logo blog

Pesan Nabi SAW Ketika Datang Waktu Maghrib


"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian!" (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012)

Dari Jabir radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
"Jangan lepas hewan ternak kalian dan anak-anak kalian apabila matahari terbenam hingga berlalunya awal waktu Isya. Karena setan bertebaran jika matahari terbenam hingga berlalunya awal waktu Isya." (HR. Muslim, no. 2113)

Dari Jabir radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Jangan kalian membiarkan anak anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam.” (kitab Sahih Muslim)

Sebuah buku ilmiah keagamaan berjudul The Science Of Shalat karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS menjelaskan bahwa ketika menjelang maghrib, alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah. Dalam bukunya dijelaskan bahwa ketika waktu maghrib tiba, spectrum warna alam berubah menjadi merah yang selaras dengan frekuensi jin. Pada waktu ini, tenaga jin bertambah karena memiliki resonansi bersamaan dengan warna alam.