang cukup baginya, sesungguhnya dia hanya memperbanyak neraka jahannam". Para sahabat bertanya:" Kecukupan yang bagaimanakah yang tidak membolehkan untuk mengemis ?" Rasulullah menjawab:"Yaitu yang cukup untuk makan siang dan malamnya. (HR. Abu Dawud)

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud RA, beliau berkata : "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang meminta-minta padahal ia memiliki apa yang mencukupinya, niscaya ia datang pada hari kiamat dalam wajahnya robek". (HR.Ahmad)

Jadi wajah yang disobek pada hari kiamat adalah wajah orang yang meminta-minta padahal ia memiliki apa yang mencukupinya. Perhatikan sabda Rasulullah berikut:

عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ 

Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.”