logo blog

Tahukah Anda? Jika Sedekah Juga Memiliki Pengaruh Bagi Kesehatan Tubuh


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api.” (HR Ahmad dan Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih Al-Jami’)

Rasulullah juga bersabda:
“Obatilah sakitmu dengan sedekah, bentengilah harta bendamu dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan doa.” (HR. Baihaqi)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi)

Dilansir Huffingtonpost, para peneliti di Departement of Psychologgy University of British Columbia berhasil menghubungkan antara penggunaan uang untuk orang lain dengan penurunan tekanan darah.

Studi tersebut terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama terdiri dari 128 peserta berusia lebih dari 40 tahun yang didiagnosis mempunyai tekanan darah tinggi. Mereka diberi sejumlah uang untuk dihabiskan selama. Kemudian, mereka diberi pilihan, apakah uang itu dihabiskan untuk dirinya sendiri atau dihabiskan untuk orang lain.

Diantara mereka ada yang memilih untuk menghabiskan uang tersebut untuk orang lain. Ketika dilakukan pemeriksaan medis, terjadi penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada mereka yang menghabiskan uangnya untuk orang lain dan mereka yang menghabiskan uang untuk dirinya sendiri, tidak terjadi perubahan pada kesehatan mereka.

Pada bagian kedua penelitian, peneliti menganalisa data 186 orang lanjut usia yang memiliki tekanan darah tinggi. Setelah analisa data dilakukan ditemukan bahwa semakin banyak uang dihabiskan untuk kebahagiaan orang lain, maka semakin rendah tekanan darah dalam dua tahun ke depan.